home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Tanda Pasangan Anda Sedang Memendam Rasa Dengan Orang Lain

5 Tanda Pasangan Anda Sedang Memendam Rasa Dengan Orang Lain

Selingkuh hati atau selingkuh secara emosional nyatanya lebih sulit ditebak dan diselesaikan daripada selingkuh secara fisik. Bila selingkuh fisik itu berarti pasangan Anda sudah benar-benar mendua dan menjalin hubungan dengan orang lain, selingkuh hati berarti pasangan Anda memendam rasa pada orang lain. Meskipun pasangan tidak benar-benar menjalin hubungan dengan orang tersebut.

Selingkuh hati umumnya sering dimulai dari yang namanya persah batan. Selain dari bersahabat, faktor seringnya bertatap muka setiap hari juga bisa menjadi alasan mengapa hati jadi terpaut. Selain sulit ditebak, selingkuh jenis ini juga sulit diakui bagi yang mengalaminya. Lantas, bagaimana ciri-ciri pasangan atau bahkan Anda yang sedang berselingkuh hati? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Tanda-tanda bahwa pasangan Anda sedang selingkuh hati

Berikut beberapa tanda yang perlu Anda waspadai:

1. Pasangan Anda terlihat menyembunyikan sesuatu

Tanda selingkuh hati yang pertama ini bisa ditebak kalau pasangan terlihat menyembunyikan sesuatu. Mungkin Anda bisa mengetahuinya kalau sudah menikah atau hampir setiap waktu bertemu, ya.

Abby Rodman, seorang pakar hubungan, mengungkapkan beberapa ciri-ciri yang bisa ditangkap. Sebagai contoh, pasangan Anda mulai memegang handphone kemanapun ia pergi, atau ia mulai mengubah password handphone tanpa Anda ketahui. Secara tidak langsung, pasangan Anda mulai menutupi sesuatu yang ia tidak ingin Anda ketahui.

2. Cek handphone setiap saat

Zaman sekarang tidak butuh tatap muka untuk berselingkuh. Berbagai macam media sosial dan aplikasi chat sudah menjadi wadah tersendiri untuk menampung mereka yang sedang berbagi hati.

Anda harus waspada jika sewaktu-waktu pasangan Anda menjadi perhatian terhadap handphone-nya, bahkan ketika Anda sedang bersama pasangan sekalipun. Karena sekarang dengan adanya media sosial, hubungan yang lain pun jadi mudah disembunyikan.

3. Sering menyebut nama seseorang

Walaupun cuma hati yang selingkuh, secara tidak sadar hal ini juga bisa menyebar ke aspek kehidupan Anda yang lain, lho. Anda bisa menangkap adanya pergerakan selingkuh jika pasangan sudah mulai ‘bergerilya’ membawa nama orang lain dalam hubungan Anda berdua.

Bisa juga, pasangan Anda membandingkan-bandingkan Anda dengan orang lain. Biasanya tidak sekali atau dua kali hal ini terjadi. Kalau sudah begini, Anda patut mempertanyakan maksud dan adakah sesuatu yang terjadi di antara pasangan dan orang lain tersebut.

4. Pasangan Anda mulai menarik diri

Ciri selingkuh hati yang satu ini harus diwaspadai. Karena biasanya ciri selingkuh yang satu ini sudah bisa dibilang dalam tahapan yang berbahaya. Maka, perhatikan tanda-tanda ketika pasangan Anda mulai menarik diri dan mulai tidak bersikap seperti biasanya.

Misalnya, ketika pasangan Anda yang sehari-harinya selalu bercerita tentang kesehariannya dengan Anda, dan kini mulai diam dan malas berbicara. Atau pasangan Anda mulai malas untuk berdiskusi suatu hal bersama Anda. Kondisi ini, biasanya terjadi ketika pasangan Anda telah mendapatkan perhatian emosional dari orang lain.

5. Suka mengkritik Anda

Selain menarik diri secara emosional atau fisik, pasangan Anda mungkin juga mulai mengkritik Anda terus menerus. Lisa Ryan, seorang pakar perselingkuhan menyatakan alasan dari kondisi tersebut. Dapat dikatakan kalau pasangan Anda membanding-bandingkan karena sudah mulai masuk dalam fantasinya dengan orang lain.

Perlu diperhatikan juga, kalau pasangan Anda mungkin akan terlihat kesal dan marah jika Anda bertanya atau menjelek-jelekan orang yang mungkin ia sukai secara emosional.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Signs Partner Having Emotional Affair http://www.livestrong.com/slideshow/1011388-signs-partner-having-emotional-affair/#slide=3 Diakses pada 29 Agustus 2017.

Signs Emotional Affair http://www.womenshealthmag.com/sex-and-love/signs-emotional-affair Diakses pada 29 Agustus 2017.

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 14/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x