6 Tanda Pasangan Anda Selingkuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 17 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Selingkuh tak lagi indah apabila sudah tercium gelagat mencurigakan dan ketahuan belangnya. Biasanya tanda-tanda pasangan selingkuh bisa ditemukan dari naluri, kata hati, dan juga pikiran Anda saat menyadari bahwa ada yang salah dari pasangan. 

Namun apabila hanya mengandalkan hal tersebut, rasanya kurang sah untuk menuduh pasangan Anda sedang selingkuh. Untuk lebih yakin lagi, benar atau tidaknya pasangan Anda sedang mendua, simak 6 tanda-tanda umum dari orang yang sedang selingkuh berikut ini. 

Tanda-tanda pasangan Anda selingkuh

1. Kasih sayang yang tidak biasa dan berlebihan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Personality and Social Psychology Bulletin, bila pasangan menunjukkan rasa sayang yang berlebihan secara mendadak, bisa menjadi tanda-tanda bahwa dia selingkuh. 

Ini bisa terjadi misalnya saat si dia yang biasanya cuek dan tidak terlalu menunjukkan kasih sayang kepada Anda secara nyata, namun tiba-tiba menjadi orang yang paling romantis di dunia. 

2. Menjelek-jelekkan seseorang secara tiba-tiba

Tanda-tanda pasangan Anda selingkuh, bisa dicurigai apabila ia secara mendadak menjelek-jelekkan seseorang. Ada kemungkinan orang tersebut bisa menjadi selingkuhannya. 

Pasangan yang selingkuh juga bisa tiba menjelek-jelekkan atau merendahkan orang lain karena orang tersebut adalah saksi mata atau yang mengetahui ia berselingkuh. Perilaku ini bisa menjadi cara pasangan Anda untuk menutupi kesalahan mereka dan mengurangi rasa curiga Anda. 

3. Ada tanda-tanda aneh di media sosial (medsos)

Zaman media sosial sekarang ini mempermudah selingkuh, sekaligus memudahkan cara untuk mengetahui tanda-tanda perselingkuhan. 

Secara tidak langsung, Anda bisa melihat dari direct message atau inbox media sosial pasangan yang sifatnya pribadi. Perhatikan, apa semua isi chat di medsos atau aplikasi chatnya dihapus atau tidak. Bila iya, Anda patut curiga, karena ini tanda bahwa seseorang ingin menghapus bukti kesalahan yang sewaktu-waktu bisa Anda ketahui. 

Anda juga bisa memerhatikan feed timeline media sosial pasangan. Apakah ada akun seseorang yang selalu ia perhatikan di media sosial, apakah ia punya akun fake, atau apakah ia selalu menyembunyikan gadgetnya saat bertemu Anda?

Anda juga patut bertanya pada pasangan Anda apabila di medsos ia menunjukkan keintiman dan godaan dengan orang lain. Tanyakan baik-baik, pastikan Anda sudah punya bukti yang  cukup kuat untuk membahasnya bersama pasangan. 

4. Angkat telepon sembunyi-sembunyi

Tanda lain pasangan Anda selingkuh bisa dilihat dari bagaimana ia mengangkat telepon dan memainkan gadget-nya. 

Misalnya, apabila ia tiba-tiba meninggalkan Anda untuk menjawab telepon dan segera meninggalkan tempat, Anda patut mempertanyakan dari siapa panggilan tersebut.

Lalu apabila ia  memainkan handphone untuk balas chat secara sembunyi-sembunyi, Anda bisa bertanya seperti “Kenapa main hape nya di bawah meja?” atau “Chat, dari siapa sayang?”

Perhatikan ekspresi wajahnya. Apabila ia terkejut saat menyadari bahwa Anda memerhatikannya, lalu langsung menyimpan gadget nya, Anda bisa curiga bahwa ada sesuatu yang disembunyikan dari Anda.

5. Meningkat atau menurunnya hubungan seks

Pasangan yang saling mencintai dan setia satu sama lain umumnya selalu menginginkan aktivitas fisik yang lebih intim dan lebih sering. Lalu, jika pasangan mulai jarang melakukan aktivitas yang lebih intim atau menolak tanpa alasan, misalnya sedang stres atau sakit, Anda boleh curiga ada yang berubah darinya. 

Namun jangan salah sangka juga apabila pasangan Anda tiba-tiba menginginkan aktivitas fisik yang lebih intim dan sering. Ini berlaku apabila ia sebelumnya frekuensi hubungan intim ada sedang-sedang saja, ya.  Ini bisa menjadi cara dia mengalihkan kesalahan yang ia perbuat, misalnya seperti selingkuh.

6. Sibuk tiba-tiba 

Tanda-tanda pasangan Anda selingkuh bisa dilihat dari aktivitas sehari-harinya. Jika si dia yang biasanya tidak pernah lembur, namun akhir-akhir ini sering pulang telat dengan alasan lembur tanpa bukti yang jelas, kemungkinan ia berbohong. 

Lalu, pada saat pasangan Anda tiba-tiba harus melakukan dinas keluar kota, dan sebelumnya tidak pernah demikian, Anda boleh menaruh curiga. Pasangan yang mengalami tanda-tanda selingkuh biasanya mudah lupa pada janji atau acara yang telah dijadwalkan sebelumnya. Bicarakan baik-baik dan tenang untuk segera menyelesaikan masalah ini.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Semua bagian tubuh bisa saja terserang psoriasis, termasuk kuku Anda. Simak ulasan lengkap tentang gejala dan perawatan psoriasis kuku dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Hati-hati jika punya riwayat penyakit ginjal kronis atau akut. Komplikasinya bisa merambat sampai otak, disebut dengan ensefalopati uremikum.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Urologi, Ginjal 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Lama-lama, seks bisa jadi membosankan. Apakah artinya sudah tak saling cinta lagi? Bisakah hubungan suami istri terasa nikmat seperti dulu lagi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Anda sering melihat bullying tapi tidak tahu harus berbuat apa? Anda ingin menolong korban tapi takut? Cari tahu di sini apa yang harus Anda lakukan!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Psikologi 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Seks dengan Lampu Menyala

6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
kebugaran jantung

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
pasangan malu berhubungan intim

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
cedera kaki pakai tongkat kruk

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit