home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Minuman Segar Pelepas Dahaga yang Lebih Sehat Daripada Minuman Kaleng

3 Minuman Segar Pelepas Dahaga yang Lebih Sehat Daripada Minuman Kaleng

Minuman kaleng mungkin sudah menjadi salah satu pilihan minuman favorit Anda untuk melepas dahaga. Eits… Tunggu dulu. Minuman kaleng dapat membahayakan kesehatan Anda — mulai dari risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga obesitas dan diabetes mellitus tipe 2. Belum lagi bahaya kandungan BPA di kemasan kalengnya yang dapat meningkatkan tekanan darah. Sebagai gantinya, kenapa tidak racik sendiri saja minuman segar versi yang lebih sehat, dan taruh di termos dingin supaya bisa lebih menghemat biaya dan ramah lingkungan? Contek resepnya di sini!

Resep minuman segar pelepas dahaga yang lebih sehat daripada minuman beli jadi

1. Es lemon tea dengan delima merah (pomegranate)

Teh itu sendiri selain menyegarkan, juga dipersenjatai dengan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Teh hijau maupun teh hitam, misalnya, mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung, stroke dan osteoporosis. Teh chamomile bahkan bermanfaat untuk meredakan stres dan meringankan nyeri haid.

Nah, Anda bisa mengkreasikan pilihan teh favorit Anda dengan air perasan jeruk lemon dan pipilan buah delima merah segar yang ditambah es batu. Buah delima merah atau yang disebut pomegranate dalam bahasa inggris tidak hanya akan membuat es teh lemon Anda semakin segar, namun juga menyediakan kebaikan untuk jantung.

Selain manfaatnya untuk jantung, ternyata buah delima juga bermanfaat untuk kanker prostat. Sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2006 menemukan bahwa dengan minum segelas jus buah delima, akan menurunkan secara signifikan progres kanker prostat bagi mereka dengan kanker prostat.

2. Ginger Ale

Kalau Indonesia punya versi hangatnya yang disebut wedang jahe, versi minuman segar nan dinginnya berasal dari Inggris. “Wedang” jahe dingin ini dikenal dengan nama ginger ale, yang biasanya bersoda. Minuman ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang suka sekali minum minuman bersoda.

Cara membuatnya cukup mudah. Rebus air dan masukkan jahe serta gula. Aduk hingga gulanya larut. Tunggu dingin dan masukkan air soda tawar dan es batu. Minuman segar ginger ale milik Anda pun siap dikonsumsi.

Jahe sudah dikenal sebagai rempah dengan banyak manfaat. Jahe diketahui punya zat aktif yang diyakini mampu mengobati berbagai penyakit pencernaan, misalnya iritasi pada lambung dan usus. Jahe juga merangsang produksi air liur, produksi empedu, hingga mendorong konstraksi pada otot lambung sehingga melancarkan pencernaan.

Selain itu, jahe sudah dikenal bisa mengurangi perasaan mual dan mengendalikan nafsu makanmengendalikan nafsu makan. Bahkan, ada sebuah riset dari Universitas Georgia yang berhasil membuktikan bahwa jahe juga bisa mengurangi rasa sakit. Riset yang melibatkan 74 orang ini berhasil mengurangi sakit pada otot akibat berolahraga sebesar 25%. Jahe juga terbukti mampu mengurangi rasa sakit menstruasi.

3. Jus buah tropikal

Berbagai jenis buah punya kandungan dan manfaat yang berbeda. Untuk mendapatkan semuanya, pernahkah Anda membuat jus buah campuran? Tentu ini bisa jadi alternatif yang baik di kala kesibukan Anda.

Anda hanya butuh beberapa bahan yang semuanya tinggal dimasukkan ke blender. Bahan tersebut adalah beberapa iris buah mangga, beberapa iris buah pisang, yoghurt dan susu satu gelas. Akan lebih baik jika susunya merupakan susu rendah lemak. Campurkan semua bahan dan blender secukupnya. Akan lebih segar jika ditambahkan sedikit es.

Nutrisi yang Anda akan dapatkan dari minuman segar ini adalah vitamin C. Selain itu, kalori yang dihasilkan pun cukup rendah, hanya sebesar 98 kalori. Anda juga akan mendapatkan tambahan 138 mg kalsium dan 49 mg kalium. Selain mendapatkan kesegaran, Anda akan mendapatkan energi untuk menjalani hari Anda yang padat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

http://www.nhs.uk/Livewell/superfoods/Pages/is-pomegranate-a-superfood.aspx

http://www.health.com/health/gallery/0,,20388773,00.html#hibiscus-iced-tea-with-peaches-0

Is Ginger Ale Soda Good for You

http://www.medicalnewstoday.com/articles/265990.php

http://www.eatingwell.com/recipe/259934/tropical-fruit-smoothies/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Fauzan Budi Prasetya
Tanggal diperbarui 13/09/2017
x