backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Berikut Manfaat Minuman Energi untuk Kamu yang Hobi Olahraga

Ditulis oleh dr. Andhika Raspati, Sp.KO · Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi · None


Tanggal diperbarui 14/10/2022

Berikut Manfaat Minuman Energi untuk Kamu yang Hobi Olahraga

Memiliki hobi berolahraga merupakan salah satu kebiasaan baik yang dapat membantu kebugaran tubuh tetap terjaga sepanjang hari. Demi mendapatkan hasil dan manfaatnya secara maksimal, mengonsumsi minuman energi sebelum olahraga sering kali jadi pilihan agar performa olahraga meningkat. Namun, kira-kira, apa saja ya manfaat minuman energi bagi tubuh, khususnya sebelum dan setelah berolahraga? Yuk, simak penjelasannya bersama!

Kondisi tubuh saat berolahraga

Saat berolahraga, energi yang dilepaskan tubuh tergantung dari seberapa berat olahraganya. Semakin tinggi intensitasnya maka energinya juga akan semakin banyak terkuras.

Energi yang dikeluarkan ini bergantung dengan ukuran tubuh seseorang, durasi latihan, dan juga intensitas latihannya. Saat berolahraga, ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh, antara lain:

  • peningkatan denyut jantung,
  • peningkatan laju napas,
  • kontraksi otot berulang, dan
  • metabolisme energi yang meningkat.
  • Karena tubuh setiap orang berbeda, maka berbagai kondisi ini pun tak sama pada tiap orangnya.

    Pentingnya asupan nutrisi yang tepat sebelum dan setelah berolahraga

    Pada umumnya, durasi maksimal orang awam untuk berolahraga berada di kisaran waktu 60-90 menit. 

    Untuk olahraga yang sifatnya panjang dan cukup berat, seperti lari jarak jauh atau sepeda jarak jauh, tubuh membutuhkan asupan energi yang lebih banyak. 

    Kegiatan olahraga yang cukup berat akan mengakibatkan terkurasnya cairan tubuh karena keluar lewat keringat.

    Untuk mengurangi efek samping yang mungkin terjadi, penuhi kebutuhan nutrisi sebelum dan setelah berolahraga.

    Tak hanya dari makanan, asupan nutrisi ini juga bisa didapat dari minuman, salah satunya minuman energi. Minuman energi ini bisa Anda konsumsi baik sebelum atau setelah olahraga.

    Tips memilih minuman energi untuk aktivitas olahraga 

    Pada dasarnya banyak jenis – jenis minuman energi yang beredar di masyarakat. Agar kebutuhan nutrisi terpenuhi, pilih minuman energi yang mengandung komposisi seperti taurin, vitamin B kompleks, dan inositol.

    Taurin berfungsi untuk meningkatkan kinerja dan kapasitas otot, Vitamin B kompleks berfungsi untuk meningkatkan stamina dan mencegah kelelahan otot. 

    Sementara itu, Inositol membantu mengoptimalkan pembentukkan serotonin (hormon otak yang dapat memperbaiki suasana hati).

    Manfaat minuman energi sebelum olahraga

    Sebelum berolahraga, tubuh membutuhkan asupan yang bertujuan untuk meningkatkan performance sebagai pre workout dan menstimulasi tubuh supaya bisa lebih maksimal.

    Minuman energi dapat dikonsumsi sebelum olahraga, tujuannya untuk memberikan stimulan agar performa lebih maksimal.

    Tak hanya itu, minuman satu ini juga ternyata bermanfaat diminum setelah berolahraga.

    Cara mengembalikan energi yang hilang setelah berolahraga

    Setelah berolahraga, asupan nutrisi dibutuhkan untuk pemulihan atau recovery yang terdiri dari karbohidrat dan protein.

    Konsumsi karbohidrat sangat disarankan guna menggantikan energi yang hilang setelah berolahraga, terutama untuk mengganti glikogen yang menipis atau habis. 

    Sebuah penelitian yang dimuat dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism yang dilakukan pada tahun 2018 menunjukkan bahwa penggunaan kafein bisa mempercepat proses recovery terutama pengisian ulang dari glikogen.

    Selain itu, penelitian lain berjudul The Effect of Taurine on the Recovery from Eccentric Exercise-Induced Muscle Damage in Males juga menyebutkan, bahwa taurin juga dapat membantu pemulihan sel-sel otot setelah berolahraga yang cukup berat.

    Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi minuman energi yang mengandung karbohidrat atau zat gula, kafein, serta taurin untuk membantu mempercepat pengisian glikogen yang habis dan memulihkan sel-sel otot lebih cepat.

    Jadi, mana yang Anda pilih, minum minuman energi sebelum atau olahraga? Apa pun itu, pastikan mengonsumsi sesuai aturan yang tertera di kemasan produk ya!

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



    Ditulis oleh

    dr. Andhika Raspati, Sp.KO

    Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi · None


    Tanggal diperbarui 14/10/2022

    ad iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    ad iconIklan
    ad iconIklan