home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Masalah Kesehatan Akibat Postur Tubuh yang Buruk

6 Masalah Kesehatan Akibat Postur Tubuh yang Buruk

Kebiasaan yang melekat dalam diri Anda sehari-hari, ternyata memberikan pengaruh pada kesehatan tubuh Anda. Salah satu kebiasaan yang menjadi perhatian adalah postur berdiri dan duduk yang kerap kali salah dipraktikan. Lantas, apa saja penyakit yang mungkin menyerang akibat postur tubuh yang buruk? Cari tahu jawabannya agar Anda bisa memahami lebih dalam jika kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan.

Penyakit yang mungkin terjadi akibat postur tubuh yang buruk

Semasa bangku sekolah atau ketika Anda mengikuti ekstrakurikuler bela diri atau paskibra, Anda pasti sering mendengar perintah untuk duduk maupun berdiri dengan tegak. Perintah tersebut ternyata diterapkan tidak secara asal, tapi bertujuan untuk membangun kebiasaan dalam diri Anda untuk menerapkan postur tubuh yang baik.

Di balik itu, perintah tersebut juga memberikan manfaat bagi kesehatan pada tulang Anda. Sebaliknya, jika Anda terbiasa dengan postur tubuh yang buruk, berbagai masalah kesehatan bisa saja mengintai seperti berikut ini.

1. Nyeri punggung atau nyeri leher

punggung sakit saat duduk

Keluhan nyeri punggung atau nyeri leher sangat umum terjadi. Apalagi pada orang yang menghabiskan waktunya dengan duduk berjam-jam, mengangkat atau memikul barang berkali-kali. Ternyata munculnya penyakit tersebut merupakan akibat dari postur tubuh yang buruk saat duduk, mengambil, atau mengangkat benda.

Postur tubuh yang tidak sesuai ini menimbulkan stres dan tekanan berlebihan pada otot-otot tubuh, sehingga nantinya Anda akan mengalami nyeri terutama pada punggung maupun leher.

2. Peredaran darah yang buruk

Selain menimbulkan nyeri pada tubuh, sirkulasi yang buruk juga bisa jadi dampak buruk dari postur tubuh yang sesuai. Terutama, jika Anda terus melakukan postur tubuh tersebut dalam jangka waktu yang lama tanpa ada gerakan tubuh lainnya, contohnya duduk membungkuk.

Perlu Anda ketahui sirkulasi darah yang buruk akibat postur tubuh yang tidak sesuai memang tidak langsung menimbulkan penyakit. Akan tetapi, akan ada berbagai kondisi yang mengganggu aktivitas harian Anda, seperti:

  • kram otot, kesemutan, atau mati rasa pada kaki dan tangan,
  • pembengkakan pada area tubuh tertentu, dan
  • meningkatkan risiko varises (pembengkakan pembuluh darah vena) di kemudian hari.

3. Masalah pencernaan

gastroptosis

Harvard Health Publishing menyebutkan berbagai masalah pencernaan akibat postur tubuh yang buruk, terutama pada orang yang punya penyakit GERD. Orang dengan kondisi tersebut, bisa berulang kali mengalami gejala heartburn jika postur duduknya tidak benar. Ini karena duduk yang salah bisa memberikan tekanan pada perut.

Tekanan tersebut bisa memaksa asam lambung yang seharusnya tetap berada di lambung, malah naik ke atas menuju kerongkongan. Akibatnya, akan muncul sensasi panas di sekitar dada hingga tenggorokan. Inilah yang Anda kenal dengan istilah heartburn.

Pada orang yang memiliki GERD, heartburn sangat mudah terjadi karena otot sfingter di sekitar kerongkongan melemah, sehingga memudahkan jalan bagi asam lambung untuk naik ke kerongkongan.

Tidak hanya itu saja, postur tubuh yang buruk terutama saat duduk juga bisa memicu perut mulas dan sembelit. Tekanan berlebihan saat duduk membuat asam lambung naik ke arah yang salah sehingga menimbulkan sakit perut. Jika posisi posisi tubuh yang salah tersebut Anda lakukan dalam waktu yang lama, bisa menghambat gerakan usus.

Gerakan usus yang melambat membuat feses menjadi lebih lama berada di usus. Proses penyerapan air dari feses oleh usus pun akan berlebihan membuat feses menjadi kering dan keras. Akibatnya, Anda akan susah untuk buang air besar.

4. Inkontinensia urin

Tekanan berlebihan pada perut akibat postur tubuh yang buruk, tidak hanya menyebabkan masalah pencernaan saja. Hal ini bisa saja menimbulkan inkontinensia urin, yang membuat Anda kesulitan untuk mengontrol kandung kemih sehingga urin mudah keluar, terutama saat Anda batuk atau tertawa.

Buruknya postur tubuh juga menurunkan kemampuan otot-otot dasar panggul untuk menahan tekanan sehingga inkontinensia urin bisa saja terjadi. Meski bukan termasuk penyakit, kondisi yang muncul akibat postur tubuh yang buruk ini bisa sangat mengganggu Anda.

5. Kelainan tulang belakang

Tahukah Anda jika salah satu faktor risiko dari kelainan tulang belakang adalah memiliki postur tubuh yang buruk? Itu artinya, penyakit ini bisa aja Anda alami di kemudian hari akibat postur tubuh yang buruk.

Ini karena postur tubuh yang buruk mengarahkan tulang Anda ke arah yang tidak seharusnya, sehingga bisa membuat tulang terlalu condong ke depan atau membentuk huruf S. Kondisi ini Anda kenal dengan sebutan kifosis dan skoliosis.

6. Menurunkan fungsi paru-paru

Tidak sesuainya postur tubuh Anda saat duduk maupun berdiri bisa mempengaruhi fungsi paru-paru saat bernapas. Postur yang salah membuat kapasitas udara yang diambil tidak mencukupi dan mengganggu fungsi paru dalam mengambil oksigen.

Akibatnya, sesak napas bisa saja terjadi. Kondisi ini mungkin saja terjadi pada orang yang obesitas atau memang memiliki masalah pada saluran pernapasan.

Mencegah penyakit akibat postur tubuh yang buruk

Cara terbaik untuk menghindari dampak negatif dari postur tubuh yang buruk adalah membiasakan diri untuk duduk dan berdiri dengan posisi tubuh yang benar. Kuncinya adalah dengan konsisten untuk memposisikan tubuh dengan benar ketika melakukan aktivitas. Cobalah untuk berdiri dengan tegak saat berjalan, bukan membungkuk kepala maupun bahu ke depan.

Kemudian saat duduk juga punggung Anda tidak boleh terlalu membungkuk ke depan, ke belakang, atau condong ke samping. Ketimbang menekukkan punggung Anda ketika mengambil barang yang berat, lebih baik menekuk lutut Anda dan menggapai barang tersebut dengan tangan. Jangan lupa, untuk melakukan peregangan dan istirahat sejenak jika Anda harus duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Mengubah kebiasaan ini dan tetap konsisten bisa membantu Anda terhindar dari masalah kesehatan terkait postur tubuh yang buruk.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

3 surprising risks of poor posture. (2021, February 15). Retrieved June 04, 2021, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/3-surprising-risks-of-poor-posture.

Shavers, B. (2020, December 02). Harmful consequences of a bad posture. Retrieved June 04, 2021, from https://www.neurosurg.org/articles/harmful-consequences-of-a-bad-posture.

Back pain: Neck pain: Surgery. (2020, April 23). Retrieved June 04, 2021, from https://spinehealth.org/poor-posture-and-its-effects-on-the-body/.

Reducing risk of musculoskeletal disorders (msds): Posture. (n.d.). Retrieved June 04, 2021, from https://www.saintlukeskc.org/health-library/reducing-risk-musculoskeletal-disorders-msds-posture.

Spine disorders: CONDITION: UT Southwestern Medical Center. (n.d.). Retrieved June 04, 2021, from https://utswmed.org/conditions-treatments/spine-disorders/.

Malcolm, X., & Malcolm, X. (2020, August 18). Signs of poor circulation you should not ignore. Retrieved June 04, 2021, from https://jamaicahospital.org/newsletter/signs-of-poor-circulation-you-should-not-ignore/.

Gastroesophageal reflux disease (gerd). (2020, May 22). Retrieved June 04, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd/symptoms-causes/syc-20361940.

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji pada 01/09/2016
x