Tips Memilih Pasta Gigi Terbaik untuk Gigi Berlubang

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/11/2019 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Tanpa disadari, lubang di gigi Anda dimulai dengan lubang tak kasat mata. Rutin memeriksakan gigi 6 bulan sekali membantu Anda menemukan kondisi ini lebih cepat. Agar lubang tak semakin melebar, Anda perlu memilih pasta gigi yang tepat untuk gigi berlubang.

Penyebab gigi berlubang

Sebelum mengetahui cara memilih pasta gigi terbaik untuk gigi berlubang, Anda perlu tahu dulu apa yang menyebabkannya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan gigi berlubang. Penyebab utamanya adalah kebiasaan minum minuman berenergi, bersoda, jus buah dengan pemanis buatan, dan minuman manis lainnya.

Gula yang terkandung dalam minuman dan makanan manis dapat meningkatkan perkembangan bakteri penyebab gigi berlubang. Pasalnya, bakteri di dalam mulut mengubah gula menjadi asam yang dapat mengikis lapisan enamel pada gigi.

Selain itu, kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol juga dapat meningkatkan kemungkinan karies pada gigi. Bila tidak rajin menjaga kebersihan mulut, apalagi melewatkan sikat gigi malam, sangat mungkin Anda mengalami gigi berlubang.

Dampak buruk gigi berlubang

Bahaya gigi berlubang yang dibiarkan tanpa perawatan dapat menyebabkan komplikasi. Selain rasa sakit yang berkelanjutan, Anda juga bisa mengalami abses. Abses merupakan benjolan berisi nanah yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Bila abses gigi terjadi, Anda sebaiknya segera periksa ke dokter gigi.

Oleh karena itu, sebelum kerusakan gigi yang Anda alami semakin parah, dan lubang di gigi Anda tidak terus melebar, Anda perlu rutin menyikat gigi pagi dan malam.

Selain itu, Anda juga perlu memilih pasta gigi yang memang khusus diformulasikan untuk mencegah gigi berlubang.

Memilih pasta gigi untuk gigi berlubang

Gigi berlubang seharusnya memang memerlukan tindakan khusus di dokter gigi. Namun, Anda tetap bisa melakukan antisipasi supaya dampak gigi berlubang tidak semakin parah, yakni dengan memilih pasta gigi yang tepat.

Seperti yang Anda ketahui, mulut manusia sebetulnya jadi “tempat tinggal” mikroorganisme dari makanan dan minuman yang masuk. Bakteri yang ada di dalam mulut dapat tumbuh, berkembang biak, dan mengeluarkan limbah yang membentuk plak.

Plak dapat mengikis enamel pelindung gigi, sehingga menyebabkan kerusakan gigi. Kerusakan gigi akibat plak inilah yang bisa mengakibatkan gigi berlubang.

Mungkin Anda berpikir dan tak terlalu khawatir ketika lubang gigi Anda masih kecil. Padahal, lubang gigi yang kecil  ataupun besar, tetap saja akan mengakibatkan risiko yang lebih parah jika tak ditangani.

Oleh karena itu kebersihan gigi dan mulut perlu dijaga. Menyikat gigi secara teratur dan pemilihan pasta gigi yang tepat tetap perlu diperhatikan.

Untuk mencegah gigi berlubang semakin besar, pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride. Mineral alami dalam pasta gigi ini memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya gigi berlubang.

Setidaknya, pasta gigi yang mengandung fluoride dapat mencegah lubang pada gigi Anda semakin melebar.

Gigi yang berlubang mengalami kehilangan mineral penting untuk melindungi gigi. Nah, pasta gigi dengan kandungan fluoride juga dapat mencegah hilangnya mineral pada enamel gigi.

Fluoride dalam pasta gigi dapat membangun dan mengembalikan mineral pada lapisan enamel gigi. Mineral ini berperan penting untuk membantu memperkuat gigi.

Selain memilih pasta gigi mengandung fluoride, penting bagi Anda untuk menyikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari, pagi dan malam.

Jangan melewatkan waktu sikat gigi di malam hari. Selama satu hari gigi telah bersinggungan dengan ragam makanan dan minuman yang dapat menyebabkan plak jika dibiarkan semalaman.

Menyikat gigi dengan pasta gigi mengandung fluoride merupakan perawatan yang baik untuk gigi berlubang agar efek buruknya tidak semakin parah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Manfaat Cordyceps Militaris, Jamur yang Berkhasiat bagi Kesehatan Terutama untuk Pernapasan

Mari mengenal jamur cordyceps yang sejak dulu digunakan sebagai pengobatan tradisional Cina dan berbagai manfaatnya bagi kesehatan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Hidup Sehat, Fakta Unik 07/07/2020 . 4 mins read

5 Masalah Kesehatan yang Mengintai Freelancer dan Cara Mengatasinya

Bekerja sebagai pekerja lepas memang menyenangkan. Namun, ada 5 masalah dan cara menjaga kesehatan sebagai freelancer yang patut diketahui.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Asuransi, Hidup Sehat 07/07/2020 . 5 mins read

Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental untuk Pebisnis Startup

Menekuni usaha yang sesuai passion adalah impian sejumlah orang. Namun, jangan sampai lupa waktu. Simak cara menjaga kesehatan untuk pebisnis sekarang.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Asuransi, Hidup Sehat 07/07/2020 . 5 mins read

Waspada Komplikasi Akibat Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Ada banyak komplikasi yang ditimbulkan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Komplikasi tersebut mencakup masalah jantung, tulang, hingga depresi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Pernapasan, PPOK 07/07/2020 . 8 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

anak perfeksionis

Memahami Anak Perfeksionis dan Cara Menghadapinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . 7 mins read
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . 3 mins read
vitamin d untuk menopause

5 Manfaat Vitamin D untuk Wanita Menopause yang Harus Diketahui

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . 5 mins read
asam penyebab gigi berlubang di mulut

Tips Mencegah Penumpukan Asam Penyebab Gigi Berlubang di Mulut selama Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . 5 mins read