Benarkah Makan Dengan Piring Melamin Berbahaya Bagi Kesehatan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Sebuah studi dari Kaohsiung Medical Univeristy di Taiwan, meneliti bahaya penggunaan piring melamin pada 12 orang yang berusia 20-an. Penelitian tersebut menggunakan 6 orang berusia 20-an untuk menyantap makanan panas di piring melamin, sementara 6 lainnya makan menggunakan piring keramik.

Kemudian para peneliti memantau kadar urin peserta selama dua belas jam berikutnya. Hasil yang didapat 3 minggu kemudian menyatakan bahwa pengeluaran urin pada orang-orang yang menggunakan peralatan makan melamin ternyata lebih banyak 8,35 mikogram dibanding dengan yang menggunakan piring keramik.

Penelitian ini menunjukkan bahwa kandungan melamin bisa terserap tubuh dari peralatan makan, contohnya piring, gelas, mangkuk dan alat makan lainnya.  Meskipun pada umumnya tidak dianggap sebagai bahan berbahaya, pada kondisi tertentu melamin telah diketahui menyebabkan masalah kesehatan pada hewan peliharaan dan anak-anak kecil, salah satunya adalah masalah pada ginjal.

Apa itu melamin?

Melamin adalah senyawa organik yang terbuat dari polimer sintetis, formaldehida, dan urea. Senyawa panas ini menciptakan resin yang bisa dibentuk untuk macam-macam peralatan rumah tangga. Melamin telah digunakan untuk membuat alat makan dan produk rumah tangga lainnya selama beberapa dekade terakhir. Meskipun hadir dalam bentuk resin, melamin tidak dianggap berbahaya oleh FDA (Food and Drug Administration).

Potensi bahaya bahan melamin untuk bayi dan anak-anak

Sementara ini, kandungan melamin pada piring tidak dianggap sangat bagi orang dewasa. Namun, jika terpapar dengan senyawa kimia lain bisa menyebabkan batu ginjal serta gagal ginjal pada bayi.

Selain itu, kebanyakan alat makan atau piring melamin mengandung sejumlah kecil zat formaldehida dan zat karsinogen yang berbahaya jika terserap oleh tubuh. Sehingga suhu panas pada makanan menyebabkan zat resin melamin formaldehida pada piring memuai dan menyebar pada seluruh makan dan racunnya mengendap mengikat masuk meresap dengan cepat kedalam makanan.

Berikut ini merupakan beberapa contoh masalah kesehatan yang disebabkan oleh melamin:

  • Zat melamin yang terhirup bisa menyebabkan iritasi saluran pernapasan dan salah satunya adalah sesak napas. Terlebih jika melamin yang dihirup berbentuk bubuk atau serbuk yang bisa mengakibatkan kerusakan hati dan keracunan di dalam darah.
  • Dapat menyebabkan iritasi jika terkena kontak langsung ke mata.
  • Melamin yang tertelan dapat menyebabkan iritasi saluran pecernaan, mual, muntah, dan diare. Bahkan dapat menyebabkan berkuranganya urin sehingga ginjal jadi rusak.

Boleh saja pakai alat makan berbahan melamin, tapi…

Secara umum, produk melamin aman bila digunakan dengan benar. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah dengan menghindari meletakkan piring melamin di microwave, dan buang piring atau peralatan melamin yang retak, tergores atau pecah.

Alternatif lain yang lebih aman adalah untuk menggunakan piring atau peralatan makan yang berbahan keramik atau kaca guna menghindari bahaya yang disebabkan oleh kandungan melamin.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Pria kadang suka "keluar" duluan. Adakah cara agar seks menjadi lebih lama? Yuk simak berbagai cara tahan lama pria saat berhubungan seks di bawah ini.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Seksual, Tips Seks 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Hidung ingusan memang sangat menganggu Anda. Berikut tips yang bisa dilakukan di rumah untuk meringankan hidung meler, entah karena flu atau alergi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Urat menonjol pada permukaan kulit memang kerap ditemui pada orang berusia lanjut. Lalu apa artinya kalau masih muda sudah mengalami kondisi ini?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Keracunan Makanan

Keracunan makanan dapat berujung pada kematian. Pelajari pertolongan pertama untuk menagtasi keracunan makanan di sini sebelum terlambat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

buah zakar gatal

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
menghangatkan tubuh

6 Cara Menghangatkan Tubuh Saat Sedang Kedinginan

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
suplemen herbal yang harus dihindari menjelang operasi

Hati-hati, 8 Suplemen Herbal Ini Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Masuk Ruang Operasi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
kayu manis

Konsumsi Kayu Manis Berlebihan, Hati-hati Risikonya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit