Nama Generik: Pseudoephedrine Merek: Alco/Alco Plus/Alco Plus DMP, Devosix, Edorisan, Neo Triaminic, Rhinos Neo, DisudrindanSudafed.

Penggunaan

Untuk apa pseudoephedrine?

Pseudoephedrine adalah obat dengan fungsi untuk meredakan sementara gejala hidung tersumbat dan sinus akibat infeksi (seperti salesma, flu) atau penyakit pernafasan lainnya (seperti alergi serbuk bunga, alergi biasa, bronkitis). Pseudoephedrine adalah zat dekongestan (simpatomimetik). Pseudoephedrine bekerja dengan mengecilkan pembuluh darah untuk mengurangi pembengkakan dan penyumbatan.

Bila Anda melakukan pengobatan di rumah dengan obat ini, bacalah dengan saksama panduan obat dan Brosur Informasi Pasien yang disediakan apotek, jika ada, sebelum Anda mendapatkan obat ini dan setiap kali Anda membeli ulang. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker. (Lihat juga bagian Peringatan)

Produk obat batuk pilek belum terbukti aman atau efektif untuk anak-anak berusia kurang dari 6 tahun. Jangan menggunakan produk ini pada anak-anak di bawah usia 6 tahun, kecuali telah diarahkan oleh dokter secara spesifik. Tablet/kapsul dengan reaksi panjang tidak direkomendasikan untuk penggunaan pada anak-anak berusia kurang dari 12 tahun. Tanyakan dokter Anda atau apoteker untuk detil lebih lanjut mengenai cara penggunaan produk Anda dengan aman.

Produk-produk ini tidak mengobati atau mempersingkat waktu pilek dan dapat menyebabkan efek samping serius. Untuk mengurangi risiko efek samping yang serius, ikuti seluruh arahan dosis dengan saksama. Jangan gunakan produk ini untuk menidurkan anak. Jangan memberikan pengobatan batuk dan pilek lainnya yang mungkin mengandung zat anti-penyumbatan (dekongestan) yang sama atau sejenis (lihat juga bagian Interaksi). Tanyakan pada dokter atau apoteker mengenai cara lain untuk menyembuhkan gejala batuk dan pilek (seperti meminum cairan yang cukup, mengunakan pelembap atau larutan garam tetes/semprot untuk hidung).

KEGUNAAN LAIN: Bagian ini memuat penggunaan obat ini yang tidak tercantum dalam label yang sudah disetujui, namun mungkin saja diresepkan oleh ahli kesehatan Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tercantum di bawah hanya jika sudah diresepkan oleh dokter dan ahli kesehatan Anda.

Dokter Anda mungkin akan mengarahkan penggunaan pseudoephedrine untuk meredakan nyeri dan pembengkakan di telinga Anda, atau untuk membantu membuka lubang saluran telinga ketika terdapat perubahan pada tekanan udara (seperti saat perjalanan udara, penyelaman bawah laut). Ikuti arahan dokter Anda dengan saksama.

Dosis pseudoephedrine dan efek samping pseudoephedrine akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan pseudoephedrine?

Bila Anda mengonsumsi produk nonresep untuk penanganan mandiri, bacalah panduan obat dan Brosur Informasi Pasien yang disediakan apotek, jika ada, sebelum Anda mendapatkan obat ini dan setiap kali Anda membeli ulang. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker.

Jika dokter Anda telah meresepkan pengobatan ini, jalani sebagaimana diarahkan.

Konsumsi obat ini langsung dengan atau tanpa makanan, biasanya setiap 4-6 jam, seperti diarahkan oleh kemasan produk atau oleh dokter Anda. Jangan mengkonsumsi lebih dari 4 dosis dalam sehari. Dosis diberikan berdasarkan usia, kondisi kesehatan, dan respon Anda terhadap terapi. Jangan meningkatkan dosis Anda atau mengkonsumsi obat ini lebih sering dari yang diarahkan. Jangan mengkonsumsi obat ini lebih dari yang direkomendasikan untuk usia Anda.

Bila Anda mengonsumsinya dalam bentuk tablet kunyah, kunyah dengan baik dan telan. Bila Anda mengonsumsi pengobatan ini dalam bentuk cairan, takar dosis dengan menggunakan alat/gelas ukur khusus obat yang tersedia. Jika tidak ada, mintalah sendok/gelas takar khusus pada apoteker Anda. Jangan menggunakan sendok rumahan untuk menghindari pemberian dosis yang tidak tepat.

Pseudoephedrine tersedia di pasaran dalam berbagai merek dan bentuk. Beberapa tablet harus dimakan dengan sejumlah air yang banyak. Periksa kemasan produk Anda untuk arahan yang spesifik. Bacalah instruksi dosis dengan saksama untuk setiap produk sebab jumlah kandungan pseudoephedrine dapat berbeda antara setiap produk. Jangan mengonsumsi pseudoephedrine lebih dari yang direkomendasikan.

 

Kafein dapat meningkatkan efek samping pengobatan ini. Hindari mengonsumsi minuman berkafein (kopi, teh , minuman bersoda) dalam jumlah banyak, memakan coklat dalam jumlah banyak, atau mengonsumsi produk obat nonresep yang mengandung kafein.

Bila gejala Anda tidak membaik dalam 7 hari, memburuk, atau kembali, terserang demam, ruam kulit, sakit kepala, atau jika Anda merasa Anda mungkin menderita gangguan medis serius, segera cari pertolongan medis.

Bagaimana cara penyimpanan pseudoephedrine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis pseudoephedrine untuk orang dewasa?

Dosis umum dewasa untuk hidung tersumbat (pilek)

Immediate release: 30 – 60 mg dikonsumsi tiap 4 hingga 6 jam sebagaimana dibutuhkan.

Sustained release: 120 mg dikonsumsi  tiap 12 jam sebagaimana dibutuhkan..

Sustained release suspension: 45 – 100 mg dikonsumsi tiap 12 jam sebagaimana dibutuhkan.

Dosis maksimum harian: 240 mg/hari.

Bagaimana dosis pseudoephedrine untuk anak-anak?

Dosis umum anak-anak untuk hidung tersumbat (pilek)

Usia 2 – 5 tahun:

Immediate release: 15 mg setiap 6 jam.

Sustained release: 12.5 hingga 25 mg dikonsumsi tiap 12 jam sebagaimana dibutuhkan.

Dosis maksimum harian: 60 mg/hari.

Dosis alternatif: 1 mg/kg/dosis tiap 6 jam, dosis maksimum: 15 mg.

 

Usia 6 – 12 tahun:

Immediate release: 30 mg setiap 6 jam.

Sustained release suspension: 25 hingga 50 mg dikonsumsi tiap 12 jam sebagaimana dibutuhkan.

Dosis maksimum harian: 120 mg/hari.

 

Usia >12 tahun:

Immediate release: 30 – 60 mg dikonsumsi  tiap 4 hingga 6 jam sebagaimana dibutuhkan.

Sustained release: 120 mg dikonsumsi tiap 12 jam sebagaimana dibutuhkan..

Sustained release suspension: 50 – 100 mg dikonsumsi tiap 12 jam sebagaimana dibutuhkan.

Dosis maksimum harian: 240 mg/hari.

Dalam dosis apakah pseudoephedrine tersedia?

  • kapsul 120 mg
  • larutan, diminum: 30 mg/5 mL

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena pseudoephedrine?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Berhenti mengonsumsi pseudoephedrine dan segera hubungi dokter Anda jika Anda mengalami efek samping serius, seperti:

  • detak jantung berdentum, cepat, tidak stabil
  • kegelisahan dan pusing parah
  • berdarah dan memar, kelelahan yang tidak biasa, demam, kedinginan, tidak enak badan, gejala flu
  • tekanan darah meningkat hingga tahap berbahaya (sakit kepala parah, pengelihatan kabur, telinga berdengung, gelisah, bingung, sakit pada dada, gangguan dalam bernafas, detak jantung tidak stabil)

Efek samping yang lebih umum, mencakup:

  • hilang nafsu makan
  • rasa panas, geli, atau kemerahan dibawah kulit Anda
  • merasa semangat atau senang (khususnya pada anak-anak)
  • gangguan tidur (insomnia)
  • ruam kulit atau gatal

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan pseudoephedrine?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-anak

Pseudoephedrine cenderung menyebabkan efek samping untuk bayi, khususnya bayi baru lahir dan bayi prematur, dibandingkan dengan anak-anak yang lebih tua atau orang dewasa

Jangan memberikan obat batuk dan pilek apapun yang dijual bebas untuk bayi atau anak berusia di bawah 4 tahun. Penggunaan obat-obatan ini pada usia sangat muda dapat menyebabkan efek samping serius atau risiko yang mengancam nyawa.

Lansia

Belum ada penelitian yang memadai seputar obat-obatan dan penggunaannya pada kaum lansia. Maka dari itu, tidak dapat diketahui apakah obat tersebut bekerja dengan cara yang sama dengan cara yang sama seperti pada orang dewasa muda ataukah obat tersebut menyebabkan efek samping atau masalah yang berbeda pada orang lanjut usia. Tidak ada informasi khusus yang membandingkan penggunaan pseudoephedrine pada orang lanjut usia dengan penggunaan pada kelompok umur lainnya.

Apakah pseudoephedrine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Penelitian pada wanita menyusui menunjukkan bahwa pengobatan ini memberikan resiko yang minim pada bayi saat dikonsumsi selama masa menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan pseudoephedrine?

Mengonsumsi obat ini dengan obat-obatan berikut tidak direkomendasikan. Dokter Anda mungkin tak akan meresepkan obat ini kepada Anda atau akan mengganti beberapa obat yang sudah Anda konsumsi.

  • Clorgyline
  • Dihydroergotamine
  • Furazolidone
  • Iproniazid
  • Isocarboxazid
  • Linezolid
  • Moclobemide
  • Nialamide
  • Pargyline
  • Phenelzine
  • Procarbazine
  • Rasagiline
  • Selegiline
  • Toloxatone
  • Tranylcypromine

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Guanethidine
  • Iobenguane I 123
  • Methyldopa
  • Midodrine

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan pseudoephedrine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan pseudoephedrine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

    • diabetes mellitus tipe 2—penggunaan pseudoephedrine dapat menyebabkan kenaikan level gula darah
    • prostat membesar
    • glaukoma, atau gejala glaukoma
    • penyakit jantung atau penyakit pembuluh darah
    • tekanan darah tinggi—Pseudoephedrine dapat membuat kondisi kesehatan Anda memburuk
    • hipertiroid— Pseudoephedrine dapat membuat kondisi kesehatan Anda memburuk

 

 

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016