home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Jenis Makanan yang Paling Sering Jadi Penyebab Wasir

3 Jenis Makanan yang Paling Sering Jadi Penyebab Wasir

Wasir alias ambeien terjadi ketika pembuluh darah di sekitar anus meradang hingga akhirnya bengkak. Wasir umumnya disebabkan oleh peningkatan tekanan di rektum bagian bawah, misalnya setelah duduk terlalu lama, mengejan saat BAB terlalu keras, hingga faktor usia. Kenyataannya tidak ada yang termasuk sebagai makanan penyebab ambeien, namun makanan-makanan ini dapat menyebabkan wasir yang sudah Anda alami terasa makin parah atau malah gampang kambuh di kemudian hari. Apa saja?

Makanan penyebab ambeien yang sebaiknya dibatasi
makanan berlemak dan kolesterol

Makanan rendah serat

Makanan rendah serat secara tidak langsung dapat mempercepat terjadinya wasir atau membuat kondisinya semakin parah. Kurang makan serat membuat Anda sembelit. Nah, orang yang sembelit berisiko lebih besar mengalami wasir.

Maka itu, kurangi makanan rendah serat seperti contoh berikut ini:

  • Roti putih.
  • Nasi putih.
  • Margarin, mentega, minyak.
  • Daging sapi, daging ikan, telur.
  • Wafel.
  • Susu, keju.
  • Permen.
  • Kue
  • Pasta

Makanan berlemak

Makanan berlemak dicerna lebih lama oleh perut daripada jenis makanan lainnya. Semakin lama makanan tersebut dicerna, akan semakin mengeras di dalam perut sebelum akhirnya bisa dikeluarkan. Itu kenapa kebanyakan makanan berlemak berisiko lebih tinggi menyebabkan sakit perut, nyeri ulu hati, serta wasir.

Untuk mencegah dan tidak memperparah wasir Anda, kurangi makanan yang digoreng seperti kentang goreng serta sosis dan chicken nugget atau jajanan gorengan pinggir jalanan. Kurangi juga penggunaan minyak dan mentega, serta produk susu yang tinggi lemak. Pilihlah susu dan produk susu yang rendah lemak.

Makanan pedas

Makanan pedas dapat mengiritasi lambung dan memperburuk masalah pencernaan, seperti sembelit atau diare berlebihan yang kemudian dapat memicu wasir.

Perbanyak makanan berserat untuk mencegah wasir

berbagai jenis makanan tinggi serat

Untuk mencegah ambeien dan menjaganya agar tidak cepat kambuh, sebaiknya perbanyak makanan kaya serat. Contohnya seperti kacang-kacangan, sayur, buah. Selain itu, Anda dapat memilih karbohidrat yang tinggi serat seperti nasi merah, roti gandum, sereal berserat tinggi dan oatmeal.

Peningkatan jumlah makanan kaya serat ini harus diiringi dengan minum air putih yang cukup. Sebab, tingginya serat yang Anda makan dapat memicu terjadinya penumpukan gas di dalam perut yang bisa jadi masalah baru lagi.

Makan makanan kaya serat dan minum air putih minimal 8 gelas per hari adalah cara praktis untuk menjauhkan Anda dari ambeien.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Schuna Carly. 2017. Foods to Avoid for Hemorrhoids. [Online] Tersedia pada: https://www.livestrong.com/article/334014-foods-to-avoid-for-hemorrhoids/ (Diakses 14 November 2018)

WebMD. 2018. Best and Worst Foods for Hemorrhoids. [Online] Tersedia pada: https://www.webmd.com/digestive-disorders/best-worst-foods-hemorrhoids#1 (Diakses 14 November 2018)


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 16/10/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x