6 Tanda Pasangan Anda Selingkuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 17/02/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Selingkuh tak lagi indah apabila sudah tercium gelagat mencurigakan dan ketahuan belangnya. Biasanya tanda-tanda pasangan selingkuh bisa ditemukan dari naluri, kata hati, dan juga pikiran Anda saat menyadari bahwa ada yang salah dari pasangan. 

Namun apabila hanya mengandalkan hal tersebut, rasanya kurang sah untuk menuduh pasangan Anda sedang selingkuh. Untuk lebih yakin lagi, benar atau tidaknya pasangan Anda sedang mendua, simak 6 tanda-tanda umum dari orang yang sedang selingkuh berikut ini. 

Tanda-tanda pasangan Anda selingkuh

1. Kasih sayang yang tidak biasa dan berlebihan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Personality and Social Psychology Bulletin, bila pasangan menunjukkan rasa sayang yang berlebihan secara mendadak, bisa menjadi tanda-tanda bahwa dia selingkuh. 

Ini bisa terjadi misalnya saat si dia yang biasanya cuek dan tidak terlalu menunjukkan kasih sayang kepada Anda secara nyata, namun tiba-tiba menjadi orang yang paling romantis di dunia. 

2. Menjelek-jelekkan seseorang secara tiba-tiba

Tanda-tanda pasangan Anda selingkuh, bisa dicurigai apabila ia secara mendadak menjelek-jelekkan seseorang. Ada kemungkinan orang tersebut bisa menjadi selingkuhannya. 

Pasangan yang selingkuh juga bisa tiba menjelek-jelekkan atau merendahkan orang lain karena orang tersebut adalah saksi mata atau yang mengetahui ia berselingkuh. Perilaku ini bisa menjadi cara pasangan Anda untuk menutupi kesalahan mereka dan mengurangi rasa curiga Anda. 

3. Ada tanda-tanda aneh di media sosial (medsos)

Zaman media sosial sekarang ini mempermudah selingkuh, sekaligus memudahkan cara untuk mengetahui tanda-tanda perselingkuhan. 

Secara tidak langsung, Anda bisa melihat dari direct message atau inbox media sosial pasangan yang sifatnya pribadi. Perhatikan, apa semua isi chat di medsos atau aplikasi chatnya dihapus atau tidak. Bila iya, Anda patut curiga, karena ini tanda bahwa seseorang ingin menghapus bukti kesalahan yang sewaktu-waktu bisa Anda ketahui. 

Anda juga bisa memerhatikan feed timeline media sosial pasangan. Apakah ada akun seseorang yang selalu ia perhatikan di media sosial, apakah ia punya akun fake, atau apakah ia selalu menyembunyikan gadgetnya saat bertemu Anda?

Anda juga patut bertanya pada pasangan Anda apabila di medsos ia menunjukkan keintiman dan godaan dengan orang lain. Tanyakan baik-baik, pastikan Anda sudah punya bukti yang  cukup kuat untuk membahasnya bersama pasangan. 

4. Angkat telepon sembunyi-sembunyi

Tanda lain pasangan Anda selingkuh bisa dilihat dari bagaimana ia mengangkat telepon dan memainkan gadget-nya. 

Misalnya, apabila ia tiba-tiba meninggalkan Anda untuk menjawab telepon dan segera meninggalkan tempat, Anda patut mempertanyakan dari siapa panggilan tersebut.

Lalu apabila ia  memainkan handphone untuk balas chat secara sembunyi-sembunyi, Anda bisa bertanya seperti “Kenapa main hape nya di bawah meja?” atau “Chat, dari siapa sayang?”

Perhatikan ekspresi wajahnya. Apabila ia terkejut saat menyadari bahwa Anda memerhatikannya, lalu langsung menyimpan gadget nya, Anda bisa curiga bahwa ada sesuatu yang disembunyikan dari Anda.

5. Meningkat atau menurunnya hubungan seks

Pasangan yang saling mencintai dan setia satu sama lain umumnya selalu menginginkan aktivitas fisik yang lebih intim dan lebih sering. Lalu, jika pasangan mulai jarang melakukan aktivitas yang lebih intim atau menolak tanpa alasan, misalnya sedang stres atau sakit, Anda boleh curiga ada yang berubah darinya. 

Namun jangan salah sangka juga apabila pasangan Anda tiba-tiba menginginkan aktivitas fisik yang lebih intim dan sering. Ini berlaku apabila ia sebelumnya frekuensi hubungan intim ada sedang-sedang saja, ya.  Ini bisa menjadi cara dia mengalihkan kesalahan yang ia perbuat, misalnya seperti selingkuh.

6. Sibuk tiba-tiba 

Tanda-tanda pasangan Anda selingkuh bisa dilihat dari aktivitas sehari-harinya. Jika si dia yang biasanya tidak pernah lembur, namun akhir-akhir ini sering pulang telat dengan alasan lembur tanpa bukti yang jelas, kemungkinan ia berbohong. 

Lalu, pada saat pasangan Anda tiba-tiba harus melakukan dinas keluar kota, dan sebelumnya tidak pernah demikian, Anda boleh menaruh curiga. Pasangan yang mengalami tanda-tanda selingkuh biasanya mudah lupa pada janji atau acara yang telah dijadwalkan sebelumnya. Bicarakan baik-baik dan tenang untuk segera menyelesaikan masalah ini.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit