Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ini Posisi Bercinta yang Tepat Agar Cepat Hamil

Ini Posisi Bercinta yang Tepat Agar Cepat Hamil

berPosisi bercinta saat melakukan hubungan seksual dianggap menjadi salah satu faktor penting apabila ingin cepat hamil. Banyak orang yang percaya apabila melakukan hubungan seks dengan posisi tertentu bisa membuat peluang kehamilan lebih besar. Namun, apakah hal itu benar? Jika iya, posisi bercinta mana yang paling baik agar cepat hamil?

Posisi bercinta agar cepat hamil yang disarankan

Sebenarnya semua posisi bercinta memiliki peluang untuk menyebabkan hamil. Kehamilan terjadi ketika sel telur wanita berhasil dibuahi oleh sperma yang masuk melalui hubungan seksual. Lalu apakah benar ada posisi bercinta yang paling diunggulkan agar cepat hamil?

Walaupun belum dibuktikan secara ilmiah, para peneliti menyebutkan beberapa jenis posisi bercinta yang mungkin menyebabkan Anda berpotensi lebih besar untuk hamil, yaitu posisi misionaris dan doggy style. Bagaimana posisi tersebut mampu mempercepat kehamilan?

1. Posisi missionaris

Posisi misionaris disebut-sebut sebagai posisi bercinta yang terbaik dalam berhubungan seksual. Meskipun memang belum dibuktikan secara ilmiah bahwa posisi ini paling terbaik, tetapi posisi klasik ini dipercaya mampu memaksimalkan jumlah sperma saat penetrasi terjadi.

Teori lain yang menanggap bahwa misionaris merupakan posisi bercinta paling baik agar cepat hamil, karena posisi ini memungkinkan penis mencapai daerah di depan leher rahim, sehingga penetrasi yang terjadi cukup dalam. Penetrasi yang dalam dipercaya dapat memperbesar peluang hamil sebab sperma yang masuk lebih mendekati bagian tuba fallopi, saluran di mana sel telur berada.

2. Doggy style

Sementara posisi bercinta lain yang dianggap juga ampuh untuk meningkatkan peluang hamil adalah doggy style. Posisi bercinta doggy style ini dilakukan dengan cara wanita merangkak sementara lawan pasangannya berlutut dan melakukan penetrasi dari belakang. Beberapa ahli menyebutkan posisi doggy style membuat penis yang masuk ke dalam vagina selama penetrasi akan mampu mencapai bagian belakang leher rahim.

Lagi-lagi, teori yang mendasari posisi bercinta ini paling baik untuk mempercepat kehamilan adalah karena kemungkinan penetrasi yang terjadi cukup dalam, meskipun belum ada pembuktian secara ilmiah.

Hal-hal yang perlu diperhatikan selain posisi bercinta agar cepat hamil

Faktor penting yang menyebabkan seorang wanita hamil adalah keberhasilan dari pembuahan yang dilakukan sperma terhadap sel telur saat penetrasi.

Semua posisi bercinta, entah itu sambil berdiri, duduk, berbaring, atau posisi lainnya dapat menyebabkan wanita hamil jika memang pembuahan terjadi di dalam tubuh si wanita. Bahkan Anda dan pasangan dianjurkan untuk mencoba posisi bercinta baru agar meningkatkan kualitas hubungan seksual.

Kualitas hubungan seksual yang baik berpengaruh terhadap peluang kehamilan. Semakin baik kualitas hubungan seks yang terjadi, maka ejakulasi yang terjadi juga semakin hebat. Ejakulasi yang baik yang dialami oleh pria akan meningkatkan jumlah sperma yang masuk ketika penetrasi, sehingga peluang pembuahan akan semakin besar.

Perhatikan juga waktu bercinta untuk mempercepat kehamilan

Waktu berhubungan intim merupakan hal penting yang harus diketahui oleh pasangan yang ingin cepat hamil. Sebaiknya Anda mengetahui siklus haid dan masa subur Anda untuk meningkatkan peluang hamil.

Berbagai penelitian bahkan telah membuktikan jika melakukan hubungan seksual saat wanita berada di masa subur atau masa ovulasi maka peluang untuk hamil sangat tinggi.

Masa subur wanita ditandai dengan pengeluaran sel telur oleh indung telur (ovarium) ke tuba fallopi dan siap untuk dibuahi. Oleh karena itu, penting bagi wanita untuk mengetahui masa suburnya.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hayward, K. (2016) What is the best sex position for getting pregnant?. Available at: http://www.todaysparent.com/trying-to-conceive/getting-pregnant/what-is-the-best-sex-position-for-getting-pregnant/  (Accessed: 17 February 2017).

Baby Centre. (2017). Sex positions for getting pregnant. Available at: http://www.babycentre.co.uk/sex-for-getting-pregnant  (Accessed: 17 February 2017).

WebMD. (2016). The truth about sexual positions and getting pregnant (2009) Available at: http://www.webmd.com/infertility-and-reproduction/features/truth-about-sexual-positions-getting-pregnant  (Accessed: 17 February 2017).

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 06/11/2020
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team
x