home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa, Ya, Hidung Saya Berkeringat Terus?

Kenapa, Ya, Hidung Saya Berkeringat Terus?

Mungkin Anda pernah melihat, atau bahkan mengalami sendiri hidung Anda berkeringat. Jika diamati lebih seksama, tidak semua orang mengalami hidung berkeringat seperti ini meskipun tubuh sedang “banjir” keringat. Lantas, kenapa hidung beberapa orang gampang sekali berkeringat?

Ternyata, ini penyebab hidung berkeringat

tulang hidung bengkok

Keringat sebenarnya merupakan proses alamiah tubuh karena beberapa hal, seperti cuaca panas, olahraga, penyakit, stres, situasi yang membuat gugup, dan lain sebagainya. Sebenarnya, hidung berkeringat bukanlah suatu hal yang harus dikhawatirkan, karena toh keringat bisa keluar di bagian tubuh mana saja.

Jumlah dan letak keringat yang diproduksi pada tubuh setiap orang tidak selalu sama. Ambil contoh, ada orang yang bisa mengeluarkan keringat dalam jumlah normal, atau bahkan tidak berkeringat sama sekali.

Ada pula orang dengan keringat yang bercucuran lebih banyak daripada orang lain, meskipun sedang berada dalam situasi dan cuaca yang sama. Ya, terkadang jumlah keringat yang dihasilkan tubuh beberapa orang mungkin tampak tidak biasa, bahkan melebihi jumlah keringat normal pada umumnya.

Hal ini biasanya terjadi meski Anda tidak sedang berada di cuaca panas, atau usai melakukan aktivitas fisik berat. Dalam dunia medis, kondisi seperti ini disebut sebagai hiperhidrosis, yang membuat keringat mengucur deras pada tubuh tanpa alasan yang jelas.

Hiperhidrosis bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, termasuk hidung. Jika ini yang Anda alami, beberapa hal berikut ini bisa jadi penyebab hidung berkeringat:

1. Hiperhidrosis primer

Sebagian besar kasus hiperhidrosis tidak diketahui dengan jelas penyebabnya, dikenal sebagai hiperdrosis primer. Hiperhidrosis primer biasanya mulai terjadi di usia anak-anak, dengan letak produksi keringat berlebih di bagian wajah, kepala, ketiak, tangan, dan kaki.

2. Hiperhidrosis sekunder

Berbeda dengan hiperhidrosis primer, hiperhidrosis sekunder adalah keringat berlebih pada seluruh tubuh yang disebabkan oleh efek samping obat dan kondisi medis tertentu.

Misalnya penyakit jantung, paru-paru, kanker, obesitas, kerusakan kelenjar adrenal, kelebihan hormon tiroid (hipertiroidisme), menopause, diabetes, hingga terlalu banyak konsumsi obat antidepresan. Hiperhidrosis jenis ini lebih sering dialami oleh orang dewasa.

Jadi, apakah hidung berkeringat ini normal?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keringat berukuran kecil yang biasanya muncul di hidung merupakan hal yang wajar. Hanya saja, jika ternyata Anda mudah sekali berkeringat, bahkan keringat pada tubuh selalu muncul dalam jumlah yang berlebih, mungkin ini tanda Anda mengalami hiperhidrosis.

Segera konsultasikan lebih lanjut dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan penanganan dari kondisi yang Anda alami.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hyperhidrosis Disorder (Excessive Sweating). https://www.healthline.com/health/hyperhidrosis Diakses pada 10 Januari 2019.

How to Curb Excessive Head and Face Sweet. https://www.healthline.com/health/how-to-stop-sweating-face#Why-does-it-affect-the-face?- Diakses pada 10 Januari 2019.

What Is Hyperhidrosis? https://www.medicalnewstoday.com/articles/182130.php Diakses pada 10 Januari 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri pada 23/01/2019
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x