Kapan Perut Akan Mulai Terlihat Membuncit Saat Hamil?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Walaupun mungkin ada beberapa ibu hamil yang tidak terlalu memperlihatkan perutnya yang besar dan menonjol. Tapi, perut yang besar merupakan salah satu perubahan tubuh pada ibu hamil yang paling nyata. Memangnya, mulai kapan sih perut ibu hamil mulai terlihat?

5 hal yang mempengaruhi kapan perut ibu hamil mulai terlihat

Sebenarnya tidak ada waktu yang pasti kapan perut ibu hamil mulai terlihat. Setiap ibu hamil bisa berbeda-beda menampakkan perutnya yang menonjol. Hal ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, misalnya sudah berapa kali Anda hamil, letak rahim (cenderung ke belakang atau tidak), usia,keturunan, ukuran tubuh Anda, dan masih banyak lagi.

1. Kali kehamilan

Jika ini adalah kehamilan pertama Anda, Anda mungkin akan memperlihatkan perut yang menonjol antara usia kehamilan 12-16 minggu. Namun, jika ini bukan merupakan kehamilan pertama Anda, perut Anda mungkin akan terlihat mengembang lebih cepat. Hal ini karena otot rahim dan perut Anda sudah pernah meregang di kehamilan sebelumnya. Jadi, semakin mudah perut Anda untuk mengembang.

Masuk usia 12 minggu kehamilan, janin dalam rahim Anda sudah mulai banyak berkembang. Sehingga, membutuhkan lebih banyak ruang untuk mendukung perkembangannya tersebut. Kemudian pada usia kehamilan 16 minggu, perut Anda akan benar-benar terlihat. Dan, pada usia kehamilan 20 minggu umumnya puncak perut ibu yang besar sudah berada di pusar.

2. Usia ibu hamil

Usia juga bisa memengaruhi perut ibu hamil. Ibu hamil yang berusia lebih tua umumnya menunjukkan perkembangan perut lebih cepat dibandingkan ibu hamil yang usianya lebih muda. Hal ini karena ibu hamil dengan usia lebih muda mungkin memiliki otot perut yang lebih kuat, sehingga perkembangan perutnya terlihat lebih lambat.

3. Keturunan

Ukuran perut ibu hamil berbeda-beda. Mungkin Anda pernah memperhatikannya. Ada ibu hamil yang cenderung mempunyai perut yang sangat besar dan ada juga yang tidak terlihat sampai dikira tidak hamil. Salah satu hal yang memengaruhinya adalah keturunan (gen).

Jika Anda mempunyai ukuran perut yang tidak terlalu besar saat hamil, mungkin ini adalah keturunan. Coba tanyakan pada ibu atau saudara perempuan Anda, saat mereka hamil apakah ukuran perut mereka juga sama seperti Anda dan kapan mereka mulai memperlihatkan benjolan perutnya saat hamil.

4. Ukuran tubuh ibu hamil

Ukuran tubuh ibu hamil juga bisa memengaruhi kapan perut ibu hamil mulai terlihat. Jika perut Anda sebelum hamil memang kecil, perkembangan perut Anda saat hamil mungkin tidak terlalu terlihat di awal kehamilan. Perkembangan perut ini mulai terlihat saat bayi mulai tumbuh dan besar, biasanya di akhir trimester pertama kehamilan. Selain itu, jika Anda mempunyai ukuran tubuh yang tinggi, perut Anda mungkin akan cenderung lebih lama untuk terlihat besar.

5. Letak rahim

Ternyata, letak rahim setiap wanita juga bisa berbeda dan ini memengaruhi kapan perut ibu hamil mulai terlihat. Wanita dengan letak rahim yang retrovert (rahim cenderung berada di bagian belakang perut) mungkin akan lebih lambat memperlihatkan perutnya yang besar saat hamil. Namun jangan khawatir karena ini tidak akan memengaruhi perkembangan janin Anda dalam kandungan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bolehkah Ibu Menjalani Diet Saat Hamil?

Sebagai perempuan, Anda memiliki rasa kekhawatiran akan penampilan Anda meski saat hamil. Namun, bolehkah ibu menjalani diet saat hamil?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit

Yang Harus Dilakukan Saat Kepala Bayi Terbentur

Kebanyakan kasus kepala bayi terbentur tidak bersifat fatal. Untuk membantu pemulihan dan menangani luka yang muncul di rumah, perhatikan panduan berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Parenting, Tips Parenting 18 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Masturbasi Saat Hamil, Boleh Atau Tidak?

Masturbasi saat hamil kabarnya mampu memberikan kenikmatan yang lebih memuaskan daripada hubungan seksual. Namun, apakah aman?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 12 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit

Kapan Saya Bisa Mulai Cek Kehamilan dengan Test Pack?

Meski Anda mungkin sudah hamil dua hari setelah berhubungan seks, beberapa test pack pengecek kehamilan mungkin belum bisa langsung mendeteksinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat, Seks & Asmara 11 Agustus 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perkembangan janin 14 minggu

Kapan Boleh Mencoba Hamil Lagi Setelah Keguguran?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 4 menit
kecemasan ibu hamil menjelang persalinan

Menghadapi 7 Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10 September 2020 . Waktu baca 5 menit
pelumas seks lubrikan bikin susah hamil

Hati-hati, Pelumas Seks Bisa Bikin Susah Hamil

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 9 September 2020 . Waktu baca 4 menit
bernafas dalam kandungan

Bagaimana Cara Bayi Bernapas Saat Masih dalam Kandungan?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 1 September 2020 . Waktu baca 3 menit