Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 02/12/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sebagian orang merasa nyaman untuk makan makanan yang sama tiap harinya. Entah alasan praktis, mudah memasaknya, atau bisa jadi karena memang itu makanan favoritnya. Tapi dengan makan makanan yang sama tiap hari, apa itu sehat buat tubuh Anda?

Kebiasaan makan makanan yang sama terus tidak menyehatkan

Sebenarnya, jika Anda makan sayuran-sayuran dan buah setiap harinya, itu tidak masalah. Anda akan mendapatkan nutrisi dan gizi yang bervariasi. Namun, ketika menu atau bahan makanan yang Anda makan tiap hari mulai dari pagi hingga malam semuanya sama, hal itu lambat laun akan mengganggu keseimbangan nutrisi Anda.

Memang rasanya nyaman dan praktis ketika Anda menyiapkan sesuatu yang sudah rutin dan cocok untuk lidah. Tapi apa yang terjadi kalau tubuh menerima asupan makanan yang sama terus?

  • Saat bosan, Anda akan beralih ke junk food

Hal yang satu ini paling sering terjadi. Saat Anda mencapai titik bosan pada makanan yang sama, otak Anda akan mengalihkan pikiran pada makanan siap saji. Akhirnya, tubuh yang telah terbiasa makan makanan yang sama terus akan menjadikan junk food sebagai makanan rutin Anda. Hal ini tentu merugikan kondisi tubuh dan juga biaya yang tidak sedikit.

  • Nutrisi tidak seimbang

Alasan mengapa perlu adanya variasi pada makanan adalah,  karena tidak ada makanan berjenis sama tapi punya gizi yang beragam. Anda membutuhkan semua nutrisi yang proporsional tiap harinya untuk hidup sehat.

  • Kelebihan satu nutrisi

Jika Anda selalu menyantap makanan berlebih, contohnya yang mengandung karbohidrat, Anda pun akan cenderung bertubuh gemuk hingga obesitas. Nah, jika sudah obesitas, biasanya teman terdekat yang menyertainya adalah diabetes yang disebabkan oleh gula darah yang meningkat akibat kelebihan karbohidrat.

Tips agar gizi dan nutrisi Anda terpenuhi

Sebetulnya boleh-boleh saja Anda makan makanan yang sama tiap hari. Tetapi tubuh Anda punya kapasitas terbatas untuk menerima asupan yang itu-itu saja. Anda harus belajar dan bisa mengenali perubahan tubuh yang disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi dari makanan yang Anda makan.

Jika Anda menjadi mudah sakit, berat badan bertambah dan tidak merasa lebih sehat dari biasanya, mulailah untuk mengubah asupan makanan Anda. Berikut ini, merupakan beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam memenuhi asupan nutrisi sehari-hari:

1. Coba menu baru tiap minggu

Memang banyak yang susah “move on” dari menu yang sudah nyaman di lidah. Anda masih bisa menggunakan makanan yang sama, tapi cobalah untuk menambahkan sesuatu yang berbeda tiap harinya. Bisa dimulai dari membuat jadwal serta resep yang Anda suka. Misalnya, tiap hari Anda hanya makan nasi goreng, Anda bisa membeli 7 bahan makanan tambahan yang berbeda untuk dimakan setiap harinya.

Untuk hari pertama, Anda bisa menambahkan asupan wortel dalam menu nasi goreng Anda. Pada hari kedua, coba tambahkan terong atau kacang polong, dan begitu seterusnya Anda menambahkan topping berbeda tiap hari dalam 1 minggu. Dengan begitu Anda bisa mengatur dan memakan makanan yang berbeda tanpa menghilangkan menu kesukaan Anda. Tubuh pun tidak menjadi timpang nutrisi, setidaknya.

2. Sediakan camilan sehat

Menu makanan boleh itu-itu saja, tapi tidak dengan camilan. Dengan menyiapkan dan menyediakan camilan sehat di kantor, rumah, atau bahkan di tas Anda, Anda sudah berperan untuk melengkapi nutrisi harian. Misalnya, Anda bisa menyiapkan salad atau smoothies di antara aktivitas Anda. Hal ini akan memberikan Anda variasi nutrisi tanpa mengubah makanan sehari-hari.

3. Minum vitamin dan suplemen

Terakhir bagi Anda yang masih dan ingin mempertahankan pola makan dengan menu yang sama tiap harinya, cobalah untuk mengonsumis vitamin atau suplemen.Konsumsi vitamin atau suplemen yang bisa memenuhi nutrisi harian. Memang, suplemen tidak akan membuat perbaikan drastis pada gizi makanan Anda, namun ini akan membantu Anda memenuhi cadangan vitamin dan mineral tubuh yang hilang.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Banyak mitos membuat infeksi cacing menjadi hal sepele. Cek fakta seputar cacingan yang berbahaya jika dibiarkan, seperti menghambat pertumbuhan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit