3 Tips Supaya Keluarga Anda Suka Makan Ikan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/09/2017
Bagikan sekarang

Asam lemak omega-3 dalam ikan sangat bagus untuk meningkatkan daya kerja otak. Beberapa jenis ikan juga kaya akan vitamin D. Sebagai seorang ‘koki’ di rumah, pasti Anda merasa kesal saat ikan yang Anda masak susah payah, tidak ada yang menyentuhnya. Anda jangan bersedih, mungkin ada sesuatu yang salah dengan masakan ikan Anda. Berikut tips supaya keluarga Anda suka makan ikan.

Bagaimana memilih ikan yang baik?

Menurut American Academy of Pediatrics ikan sangat baik untuk anak di bawah usia satu tahun. Studi menemukan, bayi yang makan ikan sebelum usia 9 bulan akan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena eksim. Namun, pastikan Anda tidak memilih jenis ikan yang mengandung merkuri tinggi. Anda juga harus memilih ikan yang segar, salah memilih ikan akan membuat rasa ikan tidak enak untuk dimakan.

Ikan yang Anda beli haruslah yang masih segar. Hal ini dapat dilihat dari ciri fisiknya. Perhatikan insangnya, warnanya haruslah merah segar dengan lendir yang normal. Aroma ikan masih segar, sisiknya kuat dan utuh serta tidak mudah terlepas.

Daging ikan yang masih kenyal menandakan ikan tersebut masih segar. Selain itu, ikan yang masih baik, jika dimasukkan ke dalam air akan tenggelam dengan cepat. Jika ingin membeli ikan bandeng, agar tidak salah membelinya, Anda harus perhatikan warna kulit di bagian punggung. Jika berwarna hitam, hal ini menandakan bandeng sudah tidak segar lagi. Ikan bandeng yang segar tidak berbau tanah, dan insang bandeng terbebas dari lumpur.

Memilih ikan yang baik adalah langkah pertama agar keluarga Anda suka makan ikan. Hal sederhana ini bisa membawa perubahan untuk gizi keluarga Anda

Cara membuat keluarga Anda suka makan ikan

1. Pilih jenis ikan

Pilih jenis ikan yang tidak memiliki banyak duri dan berdaging besar, seperti tuna, salmon, bawal, kakap, tengiri, cakalang, dan makarel. Beberapa orang biasanya tidak menyukai ikan karena memiliki trauma terhadap duri ikan. Hal ini juga mencegah agar keluarga Anda tidak tersedak duri saat memakan ikan. Jadi, anggota keluarga Anda tidak akan takut duri masuk ke mulut saat makan ikan.

2. Hilangkan bau amis

Kebanyakan orang tidak suka makan ikan karena bau amisnya. Meskipun Anda sudah mencuci dan menggorengnya terkadang bau amis pada ikan tetap bisa tercium. Hal ini karena pengolahan ikan yang tidak benar. Anda bisa menghilangkan bau amis ikan ini dengan mencuci bersih dan merendamnya terlebih dahulu dengan air jeruk nipis selama kurang lebih 15 menit.

3. Kreatif dalam pengolahan

Beberapa anggota keluarga Anda mungkin tidak suka makan ikan karena pengolahan yang kurang menarik. Anda dapat membuat aneka masakan ikan yang sesuai dengan selera keluarga Anda. Anda dapat mengolah ikan tanpa memperlihatkan bentuk ikan, misalnya menjadi tepung crispy, bola-bola ikan, nugget ikan, siomay, dan sebagainya.

Anda juga bisa menyajikan olahan ikan secara menarik dengan pelengkap sayuran. Penyajian yang menarik dapat mengundang selera makan. Sajikan bersama sayuran dan nasi lalu hias secara unik dan menarik.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Bolehkah Kita Donor Darah Saat Puasa? Apa Saja Risikonya?

Donor darah sebaiknya dilakukan teratur. Tapi bagaimana jika jadwal donor darah Anda selanjutnya jatuh di bulan Ramadan? Bolehkah donor darah saat puasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 02/05/2020

4 Penyebab Sakit Kepala Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Sakit kepala saat puasa tentu sangat mengganggu. Nah, kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Ini dia jawabannya!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hari Raya, Ramadan 27/04/2020

7 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut adalah masalah yang umum terjadi selama puasa. Tenang saja, Anda bisa menghilangkan bau mulut saat puasa dengan cara alami berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Hari Raya, Ramadan 24/04/2020

Menyiasati Jadwal Minum Obat saat Puasa Ramadan

Puasa di bulan Ramadan wajib bagi umat muslim. Keharusan minum obat secara rutin bisa disiasati agar tetap bisa menjalankan puasa dengan tenang.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Hari Raya, Ramadan 19/04/2020

Direkomendasikan untuk Anda

resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
sakit perut setelah buka puasa

Kenapa Saya Sakit Perut Setelah Buka Puasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020
maag saat puasa obat Omeprazole

4 Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020
tekanan darah tinggi saat puasa

5 Tips Lancar Puasa Bagi Anda yang Punya Tekanan Darah Tinggi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 04/05/2020