home

Artikel Bersponsor

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Kandungan Skincare yang Ampuh Atasi Bekas Jerawat

Kandungan Skincare yang Ampuh Atasi Bekas Jerawat

Untuk mengatasi bekas jerawat, tentu Anda membutuhkan kandungan skincare yang ampuh. Bekas jerawat yang membandel membutuhkan perawatan khusus agar kulit kembali pulih. Ketika kondisi kulit telah pulih, otomatis Anda kembali percaya diri.

Hasil penyembuhan optimal ditentukan dari kandungan skincare yang Anda pakai. Maka dari itu, ketahui rekomendasi komponen skincare yang wajib ada untuk menyembuhkan bekas jerawat.

Mengenali timbulnya bekas jerawat yang membandel

Obat jerawat isotretinoin

Tak semua orang menginginkan adanya bekas jerawat. Namun sayangnya, ketika jerawat sembuh, masalah lain yang timbul adalah noda yang membekas. Kemunculan noda tersebut perlu segera dihilangkan. Anda memerlukan skincare yang ampuh untuk mengatasi noda bekas jerawat.

Jika dibiarkan, noda bisa meradang dan menimbulkan masalah. Peradangan pada bekas jerawat disebabkan ketika pori-pori tersumbat dengan minyak wajah yang berlebih, sel kulit mati, serta bakteri.

Ini memicu pembengkakan pada pori-pori dan merobek dinding folikel. Bila robekan ini terjadi dekat permukaan kulit, lesi dapat sembuh dengan cepat.

Namun, masalah yang lebih serius muncul ketika lesi muncul pada celah dinding folikel. Agen bakteri yang masuk, tentu bisa merusak dermis dan menghancurkan kulit yang sehat.

Untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak, tubuh akan memproses penyembuhan sendiri. Kolagen adalah serat protein yang akan banyak diproduksi untuk memberikan kekuatan dan fleksibilitas kulit.

Walaupun kulit memiliki daya pemulihan sendiri, hasil penyembuhan bekas jerawat tak terlihat sempurna seperti sedia kala. Oleh karenanya, Anda membutuhkan skincare khusus yang membantu mengatasi bekas jerawat.

Kandungan produk skincare yang terpenting untuk atasi bekas jerawat

Ketika masalah jerawat sudah tuntas, Anda masih perlu mengatasi bekas yang tertinggal. Terutama ketika jerawat terjadi peradangan, bisa saja pada fase akhir penyembuhan, timbul hiperpigmentasi pasca inflamasi. Selain mengonsumsi nutrisi tertentu untuk membantu penyembuhan jaringan kulit, Anda perlu menerapkan skincare yang diformulasi khusus mengatasi bekas jerawat.

Pilih skincare yang mampu melawan bekas jerawat membandel. Sebelum membelinya, pastikan pada skincare terdapat beberapa kandungan berikut ini.

1. Niacinamide

cara cepat menghilangkan bekas jerawat

Pilih skincare dengan kandungan niacinamide untuk mengatasi bekas jerawat. Niacinamide mengandung vitamin B3 yang bermanfaat untuk menutrisi kulit secara general. Obat penghilang bekas jerawat topikal yang mengandung niacinamide membantu memperbaiki kondisi jaringan kulit.

Selain itu, niacinamide mampu memicu pertumbuhan lipid dan memelihara kelembaban kulit. Lebih lanjut lagi, bekas jerawat yang berujung pada dark spot akibat hiperpigmentasi pasca inflamasi dapat teratasi dengan niacinamide.

Tak hanya merawat bekas jerawat hingga pulih, niacinamide menjadi komponen aktif untuk mengatasi masalah jerawat.

2. Mucopolysaccharide polysulphate (MPS)

salep jerawat

Kandungan mucopolysaccharide polysulphate (MPS) dalam skincare juga ampuh untuk mengatasi bekas jerawat. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kandungan MPS efektif mengurangi bekas luka dalam waktu 4 minggu. Bekas luka akan memulih pada minggu kedua pemakaian.

Pada penelitian disebutkan, MPS dapat menjaga kulit tetap terhidrasi selama 10 jam pertama setelah pemakaian.

Kandungan MPS juga dipercaya sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi peradangan pada kulit. Skincare dengan MPS di dalamnya dapat membantu mengentaskan masalah bekas jerawat.

3. Pionin

keseringan suntik jerawat

Di samping niacinamide dan MPS, kandungan pionin dalam skincare juga berkhasiat untuk mengatasi bekas jerawat. Pionin memiliki senyawa antimikroba yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Tak hanya melawan aktivitas perkembangan bakteri, pionin bertanggung jawab untuk melawan patogen penyebab jerawat. Sehingga mengenakan skincare yang mengandung pionin dapat mendukung kesehatan kulit wajah.

4. Allium cepa

menghilangkan bopeng bekas jerawat

Allium cepa yang terdapat di dalam skincare, secara optimal membantu untuk mengatasi bekas jerawat. Allium cepa bersifat antibakteri yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Allium cepa mengandung bioflavonoid yang dapat memperbaiki tekstur kulit akibat bekas luka jerawat. Allium cepa dapat memperbaiki tekstur kulit bekas jerawat berupa keloid maupun skar hipertrofik.

Dengan demikian, Anda jadi tahu kandungan tepat untuk mengatasi masalah bekas jerawat. Setelah sembuh, jangan lupa selalu menjaga kebersihan wajah untuk mencegah bekas jerawat. Lakukan cara di atas untuk mendukung tampilan maksimal Anda seperti sedia kala.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Causes of Acne Scars and How to Prevent Them. https://www.verywellhealth.com/what-causes-acne-scars-15517. Diakses 29 November 2019.

Everything You Should Know About Niacinamide. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/niacinamide#niacinamide-vs.-niacin. Diakses 29 November 2019.

Mucopolysaccharide polysulphate cream in the prevention of pressure sores–a double blind study. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/2967665. Diakses 29 November 2019.

Wanitphakdeedecha, R., Eimpunth, S., & Manuskiatti, W. (2011). The Effects of Mucopolysaccharide Polysulphate on Hydration and Elasticity of Human Skin. Dermatology Research And Practice, 2011, 1-5. doi: 10.1155/2011/807906. Diakses 29 November 2019.

Pionin. https://cosmetics.specialchem.com/product/i-nagase-pionin. Diakses 29 November 2019.

Ramos, F., Takaishi, Y., Shirotori, M., Kawaguchi, Y., Tsuchiya, K., & Shibata, H. et al. (2006). Antibacterial and Antioxidant Activities of Quercetin Oxidation Products from Yellow Onion (Allium cepa) Skin. Journal Of Agricultural And Food Chemistry, 54(10), 3551-3557. doi: 10.1021/jf060251c. Diakses 29 November 2019.

Draelos, Zoe & Baumann, Leslie & Fleischer, Alan & Plaum, Stefan & Avakian, Edward & Hardas, Bhushan. (2012). A new proprietary onion extract gel improves the appearance of new scars: A randomized, controlled, blinded-investigator study. The Journal of clinical and aesthetic dermatology. 5. 18-24. Diakses 29 November 2019.

 


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Maria Amanda Diperbarui 03/02/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto