home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Daftar Makanan untuk Bantu Jaga Hormon Agar Tetap Seimbang (Plus yang Perlu Dihindari)

Daftar Makanan untuk Bantu Jaga Hormon Agar Tetap Seimbang (Plus yang Perlu Dihindari)

Pernah merasa emosi yang tak stabil saat sedang stres? Hal ini terjadi karena hormon kortisol di dalam tubuh yang diproduksi lebih banyak sehingga kadarnya menjadi tak seimbang. Faktanya, hormon memang sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga keseimbangannya di dalam tubuh agar kondisi fisik dan mental tetap stabil. Salah satu caranya ialah dengan makan makanan penyeimbang hormon.

Makanan penyeimbang hormon yang dianjurkan untuk dikonsumsi

Protein

diet tinggi protein, apakah baik?

Protein seperti kacang-kacangan, telur, dan ikan berlemak membantu menyediakan asam amino esensial untuk menjaga kesehatan otot, tulang, dan kulit. Tak hanya itu, protein juga memengaruhi pelepasan hormon yang berperan untuk mengendalikan nafsu makan.

Oleh karena itu, protein membantu menjaga tubuh tetap ideal karena meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak. Bahkan, ikan berlemak seperti salmon, mackerel, dan sarden, juga melindungi Anda dari mood yang buruk.

Sayuran cruciferous

resep brokoli

Sayuran dari keluarga cruciferous seperti brokoli, kembang kol, dan kol membantu mampu menyimbangkan hormon dengan melawan kelebihan estrogen. Pasalnya, hormon estrogen yang berlebih di dalam tubuh bisa meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita. Kondisi kelebihan estrogen ini umumnya rentan terjadi sebelum menopause pada wanita yang obesitas.

Lemak sehat

jenis lemak

Lemak sehat seperti kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, dan minyak kelapa membantu mengurangi resistensi insulin dan nafsu makan. Dikutip dari Healthline, lemak sehat juga membantu memicu pelepasan hormon yang membantu Anda merasa lebih kenyang. Hal ini bertujuan agar Anda tak makan berlebih yang bisa meningkatkan risiko obesitas.

Makanan yang perlu dihindari agar hormon tetap stabil

Gula

mengurangi gula

Gula baik merah, putih, atau sirup jagung fruktosa tinggi perlu Anda hindari. Pasalnya, gula bisa membuat hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang terutama pada wanita. Untuk itu, hindari asupan gula tambahan yang berlebih seperti dari minuman kemasan, permen, dan makanan serta minuman manis lainnya.

Roti putih

roti gandum atau roti tawar putih

Roti putih mengandung gula dan gluten yang bisa meningkatkan risiko peradangan di dalam tubuh. Jika dikonsumsi berlebihan, hal ini nantinya bisa memicu stres pada kelenjar adrenalin, tiroid, dan gonad. Akibatnya, kadar hormon pun menjadi tidak stabil yang bisa memicu berbagai gangguan baik secara fisik maupun mental.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

8 Foods Women Should Eat + 5 Foods To Avoid For Hormonal Balance

https://www.mindbodygreen.com/0-18520/8-foods-women-should-eat-5-foods-to-avoid-for-hormonal-balance.html accessed on February 4th 2019

These 8 Foods Are Wreaking Havoc On Your Hormones

https://www.mindbodygreen.com/0-29200/these-8-foods-are-wreaking-havoc-on-your-hormones.html  accessed on February 4th 2019

12 Natural Ways to Balance Your Hormones

https://www.healthline.com/nutrition/balance-hormones#section1 accessed on February 4th 2019

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x