Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Apa Benar Rutin Makan Ikan Bisa Bikin Cepat Punya Anak?

    Apa Benar Rutin Makan Ikan Bisa Bikin Cepat Punya Anak?

    Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat jika gemar makan ikan. Ikan adalah sumber protein dan omega-3 tinggi yang tentunya baik untuk kesehatan. Nah, rutin makan ikan juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pasangan yang sedang berencana ingin punya anak. Kenapa begitu?

    Apa benar makan ikan bikin subur?

    makanan yang mengandung DHA

    Ikan dinobatkan sebagai salah satu sumber makanan yang bisa meningkatkan kesuburan karena kandungan asam lemak omega 3-nya, terutama DHA dan EPA yang sulit ditemukan dalam makanan lain. Asam lemak omega-3 merupakan jenis lemak tidak jenuh yang punya banyak manfaat untuk tubuh.

    Asupan omega-3 yang mencukupi dapat mengendalikan peradangan, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), mencegah penumpukan plak pada pembuluh darah, hingga mengurangi penumpukan lemak dibawah kulit dan lemak yang tersimpan pada hati.

    Sejumlah hal ini pada akhirnya akan bantu memperlancar aliran darah ke sistem organ intim untuk membantu pelepasan hormon reproduksi yang lebih teratur. Sejumlah studi melaporkan bahwa asupan omega-3 dapat memperbaiki kualitas air mani dan sperma pria serta melancarkan proses ovulasi wanita. Sel telur dari wanita yang mencukupi asupan omega 3-nya dari ikan terbukti lebih berkualitas dan mudah dibuahi sperma.

    Sebuah penelitian yang melibatkan 500 pasangan di Texas dan Michigan pernah dilakukan untuk melihat efek makan seafood termasuk ikan selama 12 bulan. Setelah 12 bulan, ditemukan bahwa pasangan yang keduanya makan seafood lebih dari 2 kali dalam seminggu bisa hamil dengan persentase sukses 92 persen. Sementara itu, peluang sukses hamil pada pasangan yang lebih jarang makan ikan hanya sekitar 79 persen.

    Di sisi lain, ikan adalah sumber makanan tinggi protein dan vitamin D yang juga penting bagi perkembangan awal pembentukan janin.

    Apa saja ikan yang bisa bikin subur?

    kulit ikan salmon

    Ada banyak ikan yang mengandung tinggi omega 3 sehingga bisa membantu meningkatkan kesuburan, seperti:

    • Ikan tuna
    • Ikan salmon
    • Ikan tongkol
    • Ikan kembung
    • Ikan makarel
    • Ikan kakap besar
    • Ikan selar

    Anda bisa makan beraneka ragam ikan tersebut secara bergantian dalam seminggu. Untuk memenuhi kebutuhan omega-3, dibutuhkan 170-230 gram ikan per minggu atau sebanyak 2-3 porsi ikan per minggu.

    Tetap hati-hati dengan kandungan merkuri dalam ikan

    kandungan merkuri seafood

    Meski rutin makan ikan membantu Anda untuk mempercepat kehamilan, Anda tetap tidak boleh berlebihan memakannya. Hati-hati dengan kandungan merkuri pada ikan berlemak.

    Tubuh kita sangat mudah menyerap merkuri dan menyimpannya dalam waktu lama, bahkan hingga berbulan-bulan. Semakin banyak merkuri yang menumpuk dalam tubuh, efeknya justru akan berbalik membahayakan kesuburan. Merkuri dapat menembus plasenta sehingga berdampak juga pada perkembangan otak dan saraf janin yang Anda kandung.

    Namun Anda tidak perlu khawatir untuk makan ikan. Selama porsinya masih wajar dan cara memasaknya tepat (tidak setengah matang), manfaat makan ikan akan lebih banyak daripada risiko bahayanya.

    Kalkulator Masa Subur

    Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

    Kalkulator Masa Subur

    Kalkulator Masa Subur

    Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

    Kalkulator Masa Subur

    Berapa lama siklus haid Anda?

    (hari)

    28

    Berapa lama Anda haid?

    (hari)

    7

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Nierenberg Cari. 2018. Could Eating More Seafood Help Couple Conceive?. [Online] Tersedia pada: https://www.livescience.com/62660-seafood-diet-fertility.html (Diakses 15 November 2018)

    Everyday Health. 2010. Foods That Make You Fertile. [Online] Tersedia pada: https://www.everydayhealth.com/pregnancy/getting-pregnant/foods-that-make-you-fertile.aspx (Diakses 15 November 2018)

    UAJY. Tanpa tahun. Komposisi Ikan Kembung. [Online] Tersedia pada: http://e-journal.uajy.ac.id/1541/3/2BL00983.pdf

    Sukarsa Dadi R. 2004. Studi Aktivitas Asam Lemak Omega-3 Ikan Laut pada Mencit Sebagai Model Hewan Percobaan. Buletin Teknologi Hasil Perikanan 7(1): 68-79

    Baby Center. 2018. Is It Safe to Eat Fish When You’re Trying to Get Pregnant?. [Online] Tersedia pada: https://www.babycenter.com/0_is-it-safe-to-eat-fish-when-you-re-trying-to-get-pregnant_10319859.bc (Diakses 15 November 2018)

    West Helen. 2017. What Is the Healthiest Way to Cook Fish?. [Online] Tersedia pada: https://www.healthline.com/nutrition/healthiest-way-to-cook-fish (Diakses 15 November 2018)

    Cleveland Clinic. 2017. Omega-3 Fatty Acids: How Much Omega-3 Do I Need?. [Online] Tersedia pada: https://my.clevelandclinic.org/health/articles/17290-omega-3-fatty-acids/how-much-omega-3-do-i-need (Diakses 15 November 2018)

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui Jul 06, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita
    Next article: