home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenal Anhidrosis, Kondisi Saat Tubuh Susah Berkeringat

Mengenal Anhidrosis, Kondisi Saat Tubuh Susah Berkeringat

Ada segelintir orang yang tubuhnya bisa tetap tidak berkeringat bahkan setelah berjam-jam olahraga atau sedang berjemur di bawah terik matahari. Mungkinkah hal ini adalah pertanda anhidrosis?

Apa itu anhidrosis?

mengatasi kepanasan saat puasa

Anhidrosis adalah kondisi saat tubuh Anda susah berkeringat setelah dipicu oleh peningkatan aktivitas atau perubahan suhu.

Keringat berfungsi mendinginkan diri untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil dan mengeluarkan racun sisa metabolisme. Nantinya, keringat yang keluar melalui pori-pori kulit ini akan terpapar oleh udara dan menguap, membuat suhu tubuh mulai menurun.

Kondisi anhidrosis dialami oleh seluruh anggota tubuh atau hanya pada bagian tubuh tertentu yang normalnya sering berkeringat seperti ketiak, telapak tangan, kaki, wajah dan selangkangan.

Struktur kulit manusia dilengkapi oleh sekitar dua sampai lima juta kelenjar keringat yang tertanam dalam kulit dan menyebar di sekujur tubuh. Anhidrosis terjadi ketika kelenjar keringat ini tidak bekerja dengan baik sehingga Anda tidak bisa berkeringat.

Kondisi susah berkeringat ini lama-kelamaan bisa meningkatkan suhu inti tubuh dan menyebabkan sejumlah masalah yang dapat berujung pada kegagalan fungsi organ vital yang fatal. Beberapa akibatnya meliputi sebagai berikut.

  • Kram, kejang otot yang menyakitkan, dapat berlangsung lama di kaki, lengan, area perut, dan punggung.
  • Heat exhaustion, kelelahan hebat yang timbul akibat panas, tandanya berupa lemas, mual, detak jantung yang terpacu dengan cepat.
  • Heat stroke, kondisi di mana tubuh kepanasan hebat, Anda akan merasa linglung sampai hilang kesadaran, bahkan bisa koma dan berujung kematian.

Apa tanda dan gejala susah berkeringat?

Ahidrosis membuat tubuh Anda susah berkeringat untuk mendinginkan diri meski telah dipicu oleh aktivitas fisik dengan intensitas tinggi seperti berolahraga atau peningkatan suhu lingkungan (misalnya sauna atau berada di luar ruangan saat cuaca panas).

Berikut tanda-tanda anhidroses yang perlu Anda perhatikan.

  • Berkeringat hanya sedikit dan di satu bagian tubuh saja, atau bahkan tidak berkeringat sama sekali.
  • Suka merasa pusing dan lelah.
  • Sering mengalami kram otot.
  • Tubuh suka merasa panas karena tidak bisa berkeringat.
  • Detak jantung cepat.
  • Kulit terasa hangat dan terlihat kemerahan.

Apa penyebab kondisi ini?

minum air dingin saat cuaca panas

Beberapa orang terlahir dengan kondisi kelenjar keringat tubuhnya tidak dapat bekerja dengan baik. Umumnya, hal ini adalah bawaan lahir yang bernama Hypohidrotic ectodermal dysplasia. Ini menyebabkan tubuh hanya membentuk sedikit kelenjar keringat.

Pada beberapa kasus, anhidrosis juga bisa diakibatkan oleh suatu kondisi medis atau penyakit yang mendasarinya, seperti diabetes, Parkinson, kerusakan saraf yang terjadi karena diabetes, ketergantungan alkohol, atau sindrom Guillain-Barre.

Luka bakar yang parah dapat merusak kelenjar keringat secara permanen. Selain itu, dehidrasi juga bisa menyebabkan Anda mengalami anhidrosis.

Banyak pula obat yang dapat mengurangi produksi keringat. Contohnya obat penyakit jantung dan obat darah tinggi, kontrol kandung kemih, mual, dan gangguan jiwa tertentu.

Meski begitu, kondisi susah berkeringat akibat minum obat biasanya dapat kembali normal ketika dosis obat dihentikan.

Usia juga dapat menjadi faktor risiko seseorang tidak bisa mengeluarkan keringat. Orang-orang usia 65 tahun ke atas, bayi, dan anak-anak lebih rentan terhadap kondisi kulit yang mengalami stress panas, sehingga dapat menyebabkan anhidrosis.

Bagaimana cara mengatasi anhidrosis?

penyebab resistensi antibiotik

Bila anhidrosis hanya terjadi pada sebagian kecil dari tubuh Anda dan tidak menimbulkan masalah, Anda mungkin tidak akan memerlukan perawatan.

Lain lagi bila kemunculannya disebabkan oleh kondisi medis atau penyakit yang Anda miliki, langkah pengobatan tentu akan difokuskan pada kondisi medis tersebut sehingga dapat mengurangi gejala termasuk anhidrosis.

Saat pemeriksaan, dokter terkadang juga akan menanyakan riwayat obat-obatan yang Anda konsumsi. Bila ternyata memang ada obat tertentu yang menyebabkannya, dokter mungkin akan mengganti obat atau mengubah dosisnya.

Namun jika Anda terlanjur mengalami peningkatan denyut jantung; kehilangan keseimbangan atau pusing; merasa sakit atau mual; kelelahan dan perasaan lemas; serta bulu kuduk merinding terus bahkan di cuaca panas, segera dapatkan bantuan medis darurat.

Gejala susah berkeringat mungkin adalah pertanda heat stroke. Dalam situasi darurat, tim medis akan mengambil tindakan cepat untuk mendinginkan tubuh dan mengatur cairan untuk menstabilkan suhu.

Selalu waspada dan perhatikan setiap gejala atau perubahan pada tubuh Anda. Segera periksa ke dokter untuk memastikan kondisi yang Anda alami.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Anhidrosis. (2019). Mayo Clinic. Retrieved 4 November 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/anhidrosis/diagnosis-treatment/drc-20369404

Anhidrosis (Inability to Sweat). (n.d.). International Hyperhidrosis Society. Retrieved 4 November 2020, from https://www.sweathelp.org/where-do-you-sweat/other-sweating/anhidrosis-no-sweating.html

Anhidrosis (Lack of Sweat). (2016). Cleveland Clinic. Retrieved 4 November 2020, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15891-anhidrosis-lack-of-sweat/management-and-treatment

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 28/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x