Cara Mudah Mengajarkan Anak Supaya Bisa Makan Sendiri

Oleh

Seiring pertumbuhan, bayi akan ingin untuk bisa makan sendiri. Tapi, untuk anak bisa makan sendiri jelas membutuhkan keterampilan.

Bagaimana cara mengajarkan anak untuk bisa makan sendiri?

1. Berikan camilan finger food

Berikan makanan yang aman untuk dimakan dengan tangan kepada anak Anda. Anda bisa mulai dengan memberikan pada mereka potongan makanan yang cukup kecil untuk dikunyah dan ditelan dengan mudah, misalnya makanan yang larut dengan mudah dalam mulut; ketika bayi mulai tumbuh lebih besar, Anda dapat mulai menawarkan lebih banyak makanan.

Berlatihlah berkali-kali dengan anak Anda. Waktu makan adalah kesempatan untuk berinteraksi dan membantu anak Anda untuk bisa makan sendiri. Duduklah dengan anak Anda, bicarakan mengenai makanan baru, dan pertahankan gigitan individual untuk mendorong genggaman menjepit. Ambil tangan anak Anda, satukan dengan tangan Anda dan demonstrasikan.

Selalu fokuskan mata pada anak Anda ketika mereka belajar untuk makan finger food. Risiko tersedak dapat diminimalisir dengan memberikan gigitan kecil pada mereka.

Bersiaplah untuk kekacauan karena bayi dan balita biasanya membuat berantakan ketika mereka belajar untuk makan. Gunakan alas makan, dan singkirkan karpet atau tempatkan penutup pelindung di bawah kursi bayi untuk meminimalkan kerusakan.

2. Coba makan dengan sendok

Gunakan sendok makan bayi yang tepat karena sendok teh dan sendok makan akan terlalu besar untuk mulut bayi. Gunakan dua sendok pada awalnya: satu untuk anak Anda dan satu untuk Anda. Suapi anak Anda seperti biasa, dan mereka akan mulai mencoba menggunakan sendok mereka.

Tunjukkan pada bayi Anda bagaimana cara menggunakan sendok dan kemudian bantu mereka dengan menempatkan tangan Anda dan menggerakkan tangannya untuk melakukan demonstrasi. Arahkan sendok dengan perlahan ke dalam mulut balita Anda.

Pilih makanan dengan strategis. Mulailah dengan makanan yang lebih tebal dan lebih padat; makanan ini akan tetap terjaga di sendok, sedangkan makanan yang lebih berair akan menetes sebelum anak Anda berhasil menempatkan sendok ke dalam mulut mereka. Yogurt, keju lunak, dan pudding dapat bekerja dengan baik. Seiring kemajuan anak Anda, gantilah ke puree cair dan sup.

Berikan contoh. Makanlah ketika anak Anda makan; makan bersama keluarga penting untuk mengajarkan ketrampilan makan sendiri, komunikasi, dan sopan santun.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca