Nama Generik: Diprogenta Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Apa fungsi Diprogenta?

Diprogenta adalah obat yang digunakan untuk meredakan peradangan dan gatal yang berkaitan dengan berbagai penyakit kulit pada pasien yang berusia 13 tahun atau lebih. Kondisi kulit ini termasuk dermatitis atopik, dermatitis alergi, psoriasis plak, dan dermatitis kontak.

Obat ini mengandung agen kortikosteroid anti-inflamasi dan agen antibiotik aminoglikosida (antibakteri).

Bagaimana cara pakai Diprogenta?

Untuk salep, oleskan dengan lembut segaris tipis salep atau krim Diprogenta ke daerah yang terinfeksi.

Untuk lotion Diprogenta,  gunakan dengan lembut ke daerah yang terinfeksi. Lotion tersebut harus dioleskan dengan lembut sampai memudar.

Bagaimana cara menyimpan Diprogenta?

Simpan dalam suhu maksimal 25°C.

Meskipun disimpan di dalam kemasan aslinya dan sesuai anjuran, obat-obatan hanya dapat disimpan selama periode waktu yang terbatas. Perhatikan tanggal kadaluarsa obat ini. Jika Anda ragu, konsultasikan pada apoteker yang memberikan obat tersebut pada Anda. Jangan menyimpan obat-obatan yang berbeda di dalam kemasan yang sama.

Peringatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Apa yang harus saya perhatikan sebelum menggunakan Diprogenta?

Jangan gunakan obat ini jika:

  • Anda sensitif terhadap satupun dari bahan yang terkandung di dalamnya.
  • Untuk kasus infeksi virus (seperti cacar air atau herpes).
  • Tanpa berkonsultasi pada dokter sebelum memulai pengobatan.
  • Anda sedang hamil atau menyusui.
  • Anda pernah atau sedang menderita kerusakan fungsi sistem kekebalan tubuh atau diabetes (selama penggunaan yang berkepanjangan).

Apakah Diprogenta aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan Diprogenta selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan Diprogenta.

Efek Samping

Apa efek samping Diprogenta yang mungkin terjadi?

Selain efek yang diharapkan dari obat, dapat muncul efek samping selama penggunaan obat ini.

Hubungi dokter jika salah satu efek berikut berkelanjutan atau mengganggu Anda: rasa terbakar, gatal, kulit iritasi atau kering, iritasi atau kemerah-merahan di wajah, pertumbuhan rambut yang berlebihan, jerawat, perubahan warna kulit, kulit lebih tipis yang mudah terluka, stretch mark atau tanda-tanda lain di kulit yang tidak ada sebelum penggunaan obat.

Jika Anda mengalami efek samping yang tidak disebutkan dalam panduan ini, atau jika ada perubahan pada kesehatan Anda secara umum, konsultasikan pada dokter Anda.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Diprogenta?

Diprogenta dapat berinteraksi dengan obat lain yang sedang Anda gunakan, sehingga dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Untuk menghindari potensi interaksi obat, Anda harus menyimpan daftar semua obat uang sedang Anda gunakan (termasuk obat yang diresepkan, dijual bebas, dan produk herbal) dan melaporkannya pada dokter dan apoteker. Untuk keamanan Anda, jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis satupun obat tanpa persetujuan dokter Anda.

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Diprogenta?

Diprogenta dapat berinteraksi dengan makanan atau alkohol dengan mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Konsultasikanlah pada dokter atau apoteker mengenai potensi interaksi makanan atau alkohol sebelum menggunakan obat ini.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari Diprogenta?

Diprogenta dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda atau  mengubah cara kerja obat. Penting untuk selalu memberi tahu dokter atau apoteker Anda mengenai semua kondisi kesehatan yang sedang Anda alami.

Dosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda HARUS berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan Diprogenta.

Berapa dosis Diprogenta untuk orang dewasa??

Dosis hanya didasarkan pada petunjuk dokter Anda.

Kecuali jika disarankan oleh dokter Anda, dosis anjuran adalah sebagai berikut:

Oleskan selapis tipis krim/salep untuk memenuhi semua daerah yang terinfeksi, biasanya dua kali sehari, atau sesuai petunjuk dokter. Jangan melebihi dosis yang dianjurkan.

Jika dalam satu minggu tidak ada perkembangan pada kondisi Anda, hubungi dokter Anda kembali.

Kecuali jika disarankan oleh dokter, jangan gunakan pakaian oklusif pada daerah yang bermasalah (popok plastik dianggap sebagai pakaian oklusif).

Berapa dosis Diprogenta untuk anak?

Belum ditetapkan dosis pada pasien anak-anak. Hal ini bisa saja berbahaya untuk anak Anda. Selalu penting untuk sepenuhnya memahani keamanan obat sebelum menggunakannya. Konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda untuk informasi lebih lanjut.

Jangan gunakan obat ini pada bayi dan anak-anak berusia kurang dari 4 tahun selama lebih dari 3 minggu, terutama pada daerah yang tertutup oleh popok.

Dalam bentuk apa saja Diprogenta tersedia?

Diprogenta tersedia dalam bentuk dan kekuatan dosis berikut:

  • Salep Diprogenta
  • Krim Diprogenta

Setiap 1 g salep/krim mengandung: Betamethasone dipropionate 0.64 mg, Gentamicin  1.0 mg (sebagai Sulfate) (setara dengan 0.5 mg Betamethasone).

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada saat gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum/pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, langsung gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016