Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Kebiasaan Sehat Agar Anak Tak Mudah Terkena Infeksi

5 Kebiasaan Sehat Agar Anak Tak Mudah Terkena Infeksi

Sebuah kegiatan akan lebih mudah dilakukan apabila sudah menjadi kebiasaan. Sebagai orang tua, Anda perlu mulai mengajarkan kebiasaan baik sejak dini. Kebiasaan sehat untuk anak adalah salah satu hal yang penting untuk diajarkan. Tak hanya untuk masa sekarang, kebiasaan ini akan terus dijalankan anak sampai di masa yang akan datang. Memang tidak mudah, untuk itu coba berikan alasan dibalik setiap pelajaran yang diberikan.

Kebiasaan sehat yang perlu diajarkan orang tua untuk anak

Sebuah studi oleh Academy of Nutrition and Diabetics Foundation menunjukkan, orang tua memiliki potensi yang signifikan untuk memengaruhi perilaku anak-anak mereka. Perilaku yang dimaksud termasuk kebiasaan makan dan aktivitas fisik. Jadi, ajarkan kebiasaan sehat untuk anak seperti membantu mereka memilih makanan sehat dan memulai olahraga secara rutin dengan cara menjadi panutan yang baik.

1. Mengonsumsi makanan yang bervariasi

Kebiasaan hidup sehat yang pertama ini dapat disiasati dengan memilih makanan yang memiliki warna berbeda. Selain lebih menyenangkan, sumber makanan yang beragam dapat memberikan asupan nutrisi yang lebih kaya. Namun bukan berarti setiap kali waktu makan tiba, menu harus berbeda warna. Anda dapat lebih berfokus pada menu makan yang terdiri dari buah dan sayur.

Ditambah lagi, buah dan sayur sebagian besar mengandung vitamin C yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh si Kecil. Dengan daya tahan tubuh yang baik, infeksi akan lebih sulit terjadi.

2. Kebiasaan sehat dengan selalu sarapan

Menerapkan jam makan yang teratur sejak masa kecil dapat membantu si Kecil terbiasa melakukan kebiasaan makan tepat waktu ketika sudah dewasa. Sarapan merupakan waktu makan yang penting untuk memulai hari. Sarapan dapat memberikan manfaat seperti:

  • Memicu kerja otak dan energi
  • Membantu ia tetap kuat sepanjang hari
  • Menjauhkan penyakit kronis

Harvard Medical School menyatakan bahwa seseorang yang jarang sarapan empat kali lipat lebih rentan mengalami obesitas.

3. Memulai hidup sehat dengan terbiasa mencuci tangan

Kegiatan sederhana ini dapat menjauhkan si Kecil, bahkan juga Anda dan keluarga dari kuman penyebab infeksi dan penyakit. Menjaga anak agar tetap higienis merupakan cara paling gampang untuk menjauhkannya berbagai penyakit.

Saat tidak ada wastafel atau air dan sabun, Anda dapat menggunakan hand sanitizer (pembersih tangan). Jangan lupa untuk menjelaskan alasan mengapa si Kecil perlu sering mencuci tangan agar ia lebih mudah menerapkan kebiasaan sehat ini.

4. Rencanakan aktivitas keluarga yang sehat dan menyenangkan

Di zaman sekarang ini, tidak semua anak menyukai olahraga atau beraktivitas di luar ruangan. Orangtua pun disarankan untuk tidak terlalu memaksa mereka melakukan hal yang tidak mau mereka lakukan. Jika terus dipaksa, si Kecil mungkin malah jadi membenci kegiatan olahraga.

Lebih baik, dukung anak untuk hidup sehat dengan menjadikan olahraga sebagai bagian kebiasaan keluarga, seperti lari pagi, berjalan-jalan ke taman, atau bermain di taman kota.

Jika si Kecil masih belum menemukan kenyamanan dalam melakukan aktivitas fisik, perkenalkan mereka pada berbagai jenis olahraga. Anda dapat mengajarkan mereka olahraga seperti berenang, sepatu roda, atau bersepeda. Olahraga merupakan bagian dari gaya hidup sehat dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari segala usia.

5. Terbiasa minum susu

Dengan bertambahnya usia, sebagian besar orang tua terkadang berhenti memberikan susu pada si Kecil. Padahal, susu mengandung berbagai nutrisi penting, terutama dalam menjaga dan membangun kekebalan sistem imun atau daya tahan tubuh.

Kebiasaan minum susu sejak kecil perlu terus diterapkan hingga dewasa. Untuk mengawali kebiasaan ini, Anda dapat memilih susu yang mengandung LCPUFA (seperti DHA dan EPA) karena berperan dalam pembentukan sel-sel imun. Selain itu, susu dengan kandungan prebiotik scGOS:IcFOS (1:9) juga penting untuk mendukung dan membantu sistem imun bekerja melawan berbagai penyebab infeksi.

Kebiasaan baik bukan hal yang mudah untuk diterapkan dalam kehidupan. Untuk itu, mengajarkan kebiasaan sehat sejak dini penting dilakukan orang tua agar hidup anak terhindar dari infeksi dan berbagai macam penyakit.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

10 Healthy Habits Every Mother Should Teach Her Kids. (n.d.). Retrieved February 19, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/health/healthy-habits-mothers-should-teach-kids#pick-enjoyable-activities

5 Ways to Help Kids Develop Healthy Habits. (n.d.). Retrieved February 19, 2020, from www.eatright.org website: https://www.eatright.org/health/weight-loss/overweight-and-obesity/5-ways-to-help-kids-develop-healthy-habits

Teach Your Child Healthy Habits as Early as Possible. (n.d.). Retrieved February 19, 2020, from Verywell Family website: https://www.verywellfamily.com/healthy-habits-to-teach-your-child-4071124

U.S. Department of Health & Human Services. (2019). Children’s Oral Health. Retrieved February 19, 2020, from https://www.cdc.gov/oralhealth/basics/childrens-oral-health/index.html

Griffin, R. M. (n.d.). Immunity-Boosting Snacks for Kids. Retrieved February 19, 2020, from WebMD website: https://www.webmd.com/parenting/features/immune-system#1

CHOC Children’s. (2014, March 10). Kids and the Immune System. Retrieved February 19, 2020, from CHOC Children’s website: https://www.choc.org/health-topics/kids-immune-system/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 31/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x