Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Aturan dan Manfaat Tidur Siang bagi Ibu Hamil

Aturan dan Manfaat Tidur Siang bagi Ibu Hamil

Selama fase kehamilan, wanita akan lebih mudah lelah. Selain karena perut yang semakin membesar, ibu hamil juga sering sulit tidur di malam hari. Hal itu membuat Anda mudah mengantuk saat siang hari.

Bolehkah ibu hamil tidur siang?

Selama kehamilan, tubuh wanita memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga ia perlu lebih banyak istirahat untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

Tidur siang saat hamil justru memiliki manfaat untuk kesehatan ibu dan janin, berikut penjelasannya.

1. Menurunkan risiko berat bayi lahir rendah (BBLR)

Mengutip dari Tampa General Hospital, ibu hamil yang rutin tidur siang bisa mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan rendah (BBLR).

Jurnal Sleep Medicine melakukan penelitian di China mengenai pengaruh tidur siang terhadap kesehatan ibu hamil dan janin. Peneliti melibatkan 10.111 wanita dengan rentang usia 15-50 tahun yang memiliki kebiasaan tidur berbeda.

Hasilnya, ibu hamil yang rutin tidur siang selama 60-90 menit setiap hari memiliki risiko berat badan bayi lahir rendah (BBLR) lebih sedikit. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa rutin tidur siang 5-7 hari dalam satu minggu menurunkan risiko BBLR sebanyak 22%.

Banyak istirahat membuat penyaluran energi dan nutrisi dari ibu hamil ke janin lewat plasenta, bisa lebih optimal.

2. Mengurangi rasa lelah

Selain mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan rendah (BBLR), manfaat tidur siang saat hamil adalah mengurangi rasa lelah.

Mengutip dari Family Doctor, kehamilan menurunkan tekanan darah dan kadar gula sehingga membuat ibu hamil lebih mudah lelah, meski merasa tidak banyak melakukan aktivitas. Anda bisa tidur siang selama 30-60 menit setiap harinya untuk membuat tubuh lebih segar.

Kurang tidur tidak hanya merugikan ibu hamil, tetapi juga janin. Pasalnya, kurang tidur bisa memicu komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia.

3. Menekan risiko kelahiran bayi prematur

Tidak hanya dengan makanan bergizi, tidur siang saat hamil juga bisa mengurangi risiko kelahiran bayi prematur. Mengutip dari Sleep Foundation, ibu hamil yang kurang tidur berisiko melahirkan bayi prematur daripada mereka yang tidurnya cukup.

Saat tubuh kurang istirahat, janin dalam kandungan bisa merasa stres dan nutrisi yang plasenta salurkan tidak tercukupi dengan baik.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

4. Mengatasi insomnia

Mengutip dari John Hopkins Medicine, ibu hamil cenderung mengalami insomnia karena merasa tidak nyaman saat tidur. Hal tersebut terjadi terutama saat trimester ketiga ketika perut semakin membesar dan mengalami banyak keluhan saat hamil.

Untuk mengatasi insomnia selama hamil, ibu bisa rutin tidur siang setidaknya 30 menit dalam sehari. Sebaiknya durasi tidur siang tidak terlalu lama agar saat malam hari bisa istirahat lebih lama.

5. Meningkatkan konsentrasi

Kehamilan bisa menurunkan konsentrasi ibu hamil karena tubuh lebih mudah lelah. Tidur siang saat hamil memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi selama kehamilan.

Saat ibu hamil tidur siang, oksigen mengalir menuju otak dengan optimal. Kemudian, aliran oksigen ini bisa mengembalikan konsentrasi ketika selesai tidur siang atau beraktivitas di sore hari.

Berapa durasi tidur siang saat hamil yang ideal?

Jurnal Sleep Medicine menerbitkan penelitian seputar waktu ideal tidur siang saat hamil. Meski tidur siang saat hamil memiliki banyak manfaat, tetap tidak bisa terlalu lama.

Waktu tidur siang yang ideal sekitar 30-90 menit dan sesuaikan dengan kondisi. Bila Anda seorang ibu pekerja kantoran, bisa ambil waktu istirahat untuk tidur siang selama 30 menit.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

When pregnant women nap, it helps their babies | Tampa General Hospital. (2021). Retrieved 3 March 2021, from https://www.tgh.org/news/tgh-news/when-pregnant-women-nap-it-helps-their-babies

Sleeping While Pregnant 1st Trimester – Sleep Foundation. (2021). Retrieved 3 March 2021, from https://www.sleepfoundation.org/pregnancy/sleeping-during-1st-trimester

staff, f. (2017). Sleep and Pregnancy – familydoctor.org. Retrieved 3 March 2021, from https://familydoctor.org/getting-enough-sleep-pregnancy/

Sleep during pregnancy. (2021). Retrieved 3 March 2021, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/sleep-during-pregnancy

Song, L., Shen, L., Li, H., Liu, B., Zheng, X., & Zhang, L. et al. (2018). Afternoon napping during pregnancy and low birth weight: the Healthy Baby Cohort study. Sleep Medicine48, 35-41. doi: 10.1016/j.sleep.2018.03.029

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Riska Herliafifah Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita