5 Tips Pakai Make Up untuk yang Punya Kulit Wajah Kering

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 3 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Untuk orang yang tipe kulitnya kering, kadang salah jenis atau salah cara pakai makeup bisa bikin hasil riasan tidak bertahan lama. Selain itu, masalah sering yang timbul ketika pakai make up adalah cracking. Riasan akan tampak retak-retak karena kulit yang kering, kasar, dan mengelupas. Yuk, ikuti tips pakai make up yang benar ini untuk kulit kering agar awet sepanjang hari!

Tips paki make up untuk yang punya kulit wajah kering

1. Wajib pakai pelembap dulu

Pelembap adalah salah satu skin care yang wajib digunakan sebelum pakai makeup. Kulit wajah wajah yang kering tidak dapat menghasilkan cukup minyak alami untuk melembutkan kulit. Jadi, pelembap sangat dibutuhkan untuk membantu melembapkan kulit.

Menurut Elizabeth Tanzi, MD, seorang dokter kulit kosmetik di Washington, D.C, terutama penting bagi pemilik kulit kering untuk selalu pakai pelembap sebelum mulai merias wajah. Foundation yang cair sekalipun tidak bisa menggantikan fungsi pelembap wajah untuk menghidrasi kulit. 

Pilihlah pelembap untuk kulit kering yang teksturnya krim agak kental. Selain pelembap, Anda juga bisa menggunakan serum yang mengandung asam hialuronat untuk menambah kelembapan kulit. Serum dengan kandungan tersebut juga menjaga kulit tidak mengelupas. 

Kulit yang lembap akan membuat riasan lebih awet dan bertahan lama di wajah.

2. Pilih makeup berbahan dasar krim atau liquid

Untuk orang yang kulitnya kering wajib memilih jenis make up bertekstur cair (liquid) atau krim (cream). Entah itu foundation (alas bedak), blush (perona bibir), bronzer, hingga eye shadow (pewarna mata)

Cari jugalah produk yang khusus dibuat untuk tipe kulit kering. Biasanya produk make up untuk kulit wajah kering akan dilabeli “for dry skin”.

Apabila ingin pakai alas bedak selain foundation, Anda bisa pakai BB cream (blemish blam atau beauty balm). BB cream tidak hanya sekedar meratakan warna kulit, tetapi juga mengandung pelembap yang baik untuk kulit kering, seperti asam hialuronat dan vitamin B.

3. Pakai busa untuk memulas foundation 

Kebanyakan wanita menggunakan jari untuk memulas foundation di wajahnya. Sayangnya cara pakai make up ini kurang tepat untuk orang yang tipe kulit wajahnya kering. Memulas alas bedak dengan jari justru rentan membuat cracking.

Untuk menghindari hal ini, gunakan busa (sponge) untuk membaur dan memulas segala macam liquid makeup. Basahi dulu sponge dengan air agar mengembang, kemudian peras kelebihan airnya.

Penata rias dari Inggris, Wayne Goss, menyarankan Anda untuk menotol-notolkan dulu foundation cair di beberapa titik wajah dan leher. Setelah itu, gunakan sponge makeup yang lembap untuk meratakannya di seluruh wajah.

Gunakan busa dengan gerakan memantul, jangan digosok atau ditekan, agar produk make up bisa terserap dengan baik di kulit yang kering.

4. Tidak harus pakai bedak 

Penata rias asal Boston, Dana Chasen Thomases, dikutip dari WebMD, berpendapat orang yang tipe kulit wajahnya kering tidak wajib untuk pakai bedak setelah selesai memulas make up. Pemakaian bedak di kulit kering umumnya bisa berisiko cracking sehingga makeup tidak akan tahan lama.

Namun jika tipe kulit Anda cenderung mengkilap di zona T (dahi, hidung, dan dagu), Anda dapat memoles sedikit bedak di area tersebut. Apabila wajah tidak berminyak sama sekali, sebaiknya tidak usah pakai bedak. 

5. Rutin eksfoliasi wajah

Kadang kulit yang kering akan mulai terkelupas beberapa jam sesudah pakai makeup. Hal ini mungkin disebabkan karena adanya penumpukan kulit mati.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan eksfoliasi wajah pakai scrub lembut. 

Menurut dr. Tanzi, orang dengan tipe kulit kering wajib melakukan eksfoliasi untuk menghilangkan lapisan kulit mati. Setelah eksfoliasi, Anda juga disarankan untuk melembapkan kulit dengan pelembap yang teksturnya cair. 

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ngantuk atau lemas habis makan adalah hal yang biasa. Lalu, bagaimana kalau Anda justru sakit kepala setelah makan? Cari tahu penyebabnya di sini, yuk.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Produk skincare antiaging fungsinya adalah mencegah penuaan dini. Namun, kalau baru pakai antiaging di usia 50 tahun ke atas, apa hasilnya akan sama?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit



Direkomendasikan untuk Anda

kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit