6 Manfaat Mujarab Bunga Lawang yang Sayang Dilewatkan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 04/09/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bunga lawang atau yang dikenal dengan nama pekak adalah rempah yang berasal dari Tiongkok bagian selatan dan Vietnam. Biasanya, rempah yang satu ini digunakan dalam banyak masakan terutama Asia. Tanaman dengan nama ilmiah Illicium verum ini berbentuk seperti bintang yang terdiri dari delapan ruas. Tiap ruasnya berisi biji kecil berwarna cokelat, sama seperti warna bunganya. Faktanya, ada segudang manfaat bunga lawang yang sayang jika dilewatkan.

Manfaat bunga lawang untuk kesehatan

Bunga lawang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti:

1. Antijamur dan antibakteri

Manfaat bunga lawang yang pertama ialah berfungsi sebagai antijamur dan antibakteri. Menurut Korean Journal of Medical Mycology, esktrak tanaman yang satu ini memiliki sifat antijamur dan antibakteri alami. Bunga lawang mampu mengendalikan jenis jamur tertentu seperti Candida albicans.

Jamur yang satu ini menjadi penyebab infeksi yang paling umum. Biasanya Candida albicans dapat tumbuh tanpa terkendali dan menyebabkan penyakit kandidiasis. Selain itu, para ilmuwan di Taiwan juga menemukan ada empat senyawa antimikroba di dalam bunga lawang yang efektif mengatasi 70 strain bakteri yang resistan alias kebal terhadap obat.

2. Berfungsi sebagai antioksidan

merokok sebabkan penuaan

Bunga lawang mengandung minyak esensial linaool dan vitamin C yang merupakan sumber antioksidan. Antioksidan adalah senyawa alami yang melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan racun lingkungan seperti asap rokok dan polusi udara.

Radikal bebas yang ada di dalam tubuh mempercepat proses penuaan tubuh. Akibatnya, Anda berisiko terkena berbagai penyakit seperti jantung dan kanker hingga penuaan dini pada kulit. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chemico-Biological Interactions, menemukan fakta bahwa bunga lawang dapat bahkan dapat mengurangi perkembangan sel kanker.

3. Meningkatkan kesehatan ibu hamil

terlalu tua untuk hamil

Selain dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, bunga lawang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit selama kehamilan. Sehingga tanaman herbal yang satu ini aman dan baik dikonsumsi saat hamil.

Bahkan, ibu menyusui juga bisa mencoba bunga lawang untuk meningkatkan produksi ASI. Senyawa antehole pada bunga lawang juga menunjukkan sifat mirip hormon estrogen yang dapat mengatur fungsi hormon pada wanita.

4. Menyehatkan sistem pencernaan

anatomi sistem pencernaan

Bunga lawang termasuk rempah yang kaya akan serat. Sudah bukan hal baru bahwa serat mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan seperti mengatasi perut kembung, kram dan sembelit. Serat mampu melembutkan dan melunakkan feses sehingga mencegah Anda dari sembelit.

Sembelit yang dibiarkan terlalu lama dapat berkembang menjadi wasir yang bisa menyebabkan buang air besar berdarah dan menyakitkan. Satu sendok makan ekstrak bunga lawang mengandung satu gram serat atau setara dengan 3-4 persen dari kebutuhan harian Anda, tergantung pada usia dan jenis kelamin.

5. Mengatasi flu dan batuk

meninggal karena flu

Manfaat bunga lawang yang mungkin tidak Anda duga ialah mengatasi flu dan juga batuk. Hal ini karena bunga lawang mengandung asam shikimat yang tinggi. Berdasarkan Journal of Medical Virology, kombinasi asam shikimat dan antioksidan quercetin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan begitu, tubuh mampu melindungi dirinya secara maksimal dari serangan penyakit terutama yang diakibatkan oleh virus. Selain itu, mengonsumsi secangkir teh ekstrak bunga lawang tiga kali sehari membantu menghilangkan batuk dan sakit tenggorokan.

6. Mengatasi gangguan tidur

penyakit gangguan tidur

Dikutip dari Mercola, bunga lawang juga banyak digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan tidur. Pasalnya, pengobatan tradisional menemukan fakta bahwa bunga lawang memiliki sifat penenang ringan yang membantu menenangkan saraf. Cobalah untuk mengonsumsi teh ekstrak bunga lawang setiap harinya. Jika gangguan tidur yang Anda miliki dapat teratasi, maka kualitas kesehatan fisik dan juga mental akan semakin membaik.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tak Hanya Kaya Vitamin, Ini 5 Manfaat Labu Air Bagi Kesehatan

Rasanya yang tawar membuat labu air tidak banyak digemari. Padahal, konsumsi labu air juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/02/2020 . Waktu baca 4 menit

Jangan Asal Pilih Obat Batuk, Kenali Dulu 4 Gejala Ini

Cara memilih obat batuk yang tepat adalah dengan mengenali jenis dari batuk yang dialami karena obat batuk memiliki kandungan yang berbeda-beda pula.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Batuk, Health Centers 18/02/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Cara Mudah dan Efektif untuk Membersihkan Paru-Paru Perokok

Asap rokok yang dihirup penuh dengan racun yang bisa merusak paru. Oleh karena itu, yuk cari tahu berbagai cara untuk membersihkan paru-paru perokok.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Tips Sehat 24/01/2020 . Waktu baca 5 menit

Tidur Tanpa Bra, Tak Hanya Nyaman tapi Juga Bermanfaat bagi Kesehatan

Banyak yang beranggapan tidur dengan bra tidak baik bagi kesehatan. Benarkah demikian? Lantas, manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari tidur tanpa bra?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Perawatan Kewanitaan, Hidup Sehat 16/01/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jamur cordyceps

4 Manfaat Cordyceps Militaris, Jamur yang Berkhasiat bagi Kesehatan Terutama untuk Pernapasan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat serat kenapa penting

Kenapa Penting Makan Makanan Berserat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . Waktu baca 5 menit
mencegah anak terserang flu

4 Kebiasaan Baik untuk Mencegah Anak Terserang Flu

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 15/04/2020 . Waktu baca 4 menit
obat herbal kanker serviks

6 Pilihan Obat Herbal untuk Kanker Serviks Melihat dari Sisi Medisnya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 28/02/2020 . Waktu baca 7 menit