home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Resep Olahan Ubi Jalar yang Sehat dan Mudah Dibuat

Resep Olahan Ubi Jalar yang Sehat dan Mudah Dibuat

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan ubi jalar. Makanan jenis umbi-umbian ini memiliki tekstur lembut serta mengandung beragam nutrisi yang baik bagi tubuh. Rasanya yang manis pun membuat banyak orang mengolah makanan ini menjadi camilan yang sehat. Apa saja resep camilan sehat yang bisa dibuat dari ubi jalar? Seberapa banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya?

Resep sehat ubi jalar yang dapat Anda coba

Ubi jalar memiliki ragam jenis, sesuai dengan warnanya. Dalam Data Komposisi Pangan Indonesia yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan, beberapa jenis ubi jalar yaitu ubi jalar manis, ubi jalar merah, ubi jalar putih, dan ubi jalar tinta/kemayung, dan ubi jalar kuning.

Secara umum, ubi jalar pun memiliki serat, vitamin, dan mineral yang baik bagi tubuh sehingga kerap dijadikan resep sehat bagi banyak orang. Berikut adalah daftar nutrisi yang terkandung dalam 100 gram ubi jalar.

  • Kalori : 151 kkal
  • Karbohidrat : 35,4 gram
  • Protein : 1,6 gram
  • Lemak : 0,3 gram
  • Serat : 0,7 gram
  • Vitamin C : 10,5 mg
  • Zat besi : 0,7 mg
  • Kalsium : 29 mg

Ada berbagai manfaat ubi jalar untuk kesehatan, termasuk mengurangi risiko terkena berbagai penyakit, seperti diabetes, kanker, atau penyakit jantung. Untuk dapat merasakan manfaat sehat dan nikmatnya ubi jalar, berikut resep ubi jalar yang bisa Anda praktikkan di rumah:

1. Klepon ubi jalar

klepon ubi jalar
sumber: selerasa.com

Klepon merupakan kue khas tradisional Indonesia. Teksturnya lembut dan berisi gula merah di dalamnya membuat makanan ini digemari oleh banyak orang. Camilan ini diproses dengan cara dikukus sehingga sehat. Berikut resep sehat klepon ubi jalar.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 200 gram ubi jalar jenis apa saja
  • 200 gram tepung ketan
  • Sejumput garam
  • 100 ml air hangat

Bahan-bahan pelengkap:

  • Gula merah secukupnya, dipotong-potong halus untuk isian klepon.
  • Kelapa parut secukupnya, dikukus terlebih dahulu.

Cara membuat:

  1. Kupas ubi jalar, cuci bersih, lalu potong kecil-kecil, dan kukus hingga matang. Setelah matang, letakkan di tempat yang berbeda dan haluskan ubi dengan bantuan sendok atau garpu.
  2. Campur ubi kukus yang sudah hancur dengan tepung ketan. Tuangkan air sedikit demi sedikit dan uleni hingga kalis dan bisa dibentuk.
  3. Untuk membentuk bola, ambil sedikit adonan klepon, pipihkan, dan masukkan gula merah di atasnya. Lalu bentuk adonan menjadi bola dengan gula merah di dalamnya.
  4. Lakukan hal yang sama hingga adonan dan gula habis.
  5. Rebus air hingga mendidih. Setelah mendidih masukkan bola-bola ubi dan tunggu hingga mengapung. Bola ubi yang mengapung pertanda sudah matang.
  6. Kemudian angkat dan tiriskan bola ubi yang sudah matang tersebut. Lalu gulingkan di atas kelapa parut yang sudah dikukus.
  7. Letakkan klepon di atas piring. Resep sehat klepon ubi jalar siap disajikan.

 

2. Stik Ubi Jalar Panggang

stik ubi jalar panggang
sumber: orlandodietitian.com

Ubi jalar panggang bentuknya seperti kentang goreng dari restoran cepat saji, tetapi lebih sehat karena tidak melalui proses penggorengan. Nutrisi yang terkandung di dalamnya pun tetap terjaga dengan proses pemanggangan tersebut. Berikut ini resep sehat stik ubi jalar panggang.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah ubi jalar ukuran besar (Bila ubi jalar berukuran sedang/kecil bisa ditambah jumlahnya)
  • 1 1/2 sdt jintan halus
  • 1/4 sdt bubuk bawang putih
  • 1/2 sdt lada hitam halus
  • 1/4 sdt bubuk cabe
  • 1 sdm EVOO (extra virgin olove oil)

Cara membuat:

  1. Panaskan oven/pemanggang hingga 220 derajat. Sambil menunggu panas, kupas ubi jalar lalu cuci hingga bersih. Potong-potong ubi jalar memanjang atau berbentuk stik.
  2. Di wadah yang besar, campurkan jintan halus, bubuk bawang putih, lada hitam halus, bubuk cabe, dengan EVOO.
  3. Masukkan potongan ubi jalar ke dalam wadah dan lumuri ubi jalar dengan bumbu yang sudah dicampur tersebut. Anda pun bisa menggunakan plastik besar untuk mencampurkan bumbu dengan potongan ubi jalar, dengan cara dikocok.
  4. Letakkan potongan ubi jalar yang sudah dibumbui di atas loyang panggang.
  5. Lalu panggang ubi jalar tersebut selama 20 menit.
  6. Balik ubi ke sisi lain dan panggang kembali selama 15 menit atau lebih hingga ubi berwarna kecoklatan dan menjadi garing/renyah.
  7. Setelah matang, letakkan di atas piring. Resep sehat stik ubi jalar panggang siap dihidangkan.
health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Pangannusantara.bkp.pertanian.go.id. 2020. Pangan Lokal – Informasi Gizi. [online] Available at: <http://pangannusantara.bkp.pertanian.go.id/?show=page&act=view&id=16> [Accessed 19 March 2020].

Healthline. 2020. 6 Surprising Health Benefits Of Sweet Potatoes. [online] Available at: <https://www.healthline.com/nutrition/sweet-potato-benefits#section3> [Accessed 19 March 2020].

Medicalnewstoday.com. 2020. Sweet Potatoes: Health Benefits And Nutritional Information. [online] Available at: <https://www.medicalnewstoday.com/articles/281438#benefits> [Accessed 19 March 2020].

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x