4 Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Teh Detoks untuk Diet

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Di media sosial, mulai banyak bertebaran iklan teh detoks untuk diet menurunkan berat badan. Digadang-gadang, minum teh untuk detoksifikasi ini bisa membuahkan hasil yang signifikan untuk mengurangi berat badan dalam waktu singkat. Tapi, sebelum Anda membeli dan menggunakan teh detoks untuk diet, ada baiknya Anda menyimak hal penting berikut ini.

Apa itu teh detoks untuk diet?

Teh detoks adalah jenis teh yang diklaim dapat melakukan pembersihan sistem pencernaan secara intensif untuk membantu mencapai bentuk tubuh yang diinginkan. Pembersihan sistem pencernaan tersebut dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan energi Anda.

Teh yang juga minuman berkafein ini biasanya mengandung beberapa bahan alami tanpa pengawet. Bahan-bahan herbal yang dikandungnya antara lain, jahe, biji adas, dan sereh yang dapat membakar lemak, mengatur kadar gula darah, dan membantu sistem pencernaan

Tapi, ada beberapa hal yang harus Anda tahu tentang teh detoks…

1. Anda masih tetap harus olahraga dan makanan makanan yang sehat

Jika Anda berniat menurunkan berat badan, Anda tidak bisa hanya dengan minum teh detoks saja. Pasalnya, teh juga harus dikonsumsi bersamaan dengan air mineral yang cukup, makanan yang sehat, dan bahkan olahraga secara rutin.

Terkadang dalam kemasan teh diet ini, Anda diwajibkan mengikuti beberapa pantangan makanan dan minuman seperti susu atau minuman bersoda. Intinya, dengan minum teh ini Anda masih harus berusaha keras lagi menjaga pola makan dan kebugaan tubuh agar hasil penurunan berat badan tidak sia-sia.

2. Belum tentu lemak yang hilang

Teh detoks untuk diet ini biasanya mengandung kafein dan obat diuretik yang bisa memicu hilangnya cairan dari tubuh Anda. Teh detoks juga dapat memicu efek pencahar yang menyebabkan usus Anda bergerak untuk membuang kotoran dari dalam pencernaan tubuh. Ini menghasilkan efek lebih ringan dan perut seakan lebih rata.

Padahal, belum tentu rampingnya perut Anda menandakan adanya lemak yang terbuang. Mengingat teh detoks bersifat diuretik, bisa jadi cairan dalam tubuh Andalah yang terbuang sehingga Anda mendapatkan perasaan ringan pada tubuh Anda.

3. Punya efek samping tertentu

Selain itu ramuan teh detoks untuk diet ini biasanya mengandung beberapa ramuan tambahan yang mungkin dirancang untuk mengurangi nafsu makan, mengubah metabolisme, atau meningkatkan penurunan berat badan dengan cara lain. Salah satu contoh kandungan yang sering muncul dalam teh detoks adalah senna, yaitu  tanaman efek pencahar alami.

Menurut Natural Medicines Comprehensive Database, efek samping dari penggunaan senna dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan pada perut, kram, kembung, gas, mual, dan diare. Penggunaan berlebihan dapat menyebabkan penurunan kalium dan kelainan elektrolit lainnya. Parahnya lagi, hal ini dapat memicu kejang otot dan irama jantung yang abnormal.

4. Bisa bikin susah tidur

Sebagian besar teh umumnya mengandung kafein. Stimulan kafein ini pada dasarnya dapat menekan nafsu makan dan memicu sistem pencernaan untuk bekerja lebih keras.

Namun sayang, terlalu banyak mengonsumsi kafein juga bisa berisiko mengganggu jadwal tidur Anda. Tak jarang, jadwal dan kualitas tidur sehari-hari Anda pun bisa kacau. Seperti yang diketahui, buruknya kualitas tidur seseorang bisa memicu makan berlebihan dan metabolisme yang lambat. Hal ini malah bisa meruntuhkan usaha diet Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Tertarik ingin mata Anda berwarna tidak hanya warna putih saja? Tato mata bisa jadi jawabannya. Sebelum lakukan, cari tahu dulu bahayanya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Langkah untuk Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang bukan perkara mudah. Mulailah dengan 5 langkah berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Berhenti Merokok, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Apakah Produk Pembersih di Rumah Anda Sebabkan Masalah Pernapasan?

Kandungan dalam berbagai produk pembersih rumah bisa menimbulkan masalah kesehatan. Bagaimana cara memilih dan mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit

Selain Mempercantik Kamar, 7 Tanaman Ini Juga Bisa Bantu Tidur Nyenyak

Beberapa jenis tanaman untuk kamar membawa efek menenangkan dan mampu membersihkan udara dari polusi, bau, dan jamur. Apa saja jenisnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berhenti minum pil kb

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
gaya pengasuhan

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
mudah dihipnotis

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat buah mangga

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit