Bucillamine obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Bucillamine Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa bucillamine?

Bucillamine adalah obat yang digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis, penyakit Wilson, dan kelainan-kelainan tertentu yang menyebabkan batu ginjal (cystinuria). Tak hanya itu, bucillamine adalah jenis obat disease-modifying antirheumatic drug (DMARD) yang berfungsi untuk meredakan nyeri/bengkak pada sendi.

Untuk pengobatan penyakit Wilson, penicillamine mengikat tembaga dan membantu untuk membuangnya dari tubuh. Penurunan tingkat tembaga membantu untuk meningkatkan fungsi hati dan masalah kejiwaan/mood/saraf (seperti kebingungan, kesulitan berbicara/berjalan) yang disebabkan oleh penyakit. Sementara, untuk pengobatan cystinuria, fungsi bucillamine adalah untuk membantu menurunkan jumlah zat tertentu (cystine) dalam urine yang dapat menyebabkan batu ginjal.

KEGUNAAN LAIN: Bagian ini memuat penggunaan obat ini yang tidak tercantum dalam label yang sudah disetujui, namun mungkin saja diresepkan oleh ahli kesehatan Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tercantum di bawah hanya jika sudah diresepkan oleh dokter dan ahli kesehatan Anda.

Fungsi lain dari bucillamine adalah untuk mengobati keracunan.

Bagaimana cara penggunaan bucillamine?

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Minum obat ini dalam keadaan perut kosong (1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan) sesuai petunjuk dari dokter Anda. Minum obat ini setidaknya 1 jam terpisah dari obat lain (terutama obat asam lambung), susu, atau makanan. Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis dan respon terhadap pengobatan.

Minum obat ini secara teratur untuk mendapatkan hasil optimal. Untuk membantu Anda mengingat, minum pada waktu yang sama setiap hari.

Dokter Anda juga akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi vitamin B6 (pyridoxine) dan zat besi. Ikuti instruksi dokter Anda secara hati-hati. Bila Anda perlu mengonsumsi zat besi atau produk lain yang mengandung mineral (seperti zinc), minum setidaknya 2 jam sebelum atau sesudah meminum Bucillamine. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan produk lain yang mengandung mineral karena mereka bisa menghalangi penyerapan Bucillamine. Untuk pengobatan rheumatoid arthritis, dibutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 bulan sebelum terlihat adanya peningkatan pada kondisi Anda.

Untuk pengobatan penyakit Wilson, ikuti rekomendasi asupan gizi yang diberikan dokter Anda untuk mendapatkan manfaat optimal dari obat ini. Kondisi Anda bisa tidak membaik selama 1 sampai 3 bulan dan bisa bertambah buruk saat Anda memulai pengobatan ini. Beri tahu dokter Anda segera jika kondisi Anda bertambah buruk setelah sebulan pengobatan.

Untuk pengobatan cystinuria, ikuti rekomendasi gizi yang diberikan dokter Anda untuk mendapatkan manfaat optimal dari obat ini. Minum cukup air kecuali dokter menyarankan sebaliknya. Beri tahu dokter Anda bila kondisi Anda tidak membaik atau bertambah buruk.

Bagaimana cara penyimpanan bucillamine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis bucillamine untuk orang dewasa?

Untuk orang dewasa yang memiliki rheumatoid arthritis, maka dosis bucillamine adalah sebesar 100 mg/hari

Bagaimana dosis bucillamine untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan.  Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena bucillamine?

Efek samping umum mungkin muncul saat penggunaan bucillamine adalah sakit perut, mual/muntah-muntah, kehilangan nafsu makan, diare, dan penurunan indera perasa.

Sementara itu, bisa saja muncul efek samping serius, sehingga harus memanggil bantuan medis atau hubungi dokter. Efek samping serius dari bucillamine adalah sebagai berikut:

  • Reaksi alergi (napas pendek, tenggorokan tercekik, kesulitan bernapas, pembengkakan pada bibir Anda, wajah, atau tenggorokan atau gatal-gatal)
  • Demam atau menggigil
  • Sakit tenggorokan
  • Perdarahan yang tidak biasa atau luka
  • Darah pada urine
  • Napas pendek tanpa sebab, batuk-batuk, atau bersin
  • Sakit perut
  • Kulit atau mata menguning (sakit kuning/jaundice
  • Otot lemas
  • Penglihatan ganda

Efek samping yang tidak terlalu serius cenderung terjadi. Lanjutkan pemakaian Bucillamine dan beri tahu dokter Anda bila Anda mengalami:

  • Gatal-gatal atau ruam
  • Mual, muntah-muntah, diare atau penurunan nafsu makan
  • Dengung dalam telinga
  • Penurunan indera perasa
  • Sakit pada mulut
  • luka lambat sembuh, atau
  • bertambahnya keriput pada kulit

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan bucillamine?

Hal yang harus Anda lakukan sebelum menggunakan bucillamine adalah memberi tahu dokter atau apoteker bila Anda alergi terhadap obat ini, atau penicillin, atau bila Anda memiliki alergi lainnya. Produk ini bisa mengandung bahan inaktif, yang dapat mengakibatkan reaksi alergi atau masalah lainnya. Bicarakan dengan apoteker Anda untuk lebih rinci.

Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter atau apoteker riwayat medis Anda, terutama reaksi berat sebelumnya terhadap Bucillamine (seperti, aplastic anemia,agranulocytosis), penyakit ginjal, kelainan darah atau tulang sumsum (seperti thrombocytopenia).

Sebelum melakukan operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/nonresep, dan produk herbal).

Apakah bucillamine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Tidak ada penelitian yang memadai pada wanita dalam menentukan risiko terhadap bayi ketika menggunakan obat ini selama menyusui. Pertimbangkan manfaat yang akan diperoleh terhadap risikonya sebelum menggunakan obat ini selama menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan bucillamine?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Ketika Anda menggunakan obat ini, penting bagi dokter Anda untuk mengetahui apabila Anda menggunakan salah satu obat dalam daftar berikut.

Mengonsumsi obat ini dengan obat-obatan berikut tidak direkomendasikan. Dokter Anda mungkin tak akan meresepkan obat ini kepada Anda atau akan mengganti beberapa obat yang sudah Anda konsumsi.

  • Aurothioglucose

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Auranofin
  • Gold Sodium Thiomalate

Mengonsumsi obat ini dengan obat di bawah ini dapat meningkatkan risiko efek sampingnya, namun pada beberapa kasus, kombinasi dua obat ini mungkin merupakan pengobatan terbaik. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Zat besi

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan bucillamine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan bucillamine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Kondisi kesehatan yang harus diberitahukan pada dokter ketika Anda akan menggunakan bucillamine adalah:

  • memiliki riwayat penyakit darah yang disebabkan oleh pengobatan Bucillamine
  • memiliki riwayat penyakit ginjal (hanya pada pasien dengan rheumatoid arthritis) —risiko terkena efek samping bisa meningkat.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: April 4, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca