Benarkah Ginkgo Biloba Bisa Meningkatkan Daya Ingat dan Fungsi Otak?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ginkgo biloba, disebut juga pohon maidenhair, adalah salah satu spesies pohon tertua di bumi. Pohon ginkgo memiliki sifat yang sangat unik—mereka mampu tumbuh lebih dari 39,6 meter dan bisa hidup lebih dari seribu tahun.

Selama beberapa tahun terakhir, suplemen ginkgo biloba telah menjadi semakin populer, bahkan saat ini suplemen ginkgo termasuk obat herbal terlaris. Ginkgo memainkan peran penting dalam pengobatan tradisional Tiongkok di mana daun dan biji ginkgo telah digunakan selama ribuan tahun. Ekstrak ginkgo biloba dikumpulkan dari daun hijau tanaman ini yang telah kering dan tersedia dalam bentuk ekstrak cair, kapsul, dan tablet.

Penggunaan medis dari ginkgo biloba

Selama berabad-abad, pohon ginkgo diperkirakan punah sampai akhirnya beberapa ditemukan di Cina, di mana pohon ini pertama kali digunakan dalam pengobatan. Orang Cina menggunakan ginkgo untuk mendapatkan manfaatnya yang diklaim meningkatkan fungsi kognitif dan untuk mengurangi gejala asma

Manfaat ginkgo biloba untuk daya ingat, demensia, dan Alzheimer

Meskipun ada berbagai “penguat otak” yang beredar di pasaran, kebanyakan tidak didukung oleh penelitian yang cukup untuk klaim peningkat daya ingat.

“Ginkgo biloba adalah salah satu bahan alami yang menunjukkan lebih banyak prospek dibanding herbal yang lain, dan secara umum digunakan di Eropa untuk satu jenis demensia yang diakibatkan oleh berkurangnya aliran darah,” kata Evangeline Lausier, MD, asisten profesor klinis dalam bidang kedokteran, Duke Integrative Medicine, Duke University Medical Center di Durham, N.C. “Ginkgo biloba cenderung meningkatkan aliran darah di pembuluh darah kecil.”

“Beberapa analisis menunjukkan bahwa ginkgo biloba bermanfaat bagi demensia dalam kisaran yang sama dengan obat yang digunakan dalam jumlah banyak untuk mengobati Alzheimer,” kata Adriane Fugh-Berman, MD, seorang profesor di program S2 dalam pengobatan komplementer dan alternatif di departemen fisiologi dan biofisika di Georgetown University School of Medicine.

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa penderita demensia bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaan ginkgo, meskipun masih diperlukan lebih banyak studi. Beberapa manfaatnya dapat meliputi:

  • peningkatan daya pikir
  • peningkatan daya ingat
  • perilaku sosial yang lebih baik

Suplemen lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya ingat

Berikut adalah beberapa suplemen daya ingat lainnya yang juga bisa berpotensi tetapi memerlukan studi lebih lanjut:

1. Asam lemak omega-3.

Suplemen minyak ikan omega-3 telah banyak diminati. Studi menunjukkan bahwa asupan asam lemak omega-3 yang lebih banyak dari makanan seperti ikan air tawar, minyak tumbuhan dan minyak kacang-kacangan, dan kenari Inggris dikaitkan dengan penurunan risiko Alzheimer. Namun, diperlukan studi menyeluruh untuk membuktikan manfaat daya ingat dari suplemen ini.

2. Huperzine A

Disebut juga Chinese club moss, obat alami ini bekerja dengan cara serupa dengan obat Alzheimer. Namun, diperlukan bukti lebih lanjut untuk mengonfirmasi keamanan dan efektivitasnya.

3. Acetyl-L-carnitine

Beberapa studi menunjukkan bahwa asam amino ini bisa membantu pasien Alzheimer dengan gangguan ingatannya. Suplemen ini bisa memberikan manfaat lebih besar bagi orang yang mengalami Alzheimer di usia cenderung muda, atau yang laju perkembangan Alzheimernya sangat cepat.

4. Vitamin E

Meskipun vitamin E tampaknya tidak mengurangi risiko Alzheimer, suplemen ini bisa memperlambat perkembangannya. Studi terbaru telah menimbulkan kekhawatiran tentang peningkatan risiko kematian pada orang yang mengonsumsi vitamin E dosis tinggi, jadi pastikan untuk berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini.

5. Ginseng Asia (atau Panax)

Sebagai herbal yang terkadang digunakan bersama dengan ginkgo biloba, ginseng Asia bisa membantu kelelahan dan meningkatkan kualitas hidup.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Anda mungkin waspada ketika berjalan sendirian, takut dihipnotis oleh orang tak dikenal. Tahukah Anda tidak semua orang mudah dihipnotis?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Penyakit Saraf Lainnya 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Mengenal Angiosarkoma, Kanker yang Sering Menyerang Kulit Kepala dan Leher

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang kanker payudara, kanker serviks, dan jenis kanker lainnya. Bagaimana dengan angiosarkoma?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Penyakit Kanker Lainnya 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Kenalan dengan Buah Matoa, Si Manis yang Punya Segudang Manfaat

Pernah dengar matoa? Meski asing di telinga, buah matoa punya kandungan nutrisi yang beragam. Apa saja manfaat buah matoa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. William
Fakta Gizi, Nutrisi 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Tertarik ingin mata Anda berwarna tidak hanya warna putih saja? Tato mata bisa jadi jawabannya. Sebelum lakukan, cari tahu dulu bahayanya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Mengenal Misophonia

Misophonia, Alasan Mengapa Anda Benci Suara Tertentu

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
manfaat pisang

9 Manfaat Pisang yang Jadi Buah Favorit Banyak Orang

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
berhenti minum pil kb

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
mencium bau

Kenapa Beberapa Orang Cenderung Susah Mencium Bau?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit