Mengenal Trikiasis: Ketika Bulu Mata Tumbuh ke Dalam, ke Arah Bola Mata

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 4 Oktober 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apa rasanya jika bulu mata Anda yang harusnya tumbuh ke luar justru malah tumbuh ke dalam, yaitu menuju bola mata? Meski terdengar aneh, tapi kondisi ini sangat mungkin terjadi. Dalam istilah medis, bulu mata yang tumbuh ke dalam disebut dengan trikiasis.

Trikiasis akan membuat mata Anda terasa seperti ditusuk-tusuk jarum. Tidak jarang, hal ini akan menimbulkan rasa sakit sampai iritasi. Bahkan jika tidak segera ditangani dengan baik bisa menyebabkan kerusakan mata yang parah.

Lantas apa yang menyebabkan bulu mata tumbuh ke dalam dan bagaimana cara mengatasinya? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini.

Apa yang menyebabkan trikiasis?

Bulu mata tumbuh ke dalam termasuk kondisi yang jarang terjadi. Terkadang dokter tidak menemukan alasan mengapa bulu mata seseorang bisa tumbuh dengan cara yang salah. Kondisi ini disebut sebagai idiopatik. Yaitu saat mata tampak sehat, tapi bulu mata cenderung tumbuh ke dalam.

Umumnya trikiasis bisa terjadi karena adanya infeksi mata, peradangan pada kelopak mata, kondisi autoimun dan trauma akibat cedera. Berikut ini beberapa kondisi yang meningkatkan sesorang terkena risiko trikiasis:

  • Blepharitis. Kondisi yang bisa menyebabkan infeksi dan pembengkakan kelopak mata dan mata juling. Bila ini terjadi, folikel rambut bisa tumbuh salah arah dan menyebabkan trikiasis.
  • Entropion. Kelopak mata kehilangan elastisitasnya atau kendur sehingga membentuk lipatan ke arah dalam yang menyebabkan bulu mata jadi tumbuh secara vertikal. Biasanya kondisi ini lebih umum terjadi pada orang dewasa karena terkait faktor usia.
  • Cedera, jika kelopak mata robek atau terluka, sehingga menyebabkan posisi bulu mata berubah dan tumbuh ke dalam. Hal ini bisa terjadi sebagai akibat operasi bedah perbaikan kelopak mata yang terluka.
  • Distichiasis, barisan bulu mata tambahan pada kelopak mata, di mana satu atau keduanya dapat menekuk ke arah bola mata.

Trikiasis lebih sering terjadi pada orang dewasa, tapi anak-anak juga bisa mengalaminya. Bahkan, beberapa orang bisa saja terlahir dengan kondisi bulu mata yang tumbuh ke arah dalam. Sedangkan beberapa orang lainnya bisa mengalami kondisi ini karena kebiasaan menggosok mata terlalu kencang sehingga membuat bulu mata masuk ke arah bola mata.

Apa saja gejala yang bisa ditimbulkan dari kondisi ini?

Mereka yang mengalami trikiasis sering mengeluhkan gejala seperti:

  • Mata merah
  • Mata berair
  • Pandangan kabur
  • Sakit di sekitar mata
  • Ingin selalu menggaruk-garuk mata karena merasakan ada butiran pasir menempel di sekitar bola matanya.

Bulu mata yang tumbuh salah arah ini akan menyebabkan bulu mata menempel pada konjuktiva dan kornea. Akibatnya, ini akan menimbulkan rasa ketidaknyamanan seperti rasa sakit, bahkan sampai iritasi.

Jika iritasi ini terjadi dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan abrasi kornea. Peradangan dan kehilangan penglihatan (pandangan kabur) juga bisa terjadi karena kondisi ini.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Meskipun jarang terjadi, tapi kabar baiknya ada banyak cara untuk mengatasi trikiasis.

  • Air mata buatan dan salep. Pelumasan dengan menggunakan air mata buatan dan salep merupakan langkah awal untuk mengurangi iritasi karena gesekan bulu mata sebelum parah.
  • Mencabut bulu mata. Dokter akan menggunakan forceps kecil untuk mencabut bulu mata yang tumbuh ke dalam tersebut. Kemudian, dokter akan memberikan obat bius tepat di bola mata pasien dan menarik bulu mata dari folikelnya. Ini merupakan salah satu cara paling umum yang dilakukan dokter untuk mengatasi trikiasis tanpa menimbulkan rasa sakit. Namun, prosedur ini hanya bersifat sementara.
  • Operasi. Ada tiga cara yang bisa dilakukan. Pertama adalah ablasi, operasi ini dilakukan dengan laser untuk menghilangkan bulu mata dan folikel rambut. Kedua yaitu elektrolisa, teknik menghilangkan bulu mata menggunakan listrik. Terakhir, cryosurgery, teknik menghilangkan bulu mata dengan cara membekukan bulu mata dan kemudian menghancurkannya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mana yang Lebih Bijak: Eyelash Extension Atau Pakai Bulu Mata Palsu?

Anda sedang bingung menentukan pilihan antara eyelash extension atau pasang bulu mata palsu saja yang mudah? Yuk, simak pertimbangan medisnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Kesehatan Mata, Perawatan Mata 4 April 2018 . Waktu baca 6 menit

Bahayakah Jika Bulu Mata Masuk ke Mata? Bagaimana Cara Mengeluarkannya?

Bulu mata adalah pertahanan mata dari partikel asing yang bisa masuk ke mata. Lalu apa jadinya jika malah bulu mata jatuh ke ke dalam mata?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Kesehatan Mata, Perawatan Mata 2 April 2018 . Waktu baca 4 menit

Lash Lift, Cara Baru Melentikkan Bulu Mata Tanpa Extension. Amankah?

Selain lash extension, ada lagi metode lash lift untuk melentikkan bulu mata. Bagaimana cara pengerjaannya? Apa aman digunakan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan, Operasi A-Z 2 Januari 2018 . Waktu baca 5 menit

Cara Merawat Bulu Mata Agar Sehat, Bersih, dan Tak Rontok

Jika tidak dirawat, atau malah diperlakukan sembarangan, bulu mata bisa rontok atau malah penuh kuman yang bikin mata terinfeksi.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan, Informasi Kesehatan 5 Agustus 2017 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab bulu mata rontok

Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
kedutan mata kiri atas

9 Cara Alami Memanjangkan Bulu Mata Supaya Lebih Lentik

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 6 menit
obat penumbuh bulu nata

Amankah Obat Penumbuh Bulu Mata (Latisse)?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Laura Agnestasia Dj.
Dipublikasikan tanggal: 7 Oktober 2018 . Waktu baca 3 menit
cara memanjangkan bulu mata pakai minyak jarak

Apakah Efektif Pakai Minyak Biji Jarak untuk Memanjangkan Bulu Mata?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 30 April 2018 . Waktu baca 3 menit