home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berat Badan Bayi Kurang, Bolehkah Diberikan Susu Formula?

Berat Badan Bayi Kurang, Bolehkah Diberikan Susu Formula?

Bayi yang memiliki berat badan kurang, lebih rentan terkena berbagai penyakit yang tentunya akan menghambat pertumbuhan dan perkembangannya. Berat badan bayi yang kurang harus segera ditangani. Lalu, apakah susu formula bisa diandalkan untuk membuat berat badan bayi naik? Apakah pemberian susu formula boleh dilakukan pada bayi dengan berat badan yang kurang?

Apa penyebab berat badan bayi kurang?

Berat badan bayi yang kurang ketika lahir, bisa disebabkan oleh berbagai masalah yang terjadi saat kehamilan. Kondisi ini disebut dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Ada beberapa hal yang menyebabkan seorang bayi BBLR:

  • Status gizi ibu saat hamil tidak normal, cenderung kurang.
  • Mengalami komplikasi ketika kehamilan.
  • Jarak kehamilan berdekatan dengan kelahiran anak sebelumnya.
  • Kondisi kesehatan ibu secara keseluruhan.
  • Usia ibu terlalu muda, atau kurang dari 21 tahun.

Semua hal tersebut dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah atau kurang dari 2500 gram. Sementara, berat badan kurang yang terjadi pada bayi yang berusia 1-6 bulan bisa disebabkan akibat:

  • Penyakit infeksi. Bayi yang mengalami sakit infeksi, entah itu akibat infeksi virus atau bakteri lebih sering ditemukan mengalami kekurangan gizi pula.
  • Makanan yang diberikan tidak dapat memenuhi kebutuhannya. Kondisi ini tak hanya membuat bayi mengalami kekurangan berat badan, namun juga rentan terkena penyakit infeksi.

Apakah saya boleh memberikan susu formula untuk menambah berat badan bayi yang kurang?

Masih banyak ibu yang menganggap bahwa susu formula lebih baik diberikan untuk bayinya, agar pertumbuhan dan perkembangannya baik. Padahal, telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Pemberian ASI eksklusif sangat dianjurkan hingga bayi berusia 6 bulan dan dilanjutkan dengan memberikan makanan pendamping ASI hingga anak berusia 2 tahun.

ASI masih menjadi makanan yang terbaik dan mudah dicerna oleh bayi yang berusia kurang dari 6 bulan, meskipun ia mengalami kekurangan berat badan. Hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas dan kuantitas dari ASI ibu sendiri, semakin baik kualitas dan kuantitas ASI-nya, maka kebutuhan makan bayi akan terpenuhi dengan baik.

susu untuk ibu menyusui

Jika kualitas ASI saya kurang bagus, apakah bisa digantikan dengan susu formula?

ASI memang tergantung dengan makanan yang dikonsumsi serta status gizi ibu. Kedua hal tersebut tak hanya memengaruhi kualitas, namun juga kuantitas dari ASI. Namun, faktanya meski seorang ibu mengalami kurang gizi, ia akan tetap dapat menghasilkan kualitas dan kuantitas ASI yang baik.

Sebab, tubuh ibu akan mendahulukan produksi ASI ketimbang memperbaiki tubuhnya yang kekurangan gizi. Jadi ASI akan dibuat dari sisa-sisa cadangan makanan yang ada di dalam tubuh ibu. sehingga, hampir tidak mungkin seorang ibu memiliki kualitas ASI yang kurang baik.

Oleh karena itu, jangan terlalu khawatir dengan kualitas ASI Anda dan tetap berikan bayi kesayangan Anda dengan ASI yang dihasilkan. Bila memang Anda mengalami kesulitan dalam memproduksi ASI atau ASI tidak bisa keluar, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk membantu merencanakan makanan yang tepat bagi Anda.

Susu formula bisa saja diberikan oleh dokter jika berat badan bayi Anda kurang dari yang seharusnya.

Lalu, mana yang lebih diutamakan? ASI atau susu formula?

Sampai saat ini ASI adalah makanan yang paling mudah dicerna dan baik untuk bayi yang berusia kurang dari 6 bulan. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat bayi seharusnya diberikan susu formula dan yang menentukan hal tersebut adalah tim medis yang menangani bayi Anda.

Dan jika bayi terpaksa diberikan susu formula, sebaiknya Anda konsultasikan dahulu masalah ini pada ahli gizi, sebab perencanaan untuk mengatasi gizi kurang pada bayi harus dilakukan dengan tepat. Salah-salah memberikan susu formula, justru akan menimbulkan masalah lain pada sang bayi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Who.int. (2017). WHO | Care of the preterm and/or low-birth-weight newborn. [online] Available at: http://www.who.int/maternal_child_adolescent/topics/newborn/care_of_preterm/en/  [Accessed 18 Jul. 2017].

Who.int. (2017). [online] Available at: http://www.who.int/nutrition/nlis_interpretation_guide.pdf  [Accessed 18 Jul. 2017].

Medlineplus.gov. (2017). Breastfeeding | Benefits of Breastfeeding | MedlinePlus. [online] Available at: https://medlineplus.gov/breastfeeding.html  [Accessed 18 Jul. 2017].

Nhs.uk. (2017). Breastfeeding: the first few days – Pregnancy and baby guide – NHS Choices. [online] Available at: http://www.nhs.uk/Conditions/pregnancy-and-baby/pages/breastfeeding-first-days.aspx  [Accessed 18 Jul. 2017].

Cdc.gov. (2017). Breastfeeding | CDC. [online] Available at: https://www.cdc.gov/breastfeeding/  [Accessed 18 Jul. 2017].

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 27/07/2017
x