home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Ciri Wanita Berkarakter Kuat, Apakah Anda Salah Satunya?

6 Ciri Wanita Berkarakter Kuat, Apakah Anda Salah Satunya?

Seorang wanita berkarakter kuat dapat dikenali dari ciri yang tampak pada dirinya. Tidak hanya sukses, ia juga sangat percaya diri dan mampu bertahan pada prinsipnya tanpa memerlukan persetujuan dari orang lain.

Karakter yang kuat akan mempermudah Anda dalam menghadapi tantangan hidup. Lantas, sudahkah Anda memiliki salah satu di antaranya?

Ciri wanita berkarakter kuat

Cara membangun kekuatan mental sama seperti cara membangun kekuatan otot. Keduanya memerlukan latihan. Berikut adalah beberapa perilaku yang perlu Anda latih untuk bisa menjadi seorang wanita berkarakter kuat.

1. Tidak membandingkan diri dengan orang lain

Membandingkan diri sebagai bentuk motivasi adalah hal yang baik. Sayangnya, kebanyakan wanita malah merasa minder setelah membandingkan aspek seperti penampilan, pengalaman, hingga kondisi keuangannya dengan orang lain.

Tanpa sadar, perilaku membandingkan diri akan membentuk standar kebahagiaan yang tidak realistis. Seorang wanita berkarakter kuat tidak terpaku pada standar berdasarkan orang lain. Mereka berusaha keras mencapai standarnya sendiri.

2. Bebas dari kekangan sosial yang tidak sehat

Beberapa norma gender, adat istiadat, dan budaya patriarki yang menomorduakan perempuan telah sejak lama membentuk standar perempuan yang ideal. Misalnya, seorang wanita harus cantik, selalu menurut, dan tidak mendebat.

Ciri lain dari wanita berkarakter kuat adalah bebas dari kekangan seperti ini. Mereka mampu menjadi wanita yang lemah lembut dan mengayomi tanpa harus kehilangan hak untuk berbicara atau tampil berwibawa.

3. Menyediakan waktu untuk diri sendiri

Waktu untuk diri sendiri amatlah penting, sebab ini adalah momen untuk rehat sejenak dan menerapkan self care. Ini merupakan waktunya untuk bersenang-senang, makan makanan enak, atau melakukan hal lain yang digemari.

Seorang wanita dengan mental yang tangguh memahami pentingnya self care. Melalui self care, mereka mendapatkan semangat dan motivasi untuk terus bergerak maju mencapai tujuan.

agar hidup bahagia

4. Tidak beralasan dan mengeluh

Ciri wanita yang berkarakter kuat dapat dilihat dari caranya menanggapi masalah. Mereka sangat jarang mengeluh, sebab hal ini akan menghabiskan energi. Mereka juga tidak ingin berlarut-larut dalam emosi negatif.

Selain itu, mereka juga tidak membuat-buat alasan saat terjadi hal yang tidak diharapkan. Sebaliknya, mereka mampu melakukan segala cara untuk menyelesaikan konflik yang berlangsung.

5. Berani menghadapi tantangan

Tantangan berupa jabatan tinggi di perusahaan, bepergian ke tempat baru, atau bahkan konflik dengan teman bukanlah penghalang bagi wanita bermental baja. Pasalnya, menghindari tantangan tidak akan membawa mereka ke mana pun.

Ciri khas dari wanita berkarakter kuat adalah memiliki kepercayaan diri untuk menghadapi tantangan dan rasa takutnya. Mereka juga tidak membiarkan siapa pun atau apa pun membatasi potensi yang mereka miliki.

6. Tidak menyalahkan diri sendiri atas hal buruk yang terjadi

Para wanita dengan mental tangguh mampu mengakui kesalahan dan bertanggung jawab. Meski demikian, mereka tidak menyalahkan diri sendiri ataupun orang lain atas kesalahan tersebut.

Karakter yang mereka miliki menjauhkan mereka dari kata-kata negatif seperti, “Saya adalah orang yang gagal.” Alih-alih mengucapkan hal tersebut, mereka menyadari bahwa pilihannya keliru dan siap mencari solusi.

Ciri wanita berkarakter kuat mungkin tidak dimiliki oleh setiap orang. Namun, semua wanita bisa membangun karakter tersebut dengan mengubah cara berpikir, merasa, dan berperilaku ke arah yang lebih baik.

Tantangan hidup selalu datang tanpa pandang bulu, baik terhadap pria maupun wanita. Cara terbaik untuk menghadapinya adalah melalui prinsip yang kuat dan mental sekeras baja.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

13 Things Mentally Strong Women Don’t Do. https://www.psychologytoday.com/us/blog/what-mentally-strong-people-dont-do/201904/13-things-mentally-strong-women-dont-do Diakses pada 25 Juni 2019.

5 Things Mentally Strong Women Know. https://www.inc.com/amy-morin/5-things-mentally-strong-women-know.html Diakses pada 25 Juni 2019.

11 Things Strong Women Do Differently. https://www.powerofpositivity.com/powerful-women-habits/ Diakses pada 25 Juni 2019.

How to Feel Like a Confident Woman. https://welldoing.org/article/how-feel-confident-woman Diakses pada 25 Juni 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 08/07/2019
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x