5 Keunggulan Vitamin C Dalam Bentuk Tablet Effervescent

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 April 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Suplemen adalah alternatif yang baik bagi beberapa orang untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Beragam suplemen dikemas dengan macam-macam bentuk. Mulai dari suplemen bubuk, cair, dan juga tablet. Saat ini suplemen dalam bentuk tablet effervescent (dibaca efervesen) semakin populer, contohnya pada suplemen vitamin C. Apa itu tablet effervescent dan apa saja keunggulannya? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu tablet effervescent?

Tablet effervescent adalah tablet larut air yang mengandung campuran asam dan natrium bikarbonat. Cara minumnya berbeda dengan tablet pada umumnya, yang biasanya bisa langsung ditelan dengan bantuan air.

Walaupun bentuknya sama, ukuran tablet larut cenderung lebih besar daripada tablet biasa. Kemudian, tablet larut air harus dilarutkan terlebih dahulu di dalam satu gelas air. Saat tablet tercampur dengan air, akan dihasilkan karbon dioksida. Itulah sebabnya akan muncul gelembung-gelembung udara saat tablet dimasukkan. Lama-lama, tablet akan larut tercampur dengan air dan Anda bisa langsung meminumnya. Sebaiknya suplemen ini segera diminum setelah dilarutkan.

vitamin C

Kenapa banyak produk vitamin C yang berbentuk tablet effervescent?

Pengemasan vitamin C dalam bentuk tablet larut air ternyata memiliki beberapa keunggulan. Selain lebih mudah dibawa karena tidak mudah tumpah atau berantakan, tablet effervescent juga memiliki kemasan yang kedap udara sehingga terlindung dari paparan cahayam udara, panas, dan hawa lembap yang dapat merusak kualitas vitamin C.

Beberapa keunggulan lainnya dari vitamin bentuk tablet effervescent adalah:

1. Nutrisinya lebih cepat diserap

Suplemen vitamin C berbentuk tablet larut air ternyata lebih cepat diserap daripada tablet biasa. Kenapa bisa begitu? Tablet biasa butuh waktu lebih lama untuk dipecah terlebih dahulu agar partikelnya berubah menjadi lebih kecil.

Tablet larut air memiliki daya serap yang lebih tinggi karena sudah larut secara merata dalam air sehingga lebih mudah masuk ke dalam darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Ini berarti Anda akan lebih cepat merasakan manfaatnya pada tubuh.

2. Rasanya lebih enak

Suplemen kapsul atau tablet biasa bisa membuat beberapa orang malas meminumnya. Sementara itu, suplemen dalam bentuk tablet larut air rasanya enak dan segar. Anda pun jadi lebih semangat minum suplemen sehingga kebutuhan harian Anda akan vitamin C tetap terpenuhi.

3. Ramah bagi lambung

Menurut penelitian yang dilakukan oleh gabungan beberapa rumah sakit di Turki, Italia, Rusia, Kroasia, dan Jepang, tablet jenis effervescent lebih mudah ditoleransi oleh perut. Kandungan karbonat dan asam pada tablet effervescent bisa berfungsi sebagai pemisah (buffer) dari perut dengan pH optimum.

Kadang, tablet biasa hanya larut sebagian sehingga berisiko meningkatkan iritasi pada lambung. Sementara tablet larut air yang sudah larut sepenuhnya dalam air lebih mudah menyerap di tubuh dan aman bagi lambung.

4. Meningkatkan asupan air

Selain memberikan tambahan nutrisi, suplemen vitamin C berbentuk tablet larut air juga membantu Anda meningkatkan asupan cairan dalam tubuh. Ini sangat bermanfaat untuk mencegah Anda dari dehidrasi ketika sedang sakit atau ketika sedang berpuasa. Jadi, Anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus dengan suplemen ini.

5. Mudah untuk diminum

Bagi Anda yang tidak bisa menelan obat atau suplemen dalam bentuk tablet, tablet larut air bisa jadi pilihan yang mudah. Anda tidak perlu lagi mengakali bagaimana caranya minum suplemen tanpa repot atau takut tabletnya tersangkut dalam tenggorokan. Tinggal dilarutkan dalam air dan diminum, suplemen vitamin C Anda pun siap bekerja dengan baik dalam tubuh.

Kapan boleh minum suplemen ini?

Anda bisa menggunakan suplemen ini sesuai kebutuhan. Bila Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga lebih gampang sakit, menambahkan suplemen ini bisa memberikan pelindung ganda bagi tubuh Anda.

Dilansir dari Live Strong, suplemen vitamin C larut dalam air lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan vitamin lain. Ini menandakan bahwa Anda bisa minum suplemen ini sebelum atau sesudah makan. Waktu minumnya, baik pagi atau malam hari, bisa Anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum menambahkan suplemen apa pun untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Agar Tidak Keliru, Ketahui Aturan Pemberian Vitamin untuk Anak

Ada banyak vitamin anak yang dijual di pasaran. Namun, perlukah pemberian vitamin untuk anak? Seberapa penting vitamin untuk kesehatan si kecil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Anak 6-9 tahun, Gizi Anak, Parenting 15 November 2020 . Waktu baca 10 menit

Bantu Cegah Penyakit, Ini Peran Vitamin C, D, dan Kalsium di Sistem Imun

Demi fungsi sistem imun yang optimal, tubuh butuh asupan nutrisi termasuk vitamin dan mineral. Ketahui peran nutrisi untuk dukung sistem imun dan sumbernya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Roby Rizki
Nutrisi, Hidup Sehat 1 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Salah satu masalah orang thalasemia adalah masalah gizi. Apa saja pilihan nutrisi dan makanan untuk penderita thalasemia?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Penyakit Kelainan Darah, Thalasemia 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

4 Jenis Suplemen dan Vitamin Penambah Darah untuk Anemia

Salah satu cara mengatasi masalah anemia adalah dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin penambah darah. Apa saja vitamin untuk kurang darah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Anemia, Penyakit Kelainan Darah 2 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

vitamin untuk otak

Daftar Nutrisi dan Vitamin yang Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Otak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
minum vitamin pagi atau malam

Lebih Baik Minum Vitamin Pagi Hari atau Malam Hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
gambar apa itu suntik putih

Benarkah Suntik Putih Ampuh dan Aman untuk Mencerahkan Kulit?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 17 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
vitamin C mencerahkan kulit

Benarkah Vitamin C Bisa Membuat Warna Kulit Lebih Cerah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit