Sering Membunyikan Jari Tangan, Apakah Berbahaya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Membunyikan jari atau sendi-sendi jari saat lagi pegal terkadang terasa melegakan, bahkan mungkin memuaskan. Namun, para dokter tidak menganjurkan kita terlalu sering membunyikan buku jemari karena menurut beberapa penelitian, kebiasaan ini bisa menimbulkan cedera. Dulu ada dugaan membunyikan jari bisa menyebabkan arthritis, tapi belakangan anggapan tersebut terbantahkan.

Seperti yang ditulis di WebMD, membunyikan sendi jari bisa menyebabkan tekanan negatif yang menarik gas nitrogen ke sendi, seperti saat jari berbunyi “krek”. Ini tidak berbahay,a sebenarnya. Bunyi “krek” bisa juga terdengar jika tendon mengenai jaringan karena perubahan minor dalam jalur gesekannya. Ini bisa menyebabkan rusaknya massa otot dan perubahan gerak.

Bila bunyi “krek” dibarengi dengan rasa sakit, bisa jadi ada yang tidak normal pada sendi jari Anda, seperti cedera ligamen atau masalah lainnya. Beberapa pasien dengan arthritis (peradangan sendi, biasanya sakit), bursitis, atau tendinitis biasanya mengalami suara “krek” dikarenakan adanya pembengkakan jaringan.

Yang terjadi jika rutin membunyikan jari selama 60 tahun

Dikutip DailyMail, untuk membuktikan bahwa membunyikan sendi-sendi jari tidak berbahaya, seorang pria asal California, Donald Unger, melakukan suatu percobaan pada dirinya sendiri.

Ia membunyikan jari di tangan kirinya sedikitnya dua kali sehari, tapi tidak pernah membunyikan jari tangan kanannya. Ini dilakukan agar ia bisa membandingkan hasil pada kedua tangannya tersebut. Sampai akhirnya setelah 60 tahun ia membuktikan bahwa ia tidak mengalami arthritis.

“Saya melihat jari saya dan tidak ada tanda sedikitpun akan arthritis di tangan,” tutur Donald saat mempublikasikan temuannya dalam jurnal Arthritis and Rheumatism.

Sejauh ini penelitian yang menemukan hubungan antara membunyikan jari dan arthritis belum ada, tetapi kebiasaan seperti ini belum tentu bagus juga. Penelitian lain mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut berkaitan dengan kerusakan ligamen dan jaringan lunak.

Risiko gangguan fungsional tangan

Berlawanan dengan percobaan yang dilakukan Donald, penelitian lainnya yang diterbitkan dalam Annals of Rheumatic Diseases menghubungkan kebiasaan membunyikan jari dengan pembengkakan tangan dan menurunnya kekuatan tangan untuk memegang. Hasil penelitian ini mendorong para peneliti lainnya untuk menyimpulkan bahwa kebiasaan ini mengarah kepada gangguan fungsional tangan.

Dalam penelitian lainnya tentang cedera yang timbul akibat membunyikan sendi, seperti dijelaskan dalam American Journal of Orthopaedics, manipulasi dan paksaan untuk mendengar suara retak pada jari bisa berujung pada cedera akut.

“Banyak orangtua yang memberi tahu anaknya untuk tidak melakukan kebiasaan tersebut, tapi membunyikan buku jari sebenarnya tidak menjadi kekhawatiran para fisioterapis kecuali mungkin jika mengakibatkan rasa nyeri atau bengkak,” ungkap fisioterapis Sammy Margo.

Meskipun banyak sendi yang menimbulkan suara, Margo menambahkan bahwa bunyi “krek” yang terdengar saat Anda membunyikan sendi-sendiri jari mungkin juga ada kaitannya dengan nyeri atau bengkak. “Itu bisa jadi cedera atau ausnya tulang rawan, tulang rawan robek, atau osteoartritis,” tutur Margo.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda, buah stroberi dapat membantu mencegah katarak dan menurunkan tekanan darah? Apalagi manfaat buah merah asam ini untuk kesehatan tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

4 Bahaya Komplikasi Infeksi Cacing Pita Dalam Tubuh, Plus Cara Menghindarinya

Tanpa disadari, cacing pita bisa masuk ke dalam tubuh lewat makanan yang mentah atau tidak dimasak dengan benar. Hati-hati, risiko infeksi yang mengintai

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Penyakit Infeksi, Infeksi Jamur dan Parasit 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Apa yang Akan Terjadi Ketika Anda Menghirup Debu

Tak hanya memicu batuk-batuk, menghirup debu saat Anda bernapas juga bisa menimbulkan dua kondisi kesehatan berikut ini. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Asma, Kesehatan Pernapasan 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

5 Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Minuman campuran lemon dan madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain membantu meningkatkan imun tubuh, apa saja manfaat campuran lemon dan madu?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Kesehatan, Informasi Kesehatan 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bahaya rokok, bahaya merokok bagi kesehatan, dampak rokok, efek rokok, berhenti merokok

Bahaya Merokok Terhadap Daya Tahan Tubuh Manusia

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit
urat menonjol pada orang muda

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat daun sirih daun sirih merah, rebusan daun sirih, manfaat daun sirih untuk wajah, manfaat daun sirih untuk kewanitaan

Segudang Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah yang Sayang Dilewatkan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit
sedih

11 Cara Jitu Mengusir Rasa Sedih dan Galau Dalam Hati

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit