Selain Perasaan Bahagia, Gali 8 Emosi Positif Ini di Diri Anda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 5 Agustus 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

Hidup bahagia bisa memperpanjang umur dan meningkatkan kualitas hidup seseorang. Kenapa? Perasaan bahagia merupakan salah satu emosi positif (positive emotion) yang bisa menghalau stres yang bisa jadi sumber penyakit. Emosi positif ini bukan hanya meningkatkan kesehatan fisik, tapi juga mendorong hubungan sosial seseorang menjadi lebih baik.

Selain perasaan senang, ada berbagai macam positive emotion lainnya yang penting untuk Anda ketahui. Apa saja emosi positif tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Berbagai emosi positif selain perasaan bahagia

Kebanyakan orang menggambarkan positive emotion sebagai perasaan bahagia. Padahal emosi ini mencakup beragam perasaan yang cukup luas. Dilansir dari Huffington Post, Dr. Barbara Fredrickson dalam bukunya “Positive Psychology” menyebutkan bahwa selain bahagia, ada berbagai emosi yang positif, seperti:

1. Gembira atau sukacita

perkembangan otak bayi

Secara harfiah gembira memiliki arti yang sama dengan bahagia. Tapi bila digambarkan, perasaan suka cita ini hanya terjadi dalam waktu yang cukup singkat atau hanya pada momen-momen tertentu.

Misalnya ketika Anda melihat senyum pertama bayi Anda yang baru lahir, pergi ke tempat wisata, atau makan malam bersama dengan orang uang Anda sukai. Perasaan gembira menandakan bahwa Anda sedang merasakan kenyaman pada sebuah pengalaman.

2. Bersyukur

meningkatkan rasa bahagia

Rasa syukur adalah perasaan yang memotivasi seseorang untuk membalas sesuatu dengan barbagai cara. Bukan hanya sekadar bukan sekadar ucapan terima kasih, perasaan ini memiliki makna yang lebih dalam dan lebih berkesan. Emosi ini biasanya membuat menyadarkan seseorang menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

3. Bangga

bahagia senang senyum wanita sehat

Untuk mencapai sesuatu yang Anda inginkan, tidak selalu mudah. Pasti butuh ketekunan, kerja keras, dan waktu. Setelah Anda berjuang keras dan akhirnya berhasil, Anda pasti merasakan kebanggaan pada diri sendiri. Rasa bangga pada usaha diri sendiri, membantu Anda mengenali kemampuan dan memotivasi diri sendiri supaya tujuan di masa depan tercapai.

4. Tenang

contoh hobi yang sehat

Perasaan tenang digambarkan seperti perasaan riang yang mellow dan santai. Perasaan ini menandakan bahwa Anda sedang merasakan kedamaian yang biasanya muncul saat Anda memanjakan diri dengan liburan atau melakukan hobi. Fredickson berpendapat bahwa perasaan ini mendorong seseorang untuk menikmati sesuatu, mengevaluasi dan memahami diri sendiri lebih baik.

5. Humor

fakta tentang tertawa

Melihat sesuatu yang lucu, seperti acara komedi di televisi bisa membuat Anda terhibur dan larut dalam tawa. Nah, orang yang suka humor atau melucu biasanya cenderung disukai banyak orang karena bisa membuat orang tertawa bukan? Ya, inilah cara mudah untuk menjalin hubungan dan memperkuat hubungan Anda dengan orang lain. Rasa humor tidak hanya menghibur orang lain, tapi juga diri sendiri.

6. Berharap

berpikir logis

Harapan adalah emosi positif yang Anda rasakan ketika membayangkan masa depan yang lebih baik. Misalnya, ketika Anda berharap diet yang Anda lakukan berhasil. Harapan ini mendorong dan memotivasi Anda untuk rutin berolahraga dan membantu Anda untuk melalui masa-masa sulit, seperti mene gurangi cokelat, permen, atau cake yang Anda sukai.

7. Kagum

kaget menyebabkan kematian

Kekaguman Anda pada suatu hal menunjukkan ketertarikan pada sesuatu yang lebih dalam.  Cobalah Anda bayangkan tokoh-tokoh hebat yang berhasil melakukan sesuatu yang tidak bisa Anda lakukan?  Nah, ketertarikan dan kekaguman inilah yang bisa membuat termotivasi untuk berhasil dalam melakukan suatu hal.

8. Cinta

program bayi tabung

Pernahkah Anda merasakan perasaan cinta? Ya, dibanding emosi lainnya, cinta adalah yang emosi yang paling lengkap. Mengapa? Cinta meliputi berbagai emosi, seperti gembira, bersyukur, ketenangan, bangga, kekaguman dan masih banyak lagi. Ketika Anda merasakan cinta, hormon baik di dalam tubuh bisa mengurangi stres yang bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bagaimana Mau Hidup Bahagia Jika Masih Punya 4 Pola Pikir Ini?

Salah satu faktor yang membuat Anda hidup tidak bahagia adalah pola pikir dan kebiasaan yang negatif. Ingat, pola pikir negatif jangan dipelihara!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Psikologi 24 Oktober 2018 . Waktu baca 4 menit

Pahami 7 Jenis Emosi Dasar yang Ternyata Punya Fungsi Masing-masing

Berbagai Emosi yang Anda alami ternyata sangat penting perannya dalam kehidupan; bagi diri Anda dan juga orang lain. Sebenarnya, apa saja jenis emosi itu?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Psikologi 25 Agustus 2018 . Waktu baca 5 menit

Ingin Merasa Lebih Bahagia? Yuk, Contek 5 Kebiasaan Harian Ini

Terkadang kebahagiaan tidak datang begitu saja dan perlu diusahakan. Yuk, mulai praktikkan lima kebiasaan ini setiap hari agar lebih bahagia.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Psikologi, Fakta Unik 21 Juli 2018 . Waktu baca 4 menit

Ternyata, Orang Narsis Benci Melihat Orang Lain Bahagia. Anda Salah Satunya?

Narsisme adalah gangguan kepribadian yang dimiliki oleh 1% penduduk dunia. Selain haus akan puja-puji, orang narsis juga benci melihat orang lain bahagia.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Psikologi 19 Juli 2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

alexithymia adalah

Mengenal Alexithymia, Kondisi yang Bikin Anda Susah Ungkapkan Emosi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 16 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit
Perempuan marah berlatar merah muda

Ternyata Marah-Marah Bisa Bikin Orang Bahagia, Ini Alasannya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2019 . Waktu baca 4 menit
cara mencintai diri sendiri

Yuk, Mulai Mencintai Diri Sendiri Dengan 5 Cara Mudah Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 9 April 2019 . Waktu baca 3 menit
suasana hati

Benarkah Dengan Makan Cokelat Saja Bisa Bikin Mood Membaik?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 23 November 2018 . Waktu baca 5 menit