Unik dan Apik, Ini Cara Membersihkan Rumah Ala Marie Kondo yang Patut Dicoba

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 Desember 2019 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Terkadang membersihkan rumah terlihat seperti pekerjaan yang tidak menyenangkan sekaligus melelahkan. Padahal, ada banyak sekali manfaat membersihkan rumah untuk kesehatan. Marie Kondo telah berhasil membuktikannya. Siapa dia, dan bagaimana ia bisa membuktikan manfaat kesehatan dari membersihkan rumah?

Membersihkan rumah ala Marie Kondo

membersihkan rumah dengan pasangan

Membersihkan rumah tidak sesederhana kelihatannya. Seringnya, Anda justru kebingungan harus memulai dari mana, apalagi jika Anda harus membersihkan seluruh bagian rumah.

Nah, mungkin Anda bisa mengadopsi cara yang dilakukan oleh Marie Kondo, pembawa acara televisi berjudul “Tidying up with Marie Kondo”. Belakangan ini wanita tersebut populer karena caranya membereskan rumah hingga sangat rapi dan apik.

Berikut beberapa tips untuk membersihkan rumah yang bisa Anda coba ala Marie Kondo:

  • Tentukan terlebih dahulu barang mana yang berharga untuk Anda dan mana yang tidak. Buang yang tidak berharga
  • Gunakan kardus atau boks untuk memisah-misahkan benda Anda sekalipun yang ada di dalam lemari. Letakkan boks di dalam lemari juga.
  • Menggunakan teknik khusus dalam melipat pakaian. Jika tidak bisa, gulung pakaian dan masukkan ke dalam boks agar gulungan tetap rapi.
  • Dalam menyortir foto, cari foto dengan pose yang hampir sama, pilih yang paling Anda suka dan buang yang lain.
  • Dalam menata buku, tata dengan tujuan enak dilihat, usahakan dikelompokkan berdasarkan ukuran dan warna.

Metode KonMari yang patut dicoba di rumah

Metode yang digunakan Marie Kondo dalam membersihkan rumah diberi nama metode KonMari, yaitu metode bersih-bersih yang berawal dari membersihkan pakaian terlebih dahulu, kemudian buku, kertas, benda-benda kebutuhan lainnya, baru kemudian benda-benda yang sensitif.

Filosofi dari metode ini adalah mempertahankan benda-benda yang membuat Anda bahagia, dan buang benda-benda yang sudah tidak membuat Anda senang saat menggunakannya. Namun, sebelum membuangnya, pastikan Anda mengucapkan terima kasih terhadap benda-benda tersebut karena sudah bermanfaat selama Anda menggunakannya.

Orang dari berbagai penjuru dunia telah banyak yang menggunakan metode ini. Selain karena sangat efektif dalam memaksimalkan manfaat membersihkan rumah untuk kesehatan mental, Anda juga bisa menggunakan metode ini untuk berinstrospeksi dan berpikiran terus ke depan.

Ada 6 aturan yang harus Anda ikuti jika ingin mempraktekkan filosofi membersihkan rumah ala Marie Kondo, yaitu:

  • Anda harus berkomitmen dalam membersihkan rumah
  • Bayangkan bagaimana gaya hidup yang ideal bagi Anda
  • Selesaikan menyortir barang yang hendak Anda gunakan dan Anda buang terlebih dahulu
  • Membersihkan sesuai kategori, bukan sesuai lokasi
  • Ikuti urutan yang telah ditetapkan oleh Marie Kondo
  • Tanyakan kepada diri Anda sendiri, apakah dengan membersihkan rumah Anda sudah merasa bahagia

Membersihkan rumah, kaya manfaat untuk kesehatan

Meski metode KonMari agak unik dan berbeda dari yang lain, cara ini nyatanya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan mental, lho.

Hal ini ada kaitannya dengan bagian otak Anda yang disebut korteks visual, yaitu bagian otak yang bertugas mengolah impuls gambar yang diterima oleh penglihatan. Jika terlalu banyak hal yang bisa Anda lihat, maka perhatian Anda akan terganggu dan Anda akan kesulitan memproses berbagai informasi.

Terdapat beragam manfaat membersihkan rumah untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari membersihkan rumah ala Marie Kondo:

1. Menyayangi diri sendiri

cara membersihkan rumah

Menyayangi diri sendiri bukan hal yang buruk. Dengan menata dan merapikan barang-barang Anda, menandakan bahwa Anda peduli terhadap kesehatan mental Anda. Tentu Anda akan merasa senang jika melihat suasana rumah rapi dan bersih.

Meskipun Anda yang melakukannya sendiri, dan bukannya orang lain, Anda akan merasa seolah sedang diberi hadiah atas hal tersebut.

2. Memberikan rasa puas

Sering kali, saat Anda gagal melakukan hal yang baik untuk diri Anda, otak Anda akan memaksa diri untuk mengkritisi sikap Anda. Begitu pula sebaliknya, saat Anda berhasil melakukan hal yang baik untuk diri Anda, otak akan cenderung mendorong Anda untuk merasa puas terhadap perilaku Anda, bahkan terhadap diri sendiri.

Manfaat membersihkan rumah untuk kesehatan juga dengan memberikan rasa puas terhadap apa yang telah Anda lakukan sendiri. Sehingga, saat Anda membuka lemari pakaian yang rapi, membuka laci meja kerja yang tertata, dan tempat-tempat lain di area rumah Anda yang telah Anda rapi dan bersihkan, Anda akan terus-menerus merasa puas terhadap diri Anda.

3. Jadi lebih mudah berpikir jernih

berpikir logis

Melihat berbagai macam benda dapat membuat otak Anda penuh dan ia akan terus-menerus terstimulasi untuk memproses berbagai macam informasi, sehingga Anda akan kesulitan untuk fokus terhadap pekerjaan atau kegiatan lain yang lebih penting.

Dengan membereskan bagian rumah yang berantakan, maka Anda akan merasakan manfaat membersihkan rumah untuk kesehatan lainnya, yaitu Anda memberikan otak Anda lebih rileks dan meningkatkan konsentrasi.

4. Mengurangi stres

bahagia senang senyum wanita sehat

Mungkin Anda termasuk orang yang cuek dan cenderung meletakkan barang di sembarang tempat, alias tidak mengembalikannya ke tempat semula. Jika Anda masih meneruskan kebiasaan ini nyatanya Anda akan lebih mudah stres.

Contoh mudahnya saja, Anda akan sering kesulitan menemukan barang yang Anda inginkan. Padahal, barang tersebut sangat Anda perlukan saat itu. Ketika mencari barang di antara tumpukan barang lainnya akan membuat Anda stres dan bisa jadi menimbulkan keributan di rumah.

Entah itu Anda jadi menyalahkan orang di rumah karena tidak bisa menemukannya atau orang di rumah Anda jadi ikutan marah akibat barang yang kalian butuhkan tidak kunjung ketemu juga. Hal ini, berujung pada frustasi.

Manfaat membersihkan rumah untuk kesehatan juga dapat mengurangi frustasi. Dengan membuang benda-benda yang sudah tidak bisa digunakan, menyortir dan mengelompokkan benda-benda sesuai dengan kegunaannya, dan merapikan barang-barang serta mengembalikannya pada tempatnya dapat memudahkan Anda mengerjakan pekerjaan rumah dan mengurangi rasa stres yang biasanya Anda rasakan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyakit Mental

Pahami semua tentang penyakit mental mulai dari penyebab, faktor risiko, gejala, hingga bagaimana cara mengatasinya dalam ulasan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 17 September 2020 . Waktu baca 9 menit

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental untuk Melawan Penyakit Kritis

Mental yang sehat mendukung kesehatan tubuh secara fisik. Ketika dilanda penyakit kritis, Anda tetap perlu menjaga kesehatan mental untuk dukung pemulihan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
tips menjaga kesehatan mental
Hidup Sehat, Tips Sehat 13 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental untuk Pebisnis Startup

Menekuni usaha yang sesuai passion adalah impian sejumlah orang. Namun, jangan sampai lupa waktu. Simak cara menjaga kesehatan untuk pebisnis sekarang.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
Asuransi, Hidup Sehat 7 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

Bagaimana Pandemi Membuat Seseorang Berisiko Mengalami PTSD?

Pandemi COVID-19 memberikan dampak beragam, beberapa orang berisiko mengalami PTSD akibat melewati peristiwa mengguncang ini. Siapa saja yang berisiko?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 22 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gerakan senam otak

3 Gerakan Dasar Senam Otak untuk Tingkatkan Fokus dan Kreativitas

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
foto keluarga bahagia yang sudah dilindungi oleh manfaat asuransi jiwa

5 Manfaat Asuransi Jiwa bagi Keluarga

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 5 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Kesehatan jiwa remaja cegah depresi

Era Modern: Kasus Depresi pada Anak Remaja Meningkat

Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 5 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
tanda stress yang sering diabaikan

7 Tanda Stres yang Sering Tidak Anda Sadari

Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit