Equal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . Waktu baca 10 menit
Bagikan sekarang

Penggunaan

Untuk apa Equal (Aspartam) digunakan?

Equal adalah merek pemanis buatan yang mengandung aspartam. Pemanis buatan ini tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari tablet, stik, hingga bubuk yang dijual secara bebas, di toko maupun di apotek.

Sebagai salah satu dari enam pemanis buatan yang telah disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration) di Amerika, aspartam biasanya digunakan sebagai pemanis buatan pengganti gula di dalam makanan. Aspartam tidak mengandung kalori dan tidak mengandung nutrisi apapun.

Makanan dan minuman yang biasanya mengandung aspartam antara lain adalah:

  • soda diet atau soda rendah gula
  • permen karet
  • permen bebas gula
  • es krim tanpa gula
  • yogurt rendah kalori
  • jus buah rendah kalori

Aspartam umumnya digunakan oleh orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan, karena sebagai pemanis buatan, aspartam memberikan rasa manis pada makanan dan minuman tanpa meningkatkan jumlah kalori di dalam tubuh.

Selain itu, aspartam juga bisa digunakan oleh pasien diabetes untuk mengontrol gula darah di dalam tubuhnya. Menggunakan aspartam sebagai pengganti gula juga dapat membantu mencegah kerusakan gigi yang sering kali terjadi saat Anda terlalu banyak mengonsumsi gula.

Bagaimana cara pemakaian Equal (Aspartam)?

Anda bisa menggunakan equal sebagai pemanis buatan untuk beberapa kondisi berikut:

  • Equal (aspartam) dapat digunakan di dalam masakan rumahan sebagai pengganti gula, khususnya makanan yang dikonsumsi untuk diet. 
  • Equal juga bisa digunakan pada minuman untuk menambah rasa manis tanpa menggunakan gula asli.
  • Sebuah perusahaan produk makanan atau minuman juga bisa menggunakan equal sebagai pemanis buatan pengganti gula.
  • Equal bisa digunakan sebagai pemanis buatan pada masakan untuk pasien diabetes.
  • Jika menggunakan pemanis buatan ini dalam bentuk sachet atau bubuk, Anda bisa menambahkan bubuk ke dalam masakan, makanan yang sudah jadi atau minuman untuk menambah rasa.

Jika Anda tidak mengerti atau ragu dengan penggunaan pemanis buatan yang satu ini dengan cara yang tepat, konsultasikan dengan ahli kesehatan untuk informasi lebih lanjut.  

Bagaimana cara penyimpanan Equal (Aspartam)?

Equal sebaiknya disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan equal dari paparan cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan menyimpan pemanis buatan ini di dalam kamar mandi atau menyimpan serta membekukannya di dalam freezer. Jika Anda menyimpan pemanis buatan ini dengan cara yang benar, produk ini bisa bertahan hingga 3 tahun lama pemakaiannya.

Merek lain dari pemanis buatan ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker di apotek tempat Anda membeli equal. Jauhkan semua produk pemanis buatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan agar tidak disalahgunakan.

Jangan menyiram Equal (Aspartam) ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan pada kemasan atau oleh apoteker. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau instansi pembuangan sampah setempat mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis Equal (Aspartam) untuk orang dewasa?

Sebelum menggunakan produk pemanis buatan ini, pastikan bahwa Anda mengetahui jumlah penggunaan yang tepat untuk pemanis buatan ini. Konsultasikan dengan ahli medis profesional untuk informasi tentang dosis Equal (aspartam).

Dosis yang dianjurkan dalam beberapa kasus tercantum di bawah ini:

  • Menurut FDA: 50 miligram per kilogram berat badan;
  • Menurut EFSA: 40 miligram per kilogram berat badan;

Atau Anda bisa menggunakan sesuai dengan dosis sediaan equal, seperti berikut:

  • Dosis menggunakan sediaan tablet: 1 tablet sama dengan 1 sendok teh gula
  • Dosis menggunakan sediaan sachet:  1 sachet sama dengan 2 sendok teh gula
  • Dosis menggunakan sediaan bubuk: 1 sendok pemanis buatan sama dengan 1 sendok teh gula
  • Dosis menggunakan sediaan stik: 1 stik sama dengan 2 sendok teh gula

Berapa dosis Equal (Aspartam) untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan yang jelas terkait berapa banyak takaran saji Equal yang aman untuk anak. Hal ini karena pemanis buatan tersebut mungkin kurang baik jika dikonsumsi anak-anak.

Sebelum memberikannya pada anak, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter.

Dalam dosis apakah Equal (Aspartam) tersedia?

  • Tablet 85 miligram (mg);
  • Bubuk Sachet: 90 miligram (mg);
  • Bubuk dalam botol: 80 gram, satu sendoknya 0.5 gram
  • Stik: 36 miligram (mg)

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Equal (Aspartam)?

Sama halnya dengan menggunakan produk pemanis buatan lainnya, penggunaan Equal juga dapat menyebabkan beberapa efek samping. Kebanyakan dari efek samping berikut jarang terjadi dan tidak memerlukan pengobatan tambahan.

Namun, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki masalah apapun setelah minum obat ini. Belum ada penelitian atau sumber yang jelas mengenai pengaruh aspartam pada tubuh, namun ada beberapa hal yang diperkirakan mungkin terjadi akibat penggunaan pemanis buatan ini, di antaranya adalah:

Ada juga beberapa kondisi kesehatan yang mungkin terjadi akibat efek samping penggunaan aspartam, seperti:

  • Fenilketonuria, yaitu kondisi di mana seseorang memiliki fenilalanin terlalu banyak di dalam tubuh. Fenilalanin adalah asam amino yang juga menjadi salah satu kandungan dari aspartam.

Tidak semua orang mengalami efek samping yang telah disebutkan di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan namun Anda rasakan. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda. Gunakan aspartam sesuai kebutuhan dan kondisi Anda. 

Perlu diingat bahwa aspartam dijual dengan bebas agar bisa digunakan sesuai kebutuhan dan kondisi Anda. Jika Anda tidak yakin dengan kondisi kesehatan Anda, tanyakan terlebih dahulu kepada dokter apakah penggunaan aspartam aman dan sesuai dengan kebutuhan kondisi Anda.

Peringatan dan Pencegahan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Equal (Aspartam)?

Equal (aspartam) tidak boleh digunakan pada orang dengan sindrom Fenilketonuria.

Sebelum menggunakan aspartam, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, seperti: 

  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki reaksi alergi terhadap Equal (aspartam) atau  eksipien untuk bentuk sediaan yang mengandung Equal (aspartam). 
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki reaksi alergi terhadap obat-obatan lain, makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. 
  • Jika Anda sedang hamil, tanyakan kepada ahli kesehatan apakah aman menggunakan pemanis buatan ini saat sedang hamil dan menyusui.
  • Sebelum menggunakannya pada anak-anak, pastikan bahwa Anda telah berkonsultasi kepada ahli medis profesional terlebih dahulu dan mendapatkan persetujuan penggunaan equal pada anak-anak.
  • Aspartam hanya boleh digunakan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda dan hindari penggunaan secara berlebih karena dapat menimbulkan overdosis atau meningkatkan risiko efek samping.

Apakah Equal (Aspartam) aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan Equal (Aspartam) pada ibu hamil. Namun penggunaan pemanis buatan ini telah diterima oleh FDA. Pastikan bahwa Anda selalu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan pemanis buatan ini. 

Sementara, seorang ibu menyusui membutuhkan nutrisi yang baik untuk bayi yang disusuinya, sementara kandungan utama equal, yaitu aspartam, tidak memiliki kandungan nutrisi sama sekali. Jadi, disarankan untuk berhati-hati dalam penggunaan aspartam pada ibu dan bayinya. Sebaiknya, tanyakan terlebih dahulu kepada dokter mengenai penggunaan equal pada ibu menyusui.

Interaksi

Obat lain apa yang mungkin berinteraksi dengan Equal (Aspartam)?

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan, namun pada beberapa kasus, dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama-sama bahkan jika  memungkinkan terjadinya interaksi. Jika hal ini terjadi, dokter Anda mungkin akan mengubah dosis pengonsumsian, atau melakukan tindakan pencegahan lain jika diperlukan. 

Ketika Anda mengonsumsi zat pemanis buatan ini, Anda harus menyimpan daftar semua obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat nonresep dan produk herbal) dan beritahu dokter dan apoteker. Untuk keamanan Anda, jangan mulai menggunakan, berhenti menggunakan, atau mengubah dosis obat-obatan yang tercantum di bawah ini tanpa persetujuan dokter Anda. 

  • Obat-obatan untuk penderita skizofrenia
  • Nitisinone

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Equal (Aspartam)?

Pemanis buatan ini dapat berinteraksi dengan makanan atau alkohol sehingga dapat mengubah cara kerja pemanis buatan ini atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Silakan diskusikan dengan dokter atau apoteker Anda mengenai potensi interaksi makanan atau alkohol  sebelum menggunakan obat ini.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Equal (Aspartam)?

Kondisi kesehatan lainnya yang Anda miliki dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter Anda jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

1. Fenilketonuria

Fenilketonuria adalah kondisi genetik di mana tubuh tidak dapat memecah asam amino fenilalanin, sehingga  tubuh memiliki kandungan fenilalanin terlalu banyak. Fenilalanin adalah salah satu jenis asam amino yang terdapat pada aspartam. Oleh sebab itu, jika Anda telah lahir dengan fenilketonuria, maka mengonsumsi aspartam hanya akan memperburuk kondisi kesehatan Anda.

2. Tardive dyskinesia

Tardive dyskinesia adalah penyakit yang berhubungan dengan saraf, di mana pasien dengan penyakit ini akan mengalami kejang secara tiba-tiba pada lidah, bibir, dan wajah. Penyakit ini dapat berinteraksi dengan aspartam sebab kandungan fenilalanin di dalam aspartam dapat memicu pergerakan otot yang tak wajar pada lidah, bibir, dan wajah. Oleh sebab itu, pasien dengan penyakit ini sangat tidak dianjurkan mengonsumsi aspartam.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Seperti disebutkan di atas, pemanis buatan ini digunakan untuk diet normal baik bagi diabetesi atau bagi Anda yang ingin mengontrol berat badan. Tidak ada masalah serius yang terjadi jika Anda melewatkan penggunaannya. Namun, tetap perhatikan cara penggunaan dan aturan penggunaan lain yang tertera pada kemasan untuk menghindari kemungkinan overdosis atau risiko efek samping yang berlebihan. 

Jika Anda tidak yakin, tanyakan pada dokter atau ahli medis profesional mengenai penggunaan pemanis buatan ini.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

    Diabetesi termasuk golongan yang rentan terjangkit virus COVID-19. Selain lakukan upaya pencegahan, jaga juga kadar gula darah di rumah dengan tips berikut.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Konten Bersponsor
    diabetesi
    Coronavirus, COVID-19 30/04/2020 . Waktu baca 4 menit

    6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

    Penderita diabetes perlu mengontrol diabetesnya. Salah satu yang bisa dilakukan, yaitu jalan kaki. Apa manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes?

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Diabetes, Health Centers 26/04/2020 . Waktu baca 4 menit

    Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

    Memilih camilan untuk penderita diabetes tidak boleh sembarangan. Selain perlu memperhatikan kandungan nutrisinya, jumlahnya pun tidak kalah penting.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Konten Bersponsor
    camilan untuk penderita diabetes
    Diabetes, Health Centers 24/04/2020 . Waktu baca 3 menit

    Panduan Makan untuk Orang yang Punya Riwayat Diabetes

    Risiko diabetes pada orang dengan riwayat keluarga akan meningkat sehingga perlu upaya untuk mencegah diabetes dengan menjaga dan memilih makanan sehat.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Konten Bersponsor
    makanan untuk mencegah diabetes
    Diabetes, Health Centers 23/04/2020 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    diabetes insipidus adalah

    Diabetes Insipidus

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 12 menit
    sering buang air kecil

    8 Kondisi yang Menjadi Penyebab Sering Buang Air Kecil

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
    Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
    prostatitis

    Prostatitis

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Fajarina Nurin
    Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 10 menit
    penyakit kulit diabetes

    5 Penyakit Kulit yang Umum Menyerang Pasien Diabetes

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . Waktu baca 4 menit