home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

5 Contoh Postur Tubuh yang Berdampak Buruk bagi Kesehatan

5 Contoh Postur Tubuh yang Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Kebiasaan yang melekat dalam diri Anda sehari-hari, ternyata memberikan pengaruh pada kesehatan tubuh Anda. Salah satu kebiasaan yang menjadi perhatian adalah postur berdiri dan duduk yang kerap kali salah dipraktikan. Lantas, apa saja penyakit yang mungkin menyerang akibat postur tubuh yang buruk? Cari tahu jawabannya agar Anda bisa memahami lebih dalam jika kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan.

Seperti apa postur tubuh yang buruk?

Semasa bangku sekolah atau ketika Anda mengikuti ekstrakurikuler bela diri atau paskibra, Anda pasti sering mendengar perintah untuk duduk maupun berdiri dengan tegak.

Perintah tersebut ternyata diterapkan tidak secara asal, tapi bertujuan untuk membangun kebiasaan dalam diri Anda untuk menerapkan postur tubuh yang baik.

Pasalnya, postur tubuh yang buruk ternyata tak hanya memengaruhi penampilan, namun juga berpotensi memicu masalah kesehatan, lho.

Postur tubuh yang kurang tepat dan diterapkan dalam waktu lama ternyata bisa menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius dalam jangka panjang.

Coba bayangkan jika Anda pergi ke gym dan melakukan latihan otot kaki 5 kali sehari, tentunya kaki Anda akan terasa nyeri dan tegang. Hal yang sama juga berlaku dengan terlalu lama mempraktikkan postur tubuh yang salah.

Memangnya, apa saja postur tubuh yang sebaiknya dihindari? Berikut penjelasan mengenai masing-masing postur yang kurang tepat serta risiko kesehatan di baliknya:

1. Berdiri membungkuk

Sebagian orang masih memiliki kebiasaan berjalan atau berdiri membungkuk. Kebiasaan ini tentunya tidak terjadi tanpa sebab. Ada yang tidak sadar karena terlalu sering melihat gawai elektronik saat berdiri atau berjalan.

Berjalan dengan postur tubuh yang membungkuk ternyata berpotensi buruk bagi kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Tak hanya membuat penampilan Anda tampak tidak percaya diri, berdiri membungkuk juga berisiko menyebabkan sakit punggung dan pinggang dalam jangka panjang.

2. Duduk membungkuk

punggung sakit saat duduk

Selain berdiri, kebiasaan duduk membungkuk juga berpotensi meningkatkan risiko terkena berbagai masalah kesehatan.

Biasanya, seseorang cenderung duduk membungkuk karena posisi kursi dan bangku yang kurang sesuai, atau posisi objek yang dilihat terlalu rendah.

Harvard Health Publishing menyebutkan berbagai masalah pencernaan akibat postur tubuh yang buruk saat duduk, salah satunya pada orang yang punya penyakit GERD.

Orang dengan kondisi tersebut, bisa berulang kali mengalami gejala heartburn jika postur duduknya membungkuk terutama setelah makan. Ini karena duduk yang salah bisa memberikan tekanan pada perut dan mendorong asam lambung naik ke kerongkongan.

Tidak hanya itu saja, postur tubuh yang buruk saat duduk di atas toilet juga bisa memicu sembelit. Ketika Anda membungkuk dengan posisi lutut lebih rendah dari panggul saat duduk di atas toilet, anus cenderung menutup sehingga perut perlu memberikan tekanan ekstra agar feses dapat keluar.

Jika posisi posisi tubuh yang salah tersebut Anda lakukan dalam waktu yang lama, bisa memperlambat gerakan usus. Gerakan usus yang melambat membuat feses menjadi lebih lama berada di usus. Proses penyerapan air dari feses oleh usus pun akan berlebihan membuat feses menjadi kering dan keras. Akibatnya, Anda akan susah untuk buang air besar.

Tekanan berlebihan pada perut akibat postur tubuh yang buruk, tidak hanya menyebabkan masalah pencernaan saja. Tekanan ini juga dirasakan oleh kandung kemih dan menurunkan kemampuan otot-otot dasar panggul untuk menahan tekanan sehingga inkontinensia urin bisa saja terjadi, terutama saat Anda batuk atau tertawa.

3. Sering bersandar

Duduk bersandar memang terasa nyaman dan membuat Anda lebih rileks. Namun, postur tubuh yang paling nyaman sekalipun berpotensi membawa akibat buruk pada kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Posisi bersandar, terlebih pada permukaan yang terlalu landai, bisa memaksa otot tubuh Anda untuk menegang. Akibatnya, punggung akan terasa lebih sering nyeri, apalagi jika Anda melakukannya secara berulang dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, bersandar terlalu miring juga berpotensi menambah tekanan pada 3 bagian tulang punggung Anda, khususnya pada bagian leher dan punggung bawah. Hal ini tentu dapat berakibat buruk pada kesehatan tulang punggung Anda.

4. Duduk terlalu lama

gastroptosis

Postur tubuh selanjutnya yang dinilai dapat berakibat buruk pada kesehatan adalah kebiasaan duduk dalam waktu terlalu lama.

Keluhan nyeri punggung atau nyeri leher sangat umum terjadi. Apalagi pada orang yang menghabiskan waktunya dengan duduk berjam-jam, mengangkat atau memikul barang berkali-kali.

Ternyata munculnya penyakit tersebut merupakan akibat dari postur tubuh yang kurang tepat saat duduk, mengambil, atau mengangkat benda.

Postur tubuh yang tidak sesuai ini menimbulkan stres dan tekanan berlebihan pada otot-otot tubuh, sehingga nantinya Anda akan mengalami nyeri terutama pada punggung maupun leher.

Menurut laman Mayo Clinic, kebiasaan duduk terlalu lama bisa memicu berbagai gangguan kesehatan, mulai dari tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kelebihan kadar lemak pada pinggang, serta peningkatan kolesterol.

Ditambah lagi, kebiasaan duduk terlalu lama juga bisa meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit jantung dan kanker.

5. Terlalu condong ke depan

Tahukah Anda jika salah satu faktor risiko dari kelainan tulang belakang adalah memiliki postur tubuh yang buruk? Itu artinya, penyakit ini bisa saja Anda alami di kemudian hari akibat postur tubuh yang kurang sesuai.

Ini karena postur tubuh tersebut mengarahkan tulang Anda ke arah yang tidak seharusnya, sehingga bisa membuat tulang terlalu condong ke depan atau membentuk huruf S. Kondisi ini Anda kenal dengan sebutan kifosis dan skoliosis.

Mencegah penyakit akibat postur tubuh yang buruk

Cara terbaik untuk menghindari dampak negatif dari postur tubuh yang tidak sehat adalah membiasakan diri untuk duduk dan berdiri dengan posisi tubuh yang benar.

Kuncinya adalah dengan konsisten untuk memposisikan tubuh dengan benar ketika melakukan aktivitas.

Cobalah untuk berdiri dengan tegak saat berjalan, bukan membungkuk kepala maupun bahu ke depan.

Kemudian, pastikan Anda juga duduk dengan posisi tegak dan tidak terlalu membungkuk ke depan, ke belakang, atau condong ke samping.

Ketimbang menekukkan punggung Anda ketika mengambil barang yang berat, lebih baik menekuk lutut Anda dan menggapai barang tersebut dengan tangan.

Jangan lupa untuk melakukan peregangan dan istirahat sejenak jika Anda harus duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Mengubah kebiasaan ini dan tetap konsisten bisa membantu Anda terhindar dari masalah kesehatan terkait postur tubuh yang buruk.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

3 surprising risks of poor posture – Health Harvard Publishing. (2021). Retrieved September 17, 2021, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/3-surprising-risks-of-poor-posture

What are the risks of sitting too much? – Mayo Clinic. (2020). Retrieved September 17, 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/sitting/faq-20058005 

Posture: Align yourself for good health – Mayo Clinic. (2016). Retrieved September 17, 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/posture-align-yourself-for-good-health/art-20269950 

Shavers, B. (2020). Harmful consequences of a bad posture – Neuroscience Specialist. Retrieved September 17, 2021, from https://www.neurosurg.org/articles/harmful-consequences-of-a-bad-posture.

Reducing Risk of Musculoskeletal Disorders (MSDs): Posture – Saint Luke’s. (n.d.). Retrieved September 17, 2021, from https://www.saintlukeskc.org/health-library/reducing-risk-musculoskeletal-disorders-msds-posture.

Back pain: Neck pain: Surgery – National Spine Health Foundation. (2020). Retrieved September 17, 2021, from https://spinehealth.org/poor-posture-and-its-effects-on-the-body/.

Good and bad posture – Multiple Sclerosis Trust. (2018). Retrieved September 17, 2021, from https://mstrust.org.uk/a-z/understanding-and-improving-your-posture/good-and-bad-posture 

Poor Posture Hurts Your Health More Than You Realize: Tips for Fixing It – Cleveland Clinic. (2021). Retrieved September 17, 2021, from https://health.clevelandclinic.org/health-effects-of-poor-posture/ 

Proper Sitting for a Healthy Back – University of Michigan Health. (2020). Retrieved September 17, 2021, from https://www.uofmhealth.org/health-library/hw47730 

Spine Disorders – UT Southwestern Medical. (n.d.).  Retrieved September 17, 2021, from https://utswmed.org/conditions-treatments/spine-disorders/ 

Correct Sitting Posture – PhysioMed. (n.d). Retrieved September 17, 2021, from https://www.physiomed.co.uk/uploads/guide/file/20/Physiomed_Sitting_Guide_-_Correct_Sitting_Posture_Digital.pdf

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri