home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Gejala Kerusakan Hati yang Seringnya Tak Disadari

5 Gejala Kerusakan Hati yang Seringnya Tak Disadari

Organ hati (liver) memiliki peran penting dalam tubuh, dari mulai mencerna makanan, menyingkirkan zat beracun dari tubuh, dan menyimpan energi. Untuk itu, Anda perlu benar-benar menjaga agar organ yang satu ini terhindar dari kerusakan. Yuk, kenali gejala liver bermasalah yang sering kali tidak disadari berikut ini.

Gejala liver bermasalah yang tidak banyak disadari

1. Kulit gatal

Kulit gatal menjadi pertanda dan gejala liver bermasalah yang sangat samar dan kerap tak disadari. Namun, ternyata kondisi yang satu ini bisa muncul saat empedu masuk ke dalam aliran darah akibat hati yang rusak. Ketika saluran empedu tersumbat, empedu akan berhenti mengalir dan masuk kembali ke aliran darah. Akibatnya, empedu menumpuk di bawah kulit dan menyebabkan gatal.

2. Spider angioma

pembuluh darah sarang laba-laba

Spider angioma adalah kumpulan pembuluh darah arteriol kecil di bawah kulit yang melebar, bergerombol, dan membentuk seperti kaki laba-laba. Kondisi ini biasaya disebabkan oleh paparan sinar matahari, perubahan kadar hormon di dalam tubuh, dan penyakit hati.

Tingkat estrogen yang terlalu tinggi di dalam tubuh menandakan hati tidak berfungsi dengan baik karena tidak memetabolisme hormon yang satu ini. Akibatnya, muncullah spider angioma yang bisa terjadi di bagian tubuh mana pun. Akan tetapi, kelainan ini paling sering muncul di wajah, leher, dan kaki.

3. Memar

luka memar

Orang yang memiliki masalah pada hati cenderung lebih mudah mengalami memar akibat cedera ringan. Hal ini disebabkan karena hati memperlambat atau menghentikan produksi protein yang diperlukan dalam proses pembekuan darah. Akibatnya, Anda cenderung mudah mengalami perdarahan di dalam atau yang lebih dikenal dengan memar.

4. Bau mulut

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Bau mulut tak hanya menandakan kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Kondisi ini juga bisa menjadi pertanda kerusakan hati. Bau mulut biasanya menjadi pertanda ketika seseorang mengalami gagal hati. Hal ini disebabkan karena tingginya senyawa dimetil sulfida di dalam darah yang sangat umum terjadi pada orang dengan sirosis hati.

5. Bintik cokelat di wajah

bercak cokelat di wajah

Hati-hati jika tiba-tiba muncul bintik cokelat di wajah. Pasalnya, kondisi ini bisa jadi disebabkan oleh hati yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ketika hati bermasalah, hormon estrogen dalam tubuh mengalami peningkatkan. Kondisi ini kemudian menghasilkan zat yang disebut dengan tyrosinase.

Tyrosinase adalah enzim yang mengandung tembaga dan memicu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak melanin. Kadar melanin yang berlebih inilah yang membuat noda cokelat pada wajah muncul ke permukaan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Spider Nevus (Spider Angiomas)

https://www.healthline.com/health/spider-angioma#causes accessed on December 3rd 2018

7 Subtle Signs That Your Liver is Not Healthy

https://www.health24.com/Medical/Liver-Health/Liver-disease/7-subtle-signs-that-your-liver-is-not-healthy-20180613 accessed on December 3rd 2018

6 Early Signs of Liver Damage: Symptoms To Know

https://www.medicaldaily.com/6-early-signs-liver-damage-symptoms-know-404402 accessed on December 3rd 2018

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 02/10/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita