Kenapa Bayi Tak Boleh Minum Susu Sapi

Oleh

Tubuh bayi Anda tidak dapat mencerna protein di dalam susu sapi. Meminum susu sapi terlalu cepat dapat membuat mereka berisiko alergi susu sapi. Susu sapi tidak memilki semua nutrisi (seperti vitamin E dan seng) yang bayi perlukan untuk tumbuh dan berkembang pada tahun pertamanya.

Susu sapi juga dapat memperberat kerja ginjal bayi, karena susu sapi memliki sodium, potasium, dan klorida lebih tinggi dari yang dapat diproses oleh bayi. Selain itu, susu sapi dapat mengakibatkan kekurangan zat besi, karena bayi di bawah satu tahun belum dapat benar-benar menyerap zat besi di susu sapi.

Bagaimana cara berpindah dari ASI ke susu sapi

Bayi kurang dari usia satu tahun memerlukan nutrisi dari ASI atau susu formula. Bayi yang disusui lebih dari satu tahun mungkin melanjutkan menyusui, bila diinginkan, tapi pada saat itu Anda dapat mulai menawarkan susu pada bayi Anda. Mengapa bukan susu rendah lemak atau susu skim? Karena banyak bayi memerlukan lemak pada susu untuk mendukung pertumbuhan normal dan perkembangan otak saat periode sibuk awal balita.

Anda dapat memulai transisi bayi Anda dari ASI atau dari susu formula ke susu sapi dengan memulai mengganti isi botol susu—atau gelas dot—dengan susu sapi. Pada usia 1 tahun, bayi Anda sudah dapat memakan beragam makanan lain dan juga meminum sekitar 2-3 gelas (480-720 ml) susu setiap hari.

Apabila bayi Anda menggunakan susu kedelai atau formula hipoalergenik, konsultasikan pada dokter sebelum mengenalkan susu.

Yang juga perlu Anda baca