5 Tanda Pasangan Anda Sedang Memendam Rasa Dengan Orang Lain

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Selingkuh hati atau selingkuh secara emosional nyatanya lebih sulit ditebak dan diselesaikan daripada selingkuh secara fisik. Bila selingkuh fisik itu berarti pasangan Anda sudah benar-benar mendua dan menjalin hubungan dengan orang lain, selingkuh hati berarti pasangan Anda memendam rasa pada orang lain. Meskipun pasangan tidak benar-benar menjalin hubungan dengan orang tersebut.

Selingkuh hati umumnya sering dimulai dari yang namanya persah batan. Selain dari bersahabat, faktor seringnya bertatap muka setiap hari juga bisa menjadi alasan mengapa hati jadi terpaut. Selain sulit ditebak, selingkuh jenis ini juga sulit diakui bagi yang mengalaminya. Lantas, bagaimana ciri-ciri pasangan atau bahkan Anda yang sedang berselingkuh hati? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Tanda-tanda bahwa pasangan Anda sedang selingkuh hati

Berikut beberapa tanda yang perlu Anda waspadai:

1. Pasangan Anda terlihat menyembunyikan sesuatu

Tanda selingkuh hati yang pertama ini bisa ditebak kalau pasangan terlihat menyembunyikan sesuatu. Mungkin Anda bisa mengetahuinya kalau sudah menikah atau hampir setiap waktu bertemu, ya.

Abby Rodman, seorang pakar hubungan, mengungkapkan beberapa ciri-ciri yang bisa ditangkap. Sebagai contoh, pasangan Anda mulai memegang handphone kemanapun ia pergi, atau ia mulai mengubah password handphone tanpa Anda ketahui. Secara tidak langsung, pasangan Anda mulai menutupi sesuatu yang ia tidak ingin Anda ketahui.

2. Cek handphone setiap saat

Zaman sekarang tidak butuh tatap muka untuk berselingkuh. Berbagai macam media sosial dan aplikasi chat sudah menjadi wadah tersendiri untuk menampung mereka yang sedang berbagi hati.

Anda harus waspada jika sewaktu-waktu pasangan Anda menjadi perhatian terhadap handphone-nya, bahkan ketika Anda sedang bersama pasangan sekalipun. Karena sekarang dengan adanya media sosial, hubungan yang lain pun jadi mudah disembunyikan.

3. Sering menyebut nama seseorang 

Walaupun cuma hati yang selingkuh, secara tidak sadar hal ini juga bisa menyebar ke aspek kehidupan Anda yang lain, lho. Anda bisa menangkap adanya pergerakan selingkuh jika pasangan sudah mulai ‘bergerilya’ membawa nama orang lain dalam hubungan Anda berdua.

Bisa juga, pasangan Anda membandingkan-bandingkan Anda dengan orang lain. Biasanya tidak sekali atau dua kali hal ini terjadi. Kalau sudah begini, Anda patut mempertanyakan maksud dan adakah sesuatu yang terjadi di antara pasangan dan orang lain tersebut.

4. Pasangan Anda mulai menarik diri

Ciri selingkuh hati yang satu ini harus diwaspadai. Karena biasanya ciri selingkuh yang satu ini sudah bisa dibilang dalam tahapan yang berbahaya. Maka,  perhatikan tanda-tanda ketika pasangan Anda mulai menarik diri dan mulai tidak bersikap seperti biasanya.

Misalnya, ketika pasangan Anda yang sehari-harinya selalu bercerita tentang kesehariannya dengan Anda, dan kini mulai diam dan malas berbicara. Atau pasangan Anda mulai malas untuk berdiskusi suatu hal bersama Anda. Kondisi ini, biasanya terjadi ketika pasangan Anda telah mendapatkan perhatian emosional dari orang lain.

5. Suka mengkritik Anda

Selain menarik diri secara emosional atau fisik, pasangan Anda mungkin juga  mulai mengkritik Anda terus menerus. Lisa Ryan, seorang pakar perselingkuhan menyatakan alasan dari kondisi tersebut. Dapat dikatakan kalau pasangan Anda membanding-bandingkan karena sudah mulai masuk dalam fantasinya dengan orang lain.

Perlu diperhatikan juga, kalau pasangan Anda mungkin akan terlihat kesal dan marah jika Anda bertanya atau menjelek-jelekan orang yang mungkin ia sukai secara emosional.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ngantuk atau lemas habis makan adalah hal yang biasa. Lalu, bagaimana kalau Anda justru sakit kepala setelah makan? Cari tahu penyebabnya di sini, yuk.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Produk skincare antiaging fungsinya adalah mencegah penuaan dini. Namun, kalau baru pakai antiaging di usia 50 tahun ke atas, apa hasilnya akan sama?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit