home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Ini Risikonya Kalau Orang Dewasa Minum Susu Kental Manis Tiap Hari

Ini Risikonya Kalau Orang Dewasa Minum Susu Kental Manis Tiap Hari

Masih ingat dengan kabar susu kental manis yang ternyata bukan susu? Baru-baru ini susu kental manis tampaknya menjadi topik perbincangan banyak orang. Banyak orang salah kaprah mengenai susu kental manis itu sendiri. Adanya kabar susu kental manis yang ternyata bukan susu membuat banyak orang mungkin mengurungkan niatnya untuk minum susu kental manis lagi. Sebenarnya apa, sih, yang akan terjadi kalau orang dewasa minum susu kental manis setiap hari? Adakah bahayanya? Simak ulasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya!

Sebenarnya susu kental manis itu apa, sih?

Susu kental manis yang sudah banyak beredar di masyarakat selama ini umumnya digunakan sebagai topping atau campuran dalam makanan dan minuman, bahkan beberapa masyarakat juga mengonsumsinya setiap hari dan memberinya untuk anak.

Padahal, tidak sama seperti susu bernutrisi atau susu pertumbuhan, susu kental manis lebih banyak mengandung gula dibandingkan lemak dan protein yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan menambah asupan gizi.

Dikutip dari laman Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI, susu kental manis merupakan salah satu jenis susu yang mengandung kadar lemak susu setidaknya 8 persen dan kadar protein sekitar 6,5 persen.

Susu kental manis diproduksi ketika susu manis dibuang airnya menjadi setengah volumenya (dikondensasi). Gula sengaja ditambahkan di awal maupun selama proses kondensasi ini sebagai pengawet. Kandungan gula yang tinggi selama proses produksi dapat meningkatkan tekanan osmotik sehingga sebagian mikroorganisme dalam susu bisa mati.

minum susu kental manis

Apa jadinya kalau orang dewasa minum susu kental manis?

Susu kental manis umumnya mengandung tidak kurang dari 28% padatan susu dan 8% lemak susu. Selain itu, juga mengandung gula tambahan, dekstrosa, glukosa, dan laktosa dalam berbagai kombinasi. Tak ketinggalan, untuk meningkatkan nilai gizinya, tak jarang susu kental manis ditambahkan vitamin D dan vitamin A.

Walaupun juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, bukan berarti susu kental manis bisa dikonsumsi setiap hari untuk membantu meningkatkan asupan gizi orang dewasa. Ingat, susu kental manis tidak sama dan bukan pengganti susu sapi biasa yang lebih padat gizi.

Itulah mengapa orang dewasa sebenarnya tidak disarankan untuk minum susu kental manis setiap hari. Mengingat kandungan gula yang cukup tinggi dalam susu kental manis, konsumsi susu kental manis setiap hari mungkin bisa menyebabkan berat badan naik dan meningkatkan risiko diabetes. Kandungan gula dalam susu kental manis dapat menyumbang gula berlebih bagi tubuh.

Lagipula, walaupun umumnya mengandung vitamin D dan vitamin A, tapi susu kental manis tetap tidak bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi harian orang dewasa.

Susu kental manis lebih cocok dikonsumsi sebagai makanan atau minuman yang sifatnya tidak pokok atau sebagai pelengkap makanan. Misalnya sebagai pemanis kopi, seperti yang diutarakan oleh Kirana Pritasari, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

(2018). Penjelasan BPOM RI Tentang Susu Kental Manis (SKM). Badan Pengawas Obat dan Makanan – Republik Indonesia. [online] Available at: https://www.pom.go.id/new/view/more/klarifikasi/87/PENJELASAN-BPOM-RI–TENTANG–SUSU-KENTAL-MANIS–SKM-.html [Accessed 19 Aug. 2018].

(2018). Susu Kental Manis Bukan untuk Dikonsumsi Setiap Hari. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. [online] Available at: http://www.depkes.go.id/article/view/18070600004/susu-kental-manis-bukan-untuk-dikonsumsi-setiap-hari-.html [Accessed 19 Aug. 2018].

Widyawati. (2018). Kemenkes: Kental Manis Bukan Kategori Produk Susu Bernutrisi. [online] Available at: http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20180704/4826370/kemenkes-kental-manis-bukan-kategori-produk-susu-bernutrisi/ [Accessed 19 Aug. 2018].

(2017). Sweet and Condensed Milk. [online] Available at: http://www.milkingredients.ca/index-eng.php?id=193 [Accessed 19 Aug. 2018].


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Arinda Veratamala, S.Gz Diperbarui 18/12/2020