home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Untuk Apa Obat Methylprednisolone Digunakan?

Untuk Apa Obat Methylprednisolone Digunakan?

Methylprednisolone adalah obat resep. Obat methylprednisolone umum diresepkan dokter dalam bentuk tablet yang ditelan lewat mulut. Obat ini juga tersedia dalam bentuk sediaan cair (suspensi atau larutan) yang diberikan sebagai suntikan hanya oleh tenaga penyedia layanan kesehatan. Obat methylprednisolone juga tersedia dalam versi generik.

Apa fungsi obat methylprednisolone?

Obat methylprednisolone adalah obat golongan steroid yang bekerja mengendalikan pelepasan zat penyebab peradangan dalam tubuh dengan cara menekan sistem kekebalan tubuh. Methylprednisolone digunakan untuk mengurangi gejala pembengkakan, rasa nyeri, dan reaksi alergi. Methylprednisolone umum digunakan untuk mengendalikan reaksi alergi parah yang tidak dapat dikendalikan dengan pengobatan lainnya, misalnya alergi musiman, alergi sepanjang tahun, atau reaksi alergi terhadap obat lain.

Obat methylprednisolone juga berfungsi untuk mengobati berbagai kondisi yang terkait dengan peradangan, termasuk arthritis, rematik, lupus, psoriasis, ulcerative colitis, gangguan kelenjar endokrin, gangguan saraf, penyakit mata, penyakit kulit/ginjal/usus/paru-paru, kelainan darah, hingga gangguan sistem imun tubuh. Obat methylprednisolone juga biasa digunakan dalam pengobatan beberapa jenis kanker tertentu.Selain itu, methylprednisolone bisa digunakan dengan obat-obatan lain untuk terapi kelainan hormon.

Konsumsi methylprednisolone melalui mulut sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang diarahkan oleh dokter. Methylprednisolone bisa diminum dengan atau tanpa makanan. Jika Anda mengalami sakit perut setelah minum obat, sebaiknya konsumsi obat ini bersama makanan atau setelah makan untuk mengurangi iritasi lambung.

Periksa label kemasan obat untuk instruksi dosis yang tepat. Ikuti petunjuk dosis Anda hati-hati. Dosis dan lamanya pengobatan didasarkan pada kondisi medis dan respon Anda terhadap pengobatan.

Jangan gunakan obat methylprednisolone, jika…

Anda tidak disarankan untuk menggunakan obat methylprednisolone jika Anda memiliki infeksi jamur di mana saja di tubuh Anda. Methylprednisolone dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk tertular infeksi atau memburuknya infeksi yang sedang Anda miliki atau jika Anda baru saja sembuh dari infeksi.

Jangan pula menerima vaksin “hidup” saat menggunakan methylprednisolone. Vaksin mungkin tidak bekerja dengan baik selama waktu ini, dan mungkin bisa tidak sepenuhnya melindungi Anda dari penyakit.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan methylprednisolone, beri tahu dokter Anda tentang semua kondisi medis Anda, dan tentang semua obat-obatan lain yang sedang/baru saja Anda gunakan. Ada banyak penyakit lain yang dapat dipengaruhi oleh penggunaan steroid, dan banyak obat-obatan lain yang dapat mempengaruhi kemanjuran obat ini.

Obat methylprednisolone juga dapat digunakan untuk tujuan pengobatan lain yang tidak tercantum dalam artikel ini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Methylprednisolone, Oral Tablet http://www.healthline.com/drugs/methylprednisolone/oral-tablet#Highlights1 accessed Jan 30 2017

Methylprednisolone http://www.webmd.com/drugs/2/drug-6470/methylprednisolone-oral/details accessed Jan 30 2017

Methylprednisolone https://www.drugs.com/methylprednisolone.html accessed Jan 30 2017

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ajeng Quamila Diperbarui 19/07/2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team