Cara Mudah Mengajarkan Anak Supaya Bisa Makan Sendiri

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 03/12/2019 . 3 mins read
Bagikan sekarang

Seiring pertumbuhan, bayi akan ingin untuk bisa makan sendiri. Tapi, untuk anak bisa makan sendiri jelas membutuhkan keterampilan.

Bagaimana cara mengajarkan anak untuk bisa makan sendiri?

1. Berikan camilan finger food

Berikan makanan yang aman untuk dimakan dengan tangan kepada anak Anda. Anda bisa mulai dengan memberikan pada mereka potongan makanan yang cukup kecil untuk dikunyah dan ditelan dengan mudah, misalnya makanan yang larut dengan mudah dalam mulut; ketika bayi mulai tumbuh lebih besar, Anda dapat mulai menawarkan lebih banyak makanan.

Berlatihlah berkali-kali dengan anak Anda. Waktu makan adalah kesempatan untuk berinteraksi dan membantu anak Anda untuk bisa makan sendiri. Duduklah dengan anak Anda, bicarakan mengenai makanan baru, dan pertahankan gigitan individual untuk mendorong genggaman menjepit. Ambil tangan anak Anda, satukan dengan tangan Anda dan demonstrasikan.

Selalu fokuskan mata pada anak Anda ketika mereka belajar untuk makan finger food. Risiko tersedak dapat diminimalisir dengan memberikan gigitan kecil pada mereka.

Bersiaplah untuk kekacauan karena bayi dan balita biasanya membuat berantakan ketika mereka belajar untuk makan. Gunakan alas makan, dan singkirkan karpet atau tempatkan penutup pelindung di bawah kursi bayi untuk meminimalkan kerusakan.

2. Coba makan dengan sendok

Gunakan sendok makan bayi yang tepat karena sendok teh dan sendok makan akan terlalu besar untuk mulut bayi. Gunakan dua sendok pada awalnya: satu untuk anak Anda dan satu untuk Anda. Suapi anak Anda seperti biasa, dan mereka akan mulai mencoba menggunakan sendok mereka.

Tunjukkan pada bayi Anda bagaimana cara menggunakan sendok dan kemudian bantu mereka dengan menempatkan tangan Anda dan menggerakkan tangannya untuk melakukan demonstrasi. Arahkan sendok dengan perlahan ke dalam mulut balita Anda.

Pilih makanan dengan strategis. Mulailah dengan makanan yang lebih tebal dan lebih padat; makanan ini akan tetap terjaga di sendok, sedangkan makanan yang lebih berair akan menetes sebelum anak Anda berhasil menempatkan sendok ke dalam mulut mereka. Yogurt, keju lunak, dan pudding dapat bekerja dengan baik. Seiring kemajuan anak Anda, gantilah ke puree cair dan sup.

Berikan contoh. Makanlah ketika anak Anda makan; makan bersama keluarga penting untuk mengajarkan ketrampilan makan sendiri, komunikasi, dan sopan santun.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Tips Ajarkan Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak

Tips ini akan membantu Anda menerapkan kebiasaan kesehatan gigi dan mulut pada anak sejak dini. Yuk, cari tahu apa saja caranya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Parenting, Tips Parenting 16/06/2020 . 5 mins read

Bagaimana Cara Menghadapi Ledakan Amarah Anak yang Bikin Jengah?

Kemarahakn yang muncul dari anak tanpa diketahui alasannya kerap membuat Anda jengah. Begini cara menghadapi ledakan amarah anak dengan baik.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Parenting, Tips Parenting 06/06/2020 . 4 mins read

Bukan Dimarahi, Ini 5 Cara Agar Anak Mau Mendengarkan Orangtua

Supaya anak mau mendengarkan kata-kata orangtua, Anda perlu siasat khusus. Jangan malah dimarahi atau dibentak. Yuk, simak tips-tipsnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Parenting, Tips Parenting 30/05/2020 . 4 mins read

Tidak Perlu Bingung Pilih Hewan Peliharaan untuk Anak, Ini 5 Tips dan Manfaatnya

Hewan peliharaan dan anak adalah gambaran yang menggemaskan. Namun, para orangtua perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih hewan untuk anak.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Parenting, Tips Parenting 10/05/2020 . 6 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 mins read
mengatasi ruam popok bayi

Si Kecil Mengalami Ruam? Berikut 8 Cara Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 7 mins read
akibat anak terlalu sering dibentak

Apa Akibat Anak Sering Dibentak? Orangtua Perlu Tahu Ini

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 8 mins read
tinggi anak, tumbuh kembang anak pandemi

Pentingnya Mengontrol Tumbuh Kembang Anak Saat Pandemi COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 17/06/2020 . 4 mins read