home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Tips Seks Sehat Bagi Penderita Gangguan Asam Lambung

Tips Seks Sehat Bagi Penderita Gangguan Asam Lambung

Apakah Anda pernah mengalami perut perih akibat asam lambung naik? Hati-hati, sebab kondisi tersebut dapat mengganggu kehidupan seks Anda. Ya, mengalami asam lambung yang naik pasti membuat Anda tidak nyaman. Lalu bagaimana jika hal ini terjadi saat berhubungan seks? Apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?

Kenapa asam lambung bisa naik ketika berhubungan seks?

Asam lambung naik atau gastroesophagal reflux (GERD) merupakan kondisi di mana cairan lambung Anda melonjak naik hingga mencapai tenggorokan. Tidak jarang kondisi ini menimbulkan berbagai gejala dan gangguan kesehatan seperti sensasi panas pada ulu hati (heartburn), mual, muntah, sulit mengunyah, hingga mengalami masalah pernapasan.

Lalu apa yang terjadi jika ketika berhubungan seks kondisi ini terjadi pada Anda atau pasangan? Tentunya akan mengganggu momen keintiman Anda dan pasangan dan akhirnya menurunkan performa seksual masing-masing.

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa asam lambung naik bisa saja terjadi ketika Anda melakukan hubungan seksual. Bahkan pada satu studi dilaporkan bahwa kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita. Pada studi lain disebutkan jika asam lambung naik atau GERD dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa sakit ketika berhubungan seks, sehingga susah untuk mencapai orgasme.

Bagaimana cara mencegah dan mengatasi GERD saat berhubungan seks?

Asam lambung naik memang bisa mengganggu kualitas serta performa seks Anda. Tapi, jangan sedih dulu, Anda tetap bisa menikmati keintiman bersama tanpa adanya kondisi tersebut dengan mengetahui apa saja yang memicu kenaikannya. Berikut adalah tips yang harus dilakukan sebelum dan selama melakukan hubungan seksual agar asam lambung tidak mengganggu kehidupan seks Anda.

Sebelum melakukan hubungan seksual

  • Cobalah untuk tidak makan makanan yang memicu timbulnya asam lambung, seperti soda, berbagai makanan yang di goreng, alkohol, minuman berkafein, makanan atau minuman yang berlemak tinggi, serta bermacam-macam makanan yang mengandung asam seperti jeruk.
  • Jangan makan dengan porsi yang banyak, jika Anda tidak mau asam lambung naik saat berhubungan seks. Makanlah dengan porsi yang kecil dan tunggu beberapa jam hingga makanan Anda tercerna dengan baik.
  • Minum obat antasid sebelum makan. Hal ini dapat mencegah naiknya asam lambung.

Saat melakukan hubungan seksual

  • Jujur dan utarakan pada pasangan tentang apa yang Anda rasakan. Apabila Anda merasakan gelaja GERD muncul, maka sebaiknya tunda dulu berhubungan seks dengan pasangan dan atasi gejala tersebut.
  • Hindari posisi bercinta yang mengharuskan Anda berbaring lurus, karena dapat memperburuk gejala asam lambung. Selain itu, variasi posisi juga dapat membuat hubungan seksual menjadi lebih seru.
  • Hindari juga posisi yang membuat perut Anda tertekan, hal ini justru akan memicu asam lambung naik.
  • Lebih baik jika Anda berhubungan seks dengan posisi berdiri atau duduk. Posisi tersebut cukup aman bagi Anda yang memiliki GERD.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Bor, S., Valytova, E., Yapali, S., Yildirim, E. and Vardar, R. (2014). Sexual activity does not predispose to reflux episodes in patients with gastroesophageal reflux disease. United European Gastroenterology Journal, 2(6), pp.482-489.

Healthline. (2016). Sexuality and Acid Reflux . [online] Available at: http://www.healthline.com/health/gerd/sex#5  [Accessed 18 May 2017].

Iovino P et al. (2007) The prevalence of sexual behavior disorders in patients with treated and untreated gastroesophageal reflux disease. Surg Endosc 21: 1104–1110

Medline Plus. (2017). Taking antacids: MedlinePlus Medical Encyclopedia. [online] Medlineplus.gov. Available at: https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000198.htm  [Accessed 18 May 2017].

Drugs.com. (2017). Painful intercourse (dyspareunia) Disease Reference Guide – Drugs.com. [online] Available at: https://www.drugs.com/mcd/painful-intercourse-dyspareunia  [Accessed 18 May 2017].

 


Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 02/07/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus