5 Kebiasaan Sehat Agar Anak Tak Mudah Terkena Infeksi

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 31 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sebuah kegiatan akan lebih mudah dilakukan apabila sudah menjadi kebiasaan. Sebagai orang tua, Anda perlu mulai mengajarkan kebiasaan baik sejak dini. Kebiasaan sehat untuk anak adalah salah satu hal yang penting untuk diajarkan. Tak hanya untuk masa sekarang, kebiasaan ini akan terus dijalankan anak sampai di masa yang akan datang. Memang tidak mudah, untuk itu coba berikan alasan dibalik setiap pelajaran yang diberikan.

Kebiasaan sehat yang perlu diajarkan orang tua untuk anak

Sebuah studi oleh Academy of Nutrition and Diabetics Foundation menunjukkan, orang tua memiliki potensi yang signifikan untuk memengaruhi perilaku anak-anak mereka. Perilaku yang dimaksud termasuk kebiasaan makan dan aktivitas fisik. Jadi, ajarkan kebiasaan sehat untuk anak seperti membantu mereka memilih makanan sehat dan memulai olahraga secara rutin dengan cara menjadi panutan yang baik.

1. Mengonsumsi makanan yang bervariasi

Kebiasaan hidup sehat yang pertama ini dapat disiasati dengan memilih makanan yang memiliki warna berbeda. Selain lebih menyenangkan, sumber makanan yang beragam dapat memberikan asupan nutrisi yang lebih kaya. Namun bukan berarti setiap kali waktu makan tiba, menu harus berbeda warna. Anda dapat lebih berfokus pada menu makan yang terdiri dari buah dan sayur.

Ditambah lagi, buah dan sayur sebagian besar mengandung vitamin C yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh si Kecil. Dengan daya tahan tubuh yang baik, infeksi akan lebih sulit terjadi.

2. Kebiasaan sehat dengan selalu sarapan

Menerapkan jam makan yang teratur sejak masa kecil dapat membantu si Kecil terbiasa melakukan kebiasaan makan tepat waktu ketika sudah dewasa. Sarapan merupakan waktu makan yang penting untuk memulai hari. Sarapan dapat memberikan manfaat seperti:

  • Memicu kerja otak dan energi
  • Membantu ia tetap kuat sepanjang hari
  • Menjauhkan penyakit kronis

Harvard Medical School menyatakan bahwa seseorang yang jarang sarapan empat kali lipat lebih rentan mengalami obesitas.

3. Memulai hidup sehat dengan terbiasa mencuci tangan

Kegiatan sederhana ini dapat menjauhkan si Kecil, bahkan juga Anda dan keluarga dari kuman penyebab infeksi dan penyakit. Menjaga anak agar tetap higienis merupakan cara paling gampang untuk menjauhkannya berbagai penyakit.

Saat tidak ada wastafel atau air dan sabun, Anda dapat menggunakan hand sanitizer (pembersih tangan). Jangan lupa untuk menjelaskan alasan mengapa si Kecil perlu sering mencuci tangan agar ia lebih mudah menerapkan kebiasaan sehat ini.

4. Rencanakan aktivitas keluarga yang sehat dan menyenangkan

Di zaman sekarang ini, tidak semua anak menyukai olahraga atau beraktivitas di luar ruangan. Orangtua pun disarankan untuk tidak terlalu memaksa mereka melakukan hal yang tidak mau mereka lakukan. Jika terus dipaksa, si Kecil mungkin malah jadi membenci kegiatan olahraga.

Lebih baik, dukung anak untuk hidup sehat dengan menjadikan olahraga sebagai bagian kebiasaan keluarga, seperti lari pagi, berjalan-jalan ke taman, atau bermain di taman kota.

Jika si Kecil masih belum menemukan kenyamanan dalam melakukan aktivitas fisik, perkenalkan mereka pada berbagai jenis olahraga. Anda dapat mengajarkan mereka olahraga seperti berenang, sepatu roda, atau bersepeda. Olahraga merupakan bagian dari gaya hidup sehat dan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari segala usia.

5. Terbiasa minum susu

Dengan bertambahnya usia, sebagian besar orang tua terkadang berhenti memberikan susu pada si Kecil. Padahal, susu mengandung berbagai nutrisi penting, terutama dalam menjaga dan membangun kekebalan sistem imun atau daya tahan tubuh. 

Kebiasaan minum susu sejak kecil perlu terus diterapkan hingga dewasa. Untuk mengawali kebiasaan ini, Anda dapat memilih susu yang mengandung LCPUFA (seperti DHA dan EPA) karena berperan dalam pembentukan sel-sel imun. Selain itu, susu dengan kandungan prebiotik scGOS:IcFOS (1:9) juga penting untuk mendukung dan membantu sistem imun bekerja melawan berbagai penyebab infeksi.

Kebiasaan baik bukan hal yang mudah untuk diterapkan dalam kehidupan. Untuk itu, mengajarkan kebiasaan sehat sejak dini penting dilakukan orang tua agar hidup anak terhindar dari infeksi dan berbagai macam penyakit.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hati-hati! Ini 6 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Tikus

Tikus terkenal sebagai hewan yang jorok karena bisa menyebabkan penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh tikus yang perlu diwaspadai.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Pernahkah Anda tiba-tiba mengeluarkan air mani meski tak menerima rangsangan apapun? Berikut ini penjelasannya secara medis.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Efek Bleaching untuk Memutihkan Gigi, Adakah yang Perlu Diwaspadai?

Beberapa orang memilih bleaching untuk memutihkan gigi. Namun adakah efek bleaching gigi yang perlu diwaspadai?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Keduanya sama-sama karbohidrat, tapi apakah benar nasi lebih baik dari mie? Cari tahu lebih lanjut sebelum menentukan pilihan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Fakta Gizi, Nutrisi 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bakteri asam laktat

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
tidak tumbuh jenggot dan kumis

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
obat sariawan

Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
sakit kepala setelah cabut gigi

Kenapa Bisa Sakit Kepala Setelah Cabut Gigi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit