8 Cara Mudah untuk Meningkatkan Rasa Bahagia

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, bahagia adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteran. Meskipun kata orang bahagia itu sederhana, sayangnya tidak semua orang bisa memaknai kesederhanaan dengan kebahagiaan. Namun bagaimanapun cara orang memaknai definisi bahagia, pada akhirnya adalah, semua orang ingin bahagia karena bahagia adalah tanda bahwa kita mensyukuri hidup.

Layaknya pendapat yang menyatakan bahwa kita punya kendali untuk menentukan bahagia atau tidaknya diri kita, percayakah Anda bahwa kebahagiaan memang bisa Anda ciptakan sendiri?

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan rasa bahagia yang mungkin bisa Anda terapkan.

1. Tertawa

Tertawa adalah salah satu tanda bahwa Anda sedang bahagia. Namun tanpa disadari, seiring bertambahnya, usia Anda akan lebih jarang untuk tertawa dibandingkan saat Anda kecil. Menurut sebuah studi diketahui bahwa anak-anak tertawa sekitar 200 kali per hari; sementara orang dewasa tertawa 15 kali per hari. Atau setidaknya, jika Anda tidak bisa tertawa, cobalah untuk tersenyum. Karena menurut sebuah studi, Anda akan merasa lebih baik saat Anda tersenyum; bahkan tersenyum juga dapat mengurangi stres.

2. Bersyukur

Meskipun terdengar sepele, bersyukur adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Sering kali, hal-hal buruk yang terjadi dapat mengacaukan hari-hari Anda; akibatnya Anda akan lebih berfokus pada hal buruk dibandingkan dengan hal-hal baik yang telah terjadi pada hari tersebut. Padahal menurut sebuah studi, bersyukur adalah salah satu cara yang dapat meningkatkan rasa bahagia dan melindungi Anda dari stres, kecemasan, depresi, dan hal-hal negatif.

Dengan bersyukur, akan membuat Anda lebih berfokus pada hal-hal baik yang terjadi. Oleh karena itu, untuk meningkatkan rasa syukur Anda, cobalah untuk menuliskan hal-hal yang membuat Anda bersyukur.

3. Lakukan apa yang Anda sukai

Hal yang paling pasti untuk membuat Anda bahagia adalah dengan melakukan hal yang Anda sukai. Memulai hari Anda dengan hal-hal  positif atau kegiatan yang menyenangkan setiap pagi dapat meningkatkan rasa bahagia Anda untuk menjalani hari.

4. Lakukan hal yang baru

Sering kali, berkurangnya rasa bahagia Anda dikarenakan Anda mulai bosan dengan rutinitas yang Anda lakukan. Oleh karena itu, lakukanlah hal baru. Ketika Anda memperhatikan sesuatu yang baru, Anda akan berfokus pada saat ini yang dapat meningkatkan perasaan bahagia. Mulailah dengan sesuatu yang sederhana, seperti pergi ke tempat baru.

5. Luangkan waktu untuk bermain

Kesibukan seringkali membuat penat dan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih sensitif. Oleh karena itu, sesibuk apapun hari yang Anda harus jalani, luangkanlah waktu Anda untuk bermain bersama orang-orang yang Anda sayangi. Karena Anda berhak untuk bahagia, dan dengan bahagia Anda akan menjalani hari-hari, termasuk membuat pekerjaan Anda lebih ringan.

6. Jangan menyangkal perasaan Anda

Mungkin Anda sering kali mengabaikan perasaan takut, kesal, atau sedih yang Anda rasakan hanya untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda baik-baik saja. Padahal, Anda justru menghabiskan lebih banyak energi dengan mengabaikan perasaan Anda tersebut.

Lebih baik Anda menerima apa yang sedang Anda rasakan untuk kemudian mencari cara mengatasi hal tersebut; salah satunya dengan menuliskan apa yang sedang Anda rasakan dalam bentuk tulisan. Menurut sebuah penelitian, orang yang menulis tentang emosinya cenderung merasa tidak tertekan dan lebih positif dalam menjalani hidup.

7. Nikmati saat ini

Sering kali, Anda terjebak dalam masa lalu yang kurang baik; atau bahkan terjebak dalam harapan masa depan yang justru berujung pada kekhawatiran tentang masa depan yang belum pasti dan membuat kebahagiaan Anda berkurang. Oleh karena itu, hiduplah di masa sekarang; karena masa lalu hanya ada di belakang Anda dan masa depan masih belum tahu adanya.

Jadi, daripada Anda cemas akan masa yang telah dan akan datang, nikmatilah hidup sekarang sambil melakukan yang terbaik demi mewujudkan kebahagiaan hakiki di masa depan.

8. Pergi ke alam

Alam selalu memberikan kejutannya melalui pemandangan yang selalu memanjakan mata; terlebih pergi ke alam bebas seperti pantai atau gunung, dapat membantu Anda dalam mengurangi stres dan meningkatkan perasaan bahagia. Alam juga dapat membantu mengingatkan bahwa Anda hanyalah makhluk kecil di planet ini sehingga dapat membuat Anda lebih bersyukur dalam menjalani hidup.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

4 Alasan Psikologis Cinta Bisa Memudar

Putus cinta bukanlah kalimat yang mudah diterima begitu saja. Cari tahu kenapa cinta Anda atau pasangan bisa hilang dan memudar meski sudah berjalan lama.

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ngantuk atau lemas habis makan adalah hal yang biasa. Lalu, bagaimana kalau Anda justru sakit kepala setelah makan? Cari tahu penyebabnya di sini, yuk.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Produk skincare antiaging fungsinya adalah mencegah penuaan dini. Namun, kalau baru pakai antiaging di usia 50 tahun ke atas, apa hasilnya akan sama?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
tips lari untuk penderita rematik

6 Kesalahan Saat Olahraga Lari yang Wajib Dihindari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
olahraga malam hari

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit