home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berbagai Manfaat Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah

Berbagai Manfaat Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah

Tomat adalah bahan pokok yang umum ditemukan di setiap dapur rumah tangga. Tentunya Anda sudah tahu bahwa tomat memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Namun, ternyata tomat juga dapat memberikan manfaat untuk kecantikan kulit dan wajah. Apa saja manfaatnya?

Sekilas tentang kandungan tomat dan manfaat kesehatannya

Tomat layaknya peti harta karun, jika kita membicarakan tentang segudang manfaat antioksidan. Selain kaya akan vitamin C dan E, mineral mangan, dan beta-karoten, tomat juga tinggi akan kandungan fitonutrien karotenoid, seperti lutein, zeaxanthin, dan lycopene.

Baru-baru ini, peneliti telah menemukan hubungan penting antara lycopene dengan kesehatan tulang. Lycopene berperan mencegah dan pengelolaan pengeroposan tulang dan osteoporosis akibat stres oksidatif.

Agen antioksidan ini akan menghambat produksi ROS (reactive oxygen species), seperti radikal bebas, dan pembentukan serta aktivitas osteoklas — sel yang bertanggung jawab dalam pengeroposan tulang.

Konsumsi tomat telah lama dikaitkan dengan kesehatan jantung dan pengendalian tingkat kolesterol darah, kolesterol jahat (LDL), dan trigliserida.

Lebih lanjut, ekstrak tomat telah terbukti membantu mencegah penggumpalan sel platelet darah — faktor yang sangat penting dalam menurunkan risiko penyakit jantung, seperti atherosclerosis.

Manfaat kesehatan jantung dari tomat ini terkait dengan interaksi antar fitonutrien penting dalam kandungan tomat: esculeoside A, chalconaringerin, dan molekul asam lemak 9-oxo-octadecadienoic acid.

Manfaat tomat untuk kulit wajah

Berikut adalah sejumlah manfaat tomat untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

1. Bantu mencegah kanker kulit

Seperti yang telah disebutkan, tomat kaya akan kandungan antioksidan, salah satunya adalah likopen. Likopen merupakan salah satu jenis antioksidan yang memberikan pigmen warna pada tomat.

Nah, berbagai penelitian menemukan bahwa likopen memiliki efek antikanker yang kuat. Agen antioksidan ini dapat membantu memerangi kerusakan sel kulit dari dalam dan melindungi dari risiko kanker kulit.

Kita dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 16 miligram likopen setiap hari agar tubuh bisa memerangi radikal bebas. Salah satu solusinya tentu saja dengan mengonsumsi tomat.

2. Membantu melembapkan kulit

Manfaat selanjutnya, tomat dapat digunakan untuk bantu melembapkan kulit wajah, lho. Manfaat ini bisa Anda dapatkan sebab tomat memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi.

Menurut sebuah studi yang terbit tahun 2012 dalam Journal of Dermatological Science, penurunan kadar kalium dapat menyebabkan kulit kering pada orang-orang yang memiliki eksim.

Nah, sebagai sumber kalium, Anda bisa mencoba mengoleskan tomat atau produk yang mengandung bahan ini dalam rutinitas perawatan Anda.

3. Bantu melindungi kulit dari sengatan matahari

Tak hanya bantu mencegah kanker kulit, likopen pada tomat juga dapat melindungi kulit darisengatan sinar matahari. Khasiat ini bahkan sudah dibuktikan dalam jurnal Photochemical and Photobiological Sciences di tahun 2006.

Menurut penelitian tersebut, mengonsumsi makanan yang kaya akan likopen dapat membantu memberikan perlindungan seumur hidup terhadap radiasi ultraviolet yang berbahaya.

Meski demikian, tomat bukanlah pengganti tabir surya. Oleh karena itu, Anda tetap harus menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih untuk mendapatkan perlindungan ekstra.

4. Bantu pengelupasan kulit mati

Ternyata, tomat juga bisa memberikan manfaat sebagai eksfoliator untuk kulit wajah. Hal ini pernah ditunjukkan dalam sebuah studi tahun 2011 yang meneliti tentang exfoliant herbal. Manfaat ini dapat terjadi berkat kandungan pektin dan flavonoid dalam tomat.

Pengelupasan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Pada dasarnya, kulit secara alami akan melepaskan sel-sel kulit mati untuk memberi ruang bagi sel-sel kulit yang baru.

Bila sel kulit mati terus menumpuk, maka hal ini bisa membuat kulit wajah terasa kering, bersisik, serta menyumbat pori-pori. Ujungnya, kulit bisa saja ditumbuhi jerawat. Oleh karena itu, kulit membutuhkan exfoliator untuk mencegahnya terjadi.

5. Membantu mendorong produksi kolagen

Kolagen merupakan protein yang berfungsi sebagai salah satu pembentuk tulang, kulit, rambut, otot, dan ligamen. Pada kulit, kolagen membantu kulit agar tetap terlihat kencang sehingga membuat tampilan wajah menjadi lebih awet muda.

Sayangnya, produksi kolagen dalam tubuh akan menurun seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, Anda membutuhkan asupannya dari sumber luar seperti makanan.

Mengonsumsi tomat bisa menjadi salah satu solusinya. Tomat mengandung vitamin C yang dapat membantu merangsang produksi kolagen sekaligus meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to Safely Exfoliate at Home. (n.d.). Retrieved 10 June 2021, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/safely-exfoliate-at-home

Collagen for Your Skin: Healthy or Hype? (2020). Cedars Sinai. Retrieved 10 June 2021, from https://www.cedars-sinai.org/blog/collagen-supplements.html

Stahl, W., Heinrich, U., Aust, O., Tronnier, H., & Sies, H. (2006). Lycopene-rich products and dietary photoprotection. Photochemical & photobiological sciences : Official journal of the European Photochemistry Association and the European Society for Photobiology, 5(2), 238–242. https://doi.org/10.1039/b505312a. Retrieved 10 June 2021.

Sugawara, T., Kikuchi, K., Tagami, H., Aiba, S., & Sakai, S. (2012). Decreased lactate and potassium levels in natural moisturizing factor from the stratum corneum of mild atopic dermatitis patients are involved with the reduced hydration state. Journal of dermatological science, 66(2), 154–159. https://doi.org/10.1016/j.jdermsci.2012.02.011. Retrieved 10 June 2021.

Packianathan, N., & Kandasamy. (2010). Skin Care with Herbal Exfoliants. Retrieved 10 June 2021.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ajeng Quamila Diperbarui 27/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x