Mengatasi Sakit Tangan Akibat Terlalu Sering Main HP

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Di jaman kemajuan teknologi saat ini, rasanya tidak mungkin tidak memakai handphone alias HP. Segala aktivitas yang melibatkan komunikasi antar keluarga, teman sekolah, rekan bisnis, dan teman kerja dapat dilakukan lewat ponsel. Tidak hanya sebagai sarana komunikasi penting, HP juga berfungsi sebagai hiburan seperti untuk bermain game, mendengarkan lagu, dan membaca. Tak jarang ketika Anda lama bermain handphone, Anda merasakan sakit pada pergelangan tangan, jari, hingga sakit pada lipatan siku. Lalu, adakah solusi sakit tangan karena main HP?

Mengapa kita tidak boleh terlalu sering mengetik di HP?

Terlalu banyak mengetik dapat menyebabkan peradangan atau tendonitis, yang dapat menyebabkan rasa nyeri, kram, dan berdenyut-denyut di daerah lengan. Rasa nyeri tersebut mungkin akan hilang setelah Anda tidak lagi mengetik atau bermain HP. Menurut dr. Meredith Osterman, seorang dokter di Philadelphia Hand Center, yang dikutip Today.com, rasa sakit tersebut hampir sama dengan sindrom ‘mommy thumb, sindrom yang biasanya dialami oleh beberapa ibu baru ketika mereka baru mulai sering mengendong bayi.

Pada dewasa muda, rasa sakit ini bisa dikenali sebagai gejala arthritis. Hal ini adalah hasil dari bermain game dan mengirim pesan singkat yang mereka lakukan dari menggunakan ponsel. Menurut Vipul N. Nanavati, MD, spesialis ortopedi dan direktur program ekstremitas atas di Orthopedic Specialty Hospital, Mercy Medical Center di Baltimore, yang dikutip oleh Everyday Health, menyebutkan bahwa arthritis ditemukan pada bagian lengan yang paling biasa digunakan untuk melakukan kegiatan berulang-ulang, yaitu pada bagian ibu jari. Gejala dari kegiatan penekanan yang berulang (seperti mengetik) dapat berupa nyeri sendi parah pada jari, pergelangan tangan, siku, leher, punggung, disertai dengan rasa kebas, kaku, kesemutan, panas, dan kehilangan kekuatan.

Menurut penelitian pada 2011, yang dipresentasikan pada kongres European League Against Rheumatism, yang dikutip Everyday Health, anak-anak juga mengalami nyeri sendi pada pergelangan tangan dan jari karena intensitas seringnya bermain ponsel dan video games. Masih menurut Nanavati, memang belum adanya waktu yang cukup untuk melakukan penelitian mengenai hubungan antara bermain games serta sms dengan risiko terkena osteoarthritis awal, namun hal ini sangat masuk akal untuk terjadi.

Bagaimana cara mengatasi sakit tangan karena main HP?

Rasa sakit atau pegal di tangan mungkin memang tidak bisa dihindari saat main HP, tapi Anda bisa meminimalisir rasa sakit yang muncul tersebut dengan melakukan beberapa latihan peregangan. Hal ini mampu mengurangi gejala awal dan cedera gerakan berulang. Tahan peregangan selama 10 detik dan ulangi gerakan tersebut selama delapan kali. Apa saja yang perlu dilakukan?

  1. Satukan kedua telapak tangan Anda dengan cara menyatukan dan mengaitkannya jari jemari. Perlahan, biarkan telapak tangan menjauhi tubuh saat Anda memanjangkan tangan ke depan. Rasakan peregangan ini dari bahu hingga ke jari-jari Anda.
  2. Sama seperti gerakan pertama, jemari kedua tangan saling bertautan, namun kali ini bawa kedua tangan Anda ke atas kepala. Rasakan peregangan pada tubuh bagian atas dan dari bahu hingga ke tangan.
  3. Panjangkan tangan di depan Anda, pastikan siku benar-benar lurus. Posisikan telapak tangan menghadap ke bawah,  kaitkan kedua tangan, dan bungkukkan tangan ke arah lantai.
  4. Putarkan telapak telapak tangan ke atas dan regangkan tangan ke atas tubuh Anda. Latihan ini  ditujukan meregangkan lengan bawah dan otot pergelangan.
  5. Buka tangan selebar-lebarnya dan regangkan jari sejauh mungkin

Bagaimana cara mencegah tangan sakit jika Anda sering main HP?

Berikut ini ada beberapa cara yang direkomendasikan untuk menghindari rasa sakit di tangan akibat main HP, seperti:

  • Jangan menekan terlalu keras – meskipun saat ini hampir seluruh layar sudah berganti touch screen, tetap saja hal tersebut dapat menekan saraf.
  • Gunakan kuku untuk menggulir tampilan ke bawah daripada menggunakan ibu jari Anda sendiri.
  • Jika harus mengirim pesan. Sebaiknya kirim pesan singkat dan jangan mengetik banyak pesan dalam waktu yang  bersamaan. Jika Anda terus menerus berkirim pesan, istirahatkan jari dan tangan setiap 15 atau 20 menit.
  • Ibu jari Anda terbiasa menjadi fokus utama saat memainkan ponsel. Ketika ibu jari Anda sudah pegal. Anda bisa gunakan alternatif jari lainnya.
  • Jangan menggenggam terlalu lama ponsel Anda, ada baiknya taruh di meja, di tempat HP yang bisa disangga – saat ini sudah banyak dijual di pasaran.
  • Entah itu aktivitas apa pun yang Anda lakukan, selalu atur postur tubuh yang baik.
  • Ketika Anda beristirahat, ada baiknya gunakan untuk berjalan-jalan, meregangkan badan, memutar-mutar, atau melemaskan pergelangan tangan.
  • Ketika Anda sedang beristirahat, jauhkan ponsel Anda dari jangkauan. Jangan biarkan kita diperbudak oleh ponsel.
  • Hindari tekanan yang membuat bahu dan leher Anda pegal.
  • Gunakan fitur voice-to-text jika terdapat pada ponsel Anda, sehingga ketika Anda capek mengetik, jari dan pergelangan tangan dapat beristirahat.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Hati-hati, tidak menjaga kesehatan kandung kemih membuat Anda rentan kena berbagai gangguan sistem kemih seperti infeksi saluran kencing hingga kanker.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

5 Ramuan Alami Terbaik untuk Mengatasi Rambut Kering

Rambut kering memang bikin penampilan terlihat kusam. Mari simak cara mengatasi rambut kering menggunakan 5 bahan alami pada penjelasan di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Rambut Rontok, Hidup Sehat 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Tips Menghadapi Kecemasan Kembali Beraktivitas di Era New Normal

Wajar jika merasa khawatir terhadap ketidakpastian di tengah pandemi COVID-19. Yuk, cari tahu solusi menghadapi kecemasan di new normal di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
menghadapi kecemasan di new normal
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/08/2020 . Waktu baca 5 menit

Penuhi Nutrisi Ini untuk Mencegah Penularan Coronavirus saat New Normal

Nutrisi memegang peranan yang besar untuk mencegah kemungkinan risiko COVID-19. Yuk, cari tahu nutrisi utama yang perlu ditambahkan dalam menu harian Anda.

Ditulis oleh: Maria Amanda
Nutrisi, Hidup Sehat 30/07/2020 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

rileksasi tubuh

5 Cara Sederhana untuk Relaksasi Sehabis Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 4 menit
cara menghilangkan varises dengan skleroterapi

Sering Menggoyang-goyangkan Kaki Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 3 menit
sering kencing di malam hari

7 Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil yang Mengganggu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
nokturia adalah

Nokturia, Penyebab Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit