Ini Risikonya Kalau Orang Dewasa Minum Susu Kental Manis Tiap Hari

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Masih ingat dengan kabar susu kental manis yang ternyata bukan susu? Baru-baru ini susu kental manis tampaknya menjadi topik perbincangan banyak orang. Banyak orang salah kaprah mengenai susu kental manis itu sendiri. Adanya kabar susu kental manis yang ternyata bukan susu membuat banyak orang mungkin mengurungkan niatnya untuk minum susu kental manis lagi. Sebenarnya apa, sih, yang akan terjadi kalau orang dewasa minum susu kental manis setiap hari? Adakah bahayanya? Simak ulasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya!

Sebenarnya susu kental manis itu apa, sih?

Susu kental manis yang sudah banyak beredar di masyarakat selama ini umumnya digunakan sebagai topping atau campuran dalam makanan dan minuman, bahkan beberapa masyarakat juga mengonsumsinya setiap hari dan memberinya untuk anak.

Padahal, tidak sama seperti susu bernutrisi atau susu pertumbuhan, susu kental manis lebih banyak mengandung gula dibandingkan lemak dan protein yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan menambah asupan gizi.

Dikutip dari laman Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI, susu kental manis merupakan salah satu jenis susu yang mengandung kadar lemak susu setidaknya 8 persen dan kadar protein sekitar 6,5 persen.

Susu kental manis diproduksi ketika susu manis dibuang airnya menjadi setengah volumenya (dikondensasi). Gula sengaja ditambahkan di awal maupun selama proses kondensasi ini sebagai pengawet. Kandungan gula yang tinggi selama proses produksi dapat meningkatkan tekanan osmotik sehingga sebagian mikroorganisme dalam susu bisa mati.

minum susu kental manis

Apa jadinya kalau orang dewasa minum susu kental manis?

Susu kental manis umumnya mengandung tidak kurang dari 28% padatan susu dan 8% lemak susu. Selain itu, juga mengandung gula tambahan, dekstrosa, glukosa, dan laktosa dalam berbagai kombinasi. Tak ketinggalan, untuk meningkatkan nilai gizinya, tak jarang susu kental manis ditambahkan vitamin D dan vitamin A.

Walaupun juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, bukan berarti susu kental manis bisa dikonsumsi setiap hari untuk membantu meningkatkan asupan gizi orang dewasa. Ingat, susu kental manis tidak sama dan bukan pengganti susu sapi biasa yang lebih padat gizi.

Itulah mengapa orang dewasa sebenarnya tidak disarankan untuk minum susu kental manis setiap hari. Mengingat kandungan gula yang cukup tinggi dalam susu kental manis, konsumsi susu kental manis setiap hari mungkin bisa menyebabkan berat badan naik dan meningkatkan risiko diabetes. Kandungan gula dalam susu kental manis dapat menyumbang gula berlebih bagi tubuh.

Lagipula, walaupun umumnya mengandung vitamin D dan vitamin A, tapi susu kental manis tetap tidak bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi harian orang dewasa.

Susu kental manis lebih cocok dikonsumsi sebagai makanan atau minuman yang sifatnya tidak pokok atau sebagai pelengkap makanan. Misalnya sebagai pemanis kopi, seperti yang diutarakan oleh Kirana Pritasari, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Was this article helpful for you ?
Sumber

Artikel dari ahli Arinda Veratamala, S.Gz

4 Manfaat Minyak Hati Ikan Kod Bagi Kesehatan Anak

Berbagai cara tentu dilakukan ibu untuk mendukung pertumbuhan anaknya. Salah satunya yaitu dengan memberikan minyak hati ikan kod. Apa manfaatnya?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala, S.Gz
minyak hati ikan kod

9 Penyakit Infeksi pada Anak yang Rentan Menyerang

Penyakit infeksi pada anak cukup mengkhawatirkan karena bisa mengganggu tumbuh kembang. Lantas, apa saja penyakit infeksi yang sering dialami anak?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala, S.Gz
penyakit infeksi pada anak

Zat Besi Sangat Penting Bagi Bayi, Berapa Banyak yang Dibutuhkannya?

Saat bayi menginjak usia 6 bulan, ASI saja sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan zat besi bayi. Nah, jika terjadi kekurangan zat besi, apa sih dampaknya?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala, S.Gz
kebutuhan zat besi bayi
Bayi, Gizi Bayi, Parenting 12 Juni 2019

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Lansia Masih Perlu Minum Susu? Berapa Banyak yang Dibutuhkan?

Minum susu biasanya dianjurkan untuk anak-anak. Lalu, jika sudah lanjut usia, apakah masih perlu minum susu? Berapa banyak susu yang harus diminum?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Diet Susu Dinilai Dapat Menurunkan Risiko Diabetes dan Hipertensi

Hampir semua orang menyukai susu dan produk olahannya karena menawarkan segudang manfaat. Bahkan, diet tinggi susu disebut turunkan risiko diabetes.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Diet, Nutrisi 7 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Cara Memilih Susu Soya yang Tepat untuk Kebutuhan Anak

Susu soya dapat menjadi sumber nutrisi anak. Namun, tetap teliti sebelum memilih susu soya untuk anak dan lakukan tips berikut ini.

Ditulis oleh: Roby Rizki
Anak 1-5 Tahun, Gizi Balita, Parenting 3 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Mana yang Lebih Sehat, Susu Hangat atau Susu Dingin?

Susu dipenuhi nutrisi yang tentunya memberi banyak manfaat bagi tubuh. Namun, mana yang lebih sehat, susu hangat atau susu dingin?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Fakta Gizi, Nutrisi 3 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

waktu terbaik minum susu

Minum Susu, Lebih Baik Sebelum Atau Sesudah Makan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 6 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
beda susu sapi atau susu kambing

Mana yang Lebih Sehat, Minum Susu Kambing Atau Susu Sapi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
sarapan minum susu

Hanya Minum Susu untuk Sarapan, Sehatkah Kebiasaan Ini?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 22 November 2020 . Waktu baca 4 menit
susu anak

9 Jenis Susu Anak dan Tips Memilihnya Sesuai Kebutuhan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 November 2020 . Waktu baca 12 menit