backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

3

Tanya Dokter
Simpan

Mengenal Manfaat dan Cara Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak: Fast, Focus, Flexible

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang · Tanggal diperbarui 05/10/2023

    Mengenal Manfaat dan Cara Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak: Fast, Focus, Flexible

    Dunia yang semakin berkembang dan kemajuan teknologi menuntut setiap orangtua untuk memperhatikan tumbuh kembang anak agar mereka memiliki  kemampuan kognitif dan belajar yang optimal. Pasalnya hal ini sangat anak butuhkan untuk mempelajari berbagai hal, termasuk saat sekolah nanti.

    Salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah pentingnya untuk si kecil memiliki  Fast, Focus, Flexible sebagai kemampuan belajar agar dapat bersaing di masa depan. Apa pengaruhnya bagi anak dan bagaimana cara menstimulasinya? Berikut ulasannya.

    Penting Diketahui

    Mengutip Journal of Experimental Child Psychology, penting bagi orangtua untuk mengajarkan anak untuk melakukan tugas ganda pada anak usia di bawah lima tahun.
    Hal tersebut berguna untuk mengasah kemampuan menyimak anak usia dini sekaligus daya ingat anak dalam menyimpan memori kerja.

    Apa itu Fast, Focus, Flexible?

    Fast, Focus, Flexible  merupakan kemampuan belajar si kecil yang dapat tercapai jika ia memiliki executive function yang baik.

    Apa itu executive function? Yaitu kemampuan si kecil untuk memusatkan perhatian, mengingat instruksi, dan berhasil menyelesaikan masalah atau pekerjaan yang didapatkan dari pemeliharaan fungsi utama secara baik.

    Kemampuan belajar Fast, Focus, Flexible sangat penting karena dapat memberi banyak manfaat bagi proses belajar anak, seperti berikut.

    1. Mengasah daya ingat

    Memungkinkan anak untuk mengolah informasi baru secara tidak terbatas dan menyimpannya dalam memori untuk kemudian digunakan dalam proses belajar Sehingga mendukung ia untuk berpikir cepat.

    Mengutip Journal of Experimental Child Psychology, penting bagi orangtua untuk mengajarkan anak untuk melakukan tugas ganda pada anak usia di bawah lima tahun.

    Hal tersebut berguna untuk mengasah kemampuan menyimak anak usia dini sekaligus daya ingat anak dalam menyimpan memori kerja.

    Selain itu juga membantu mengasah executive function  si kecil dan mendukungnya untuk memiliki kemampuan Fast, Focus, Flexible sehingga daya ingat anak semakin optimal dalam menyimpan berbagai informasi yang ia terima.

    Proses belajar juga akan turut terlaksana dengan baik hingga anak menghadapi masa sekolahnya nanti.

    2. Mengendalikan kemampuan kognitif dan perilaku

    Kemampuan penting lainnya adalah kemampuan yang memungkinkan anak untuk mengontrol perilaku, pikiran, serta emosi baik dalam proses belajar secara akademik maupun interaksi sosial.

    Hal ini sangat memberi peran besar dalam perkembangan sosial, emosional, dan kognitif anak. Bahkan, kemampuan ini bisa mulai terlihat sejak anak masih usia satu tahun hingga masa prasekolah.

    Itulah sebabnya, orangtua perlu memanfaatkan momen tersebut sebagai peluang untuk menstimulasi Fast, Focus, Flexible sebagai bagian dari executive function agar anak mencapai kemampuan kognitif dan perilaku secara optimal.

    3. Mengasah fleksibilitas kemampuan kognitif

    Fleksibilitas kognitif merupakan kemampuan agar anak lebih bisa fleksibel dalam mengerjakan beragam tugas, serta membantunya agar bisa beradaptasi secara fleksibel di setiap lingkungan.

    Kemampuan ini dianggap sebagai salah satu aspek kunci dari tercapainya executive function yang memungkinkan anak mengatur pikiran dan tindakan mereka secara adaptif, sehingga mampu beralih dari satu tugas ke tugas lainnya.

    Kiat memelihara Fast, Focus, Flexible sebagai kemampuan belajar anak

    wyeth procal gold

    Kemampuan belajar anak sangat penting untuk diperhatikan agar mereka dapat mengandalkan Fast, Focus, Flexible dalam proses tumbuh kembangnya.

    Guna mendukung proses ini, setiap orangtua perlu memberi stimulasi yang membantu mengembangkan kemampuan secara optimal sesuai usia anak.

    Stimulasi berupa permainan mengasah otak seperti puzzle, balok huruf atau angka, petak umpet, atau kerajinan tangan dapat Anda coba lakukan untuk mengasah kemampuan anak.

    Selain itu, Anda juga tetap diharuskan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak yang dapat mengoptimalkan fungsi kognitif mereka.

    S-26 Procal GOLD merupakan susu pertumbuhan yang diformulasikan oleh Wyeth Nutrition Expert untuk yang mengandung DHA, Omega 3 & 6. Yuk Mam dukung si kecil #daribelajarjadihebat bersama S-26 Procal GOLD.

    INDWN-CON-PG3-PG4/04/23/034

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang · Tanggal diperbarui 05/10/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan