Bagaimana Cara Mengendalikan Gengsi?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia

Gengsi dapat diartikan sebagai kehormatan atau harga diri yang dimiliki oleh seseorang. Terkadang, rasa gengsi yang sehat dapat memberikan dorongan dan motivasi diri agar menjadi lebih baik. Di sisi lain, gengsi yang berlebihan dapat menyulitkan diri Anda sendiri, serta hubungan Anda dengan orang lain. Lalu, seperti apa cara mengendalikan dan mengatasi gengsi yang berlebihan?

Bagaimana cara mengatasi gengsi yang berlebihan?

Gengsi, apabila dimiliki dalam porsi yang tepat, bisa saja bermanfaat untuk Anda. Selain dapat meningkatkan kepercayaan diri, gengsi dapat membangun kekuatan serta identitas tertentu dalam diri sendiri.

Namun, beberapa orang sering kali memiliki rasa gengsi yang berlebihan. Menurut Psychology Today, gengsi dibentuk oleh manusia sebagai benteng terluar untuk menutupi kelemahan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri.

Bahkan, tidak jarang orang dengan rasa gengsi yang tinggi terbiasa berbohong seakan-akan ia mempunyai sesuatu, padahal kenyataannya tidak. Hal tersebut dilakukan semata-mata agar ia merasa lebih baik dari orang lain.

Jika dibiarkan, gengsi dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau mencegah rasa gengsi memasuki tahap yang tidak sehat.

1. Tetaplah menjadi diri sendiri

Percaya diri
Sumber: The Commonwealth Institute

Seperti yang telah dijelaskan di atas, orang dengan rasa gengsi berlebihan terkadang tidak ragu berbohong tentang dirinya sendiri. Misalnya, berbohong soal harta, status, atau prestasi yang dimiliki.

Tidak jarang pula mereka selalu memaksakan diri mengikuti atau meniru orang lain, yang padahal belum tentu sesuai dengan kepribadian atau keadaan mereka.

Hal tersebut biasanya dilakukan agar mereka dipandang “lebih”, serta menutupi kekurangan-kekurangan yang mereka miliki.

Padahal, menjadi diri sendiri dan selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki dapat berdampak positif, terutama pada kesehatan mental Anda. Rasa gengsi yang membuat Anda selalu ingin lebih dari orang lain cenderung membuat Anda lupa rasa bersyukur.

2. Tidak membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain

membandingkan diri dengan orang lain

Rasa gengsi sering kali membuat Anda merasa tidak cukup dan selalu melihat apa yang orang lain punya.

Misalnya, Anda selalu membandingkan prestasi dan pencapaian yang Anda miliki dengan orang lain. Hal ini cenderung membuat Anda ingin harga diri Anda selalu lebih dari orang lain, sehingga Anda tidak pernah merasa puas dengan diri sendiri.

Padahal, harga diri setiap orang bersifat subjektif dan tidak dapat dibandingkan dengan satu sama lain. Ini yang sering dilupakan oleh orang-orang dengan gengsi yang berlebihan.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengendalikan dan mengatasi gengsi adalah dengan merasa bersyukur dan tidak membandingkan apa yang Anda miliki dengan orang-orang di sekitar Anda.

3. Hindari sikap keras kepala

suara terlalu keras merusak telinga

Cara lain yang tak kalah penting untuk mengatasi gengsi berlebihan adalah menghindari sifat keras kepala.

Orang-orang yang keras kepala sering kali meyakini bahwa pendapatnya paling benar dan menolak pendapat atau pandangan dari orang lain. Terkadang, hal ini juga menyebabkan Anda sulit menerima kritik.

Untuk menghindari sifat ini, akan lebih baik apabila Anda mau belajar memahami dan mendengarkan orang lain, serta memiliki pola pikir yang lebih terbuka.

4. Tidak ragu untuk minta maaf dan berterima kasih

memaafkan pasangan yang selingkuh

Bagi beberapa orang dengan gengsi berlebihan, kata “maaf” menunjukkan kelemahan. Padahal, “maaf” mengajarkan Anda untuk selalu menjadi pribadi yang rendah hati.

Ketika Anda berbuat salah, jangan ragu untuk meminta maaf. Dengan minta maaf secara tulus, itu tandanya Anda berbesar hati mengakui kesalahan yang Anda perbuat, serta tidak akan mengulanginya lagi di lain waktu.

Hal yang sama juga berlaku ketika Anda mendapatkan bantuan dari orang lain. Selalu ucapkan “terima kasih” ketika Anda menerima kebaikan atau pertolongan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa Anda menghargai orang lain, serta dapat memberikan emosi positif pada orang lain dan diri Anda sendiri.

Jika cara-cara mengatasi gengsi di atas selalu Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari, dijamin Anda akan memiliki pikiran yang lebih tenang dan damai.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 12, 2019 | Terakhir Diedit: Desember 11, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca