5 Tips Memilih Body Lotion yang Paling Tepat untuk Pria

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 02/06/2019
Bagikan sekarang

Ternyata, kulit pria 25 persen jika dibandingkan dengan kulit wanita. Hal ini disebabkan adanya hormon testosteron pada pria yang berperan membantu kulit menjadi lebih tebal. Selain itu, kulit pria juga lebih kuat daripada kulit wanita. Dengan kondisi seperti itu, penting tidak ya, pria menggunakan body lotion? Seberapa penting body lotion untuk kulit pria?

Perlukah pria menggunakan body lotion?

Kebanyakan pria tidak mau repot-repot bahkan enggan menggunakan produk perawatan kulitPadahal, sama halnya dengan wanita, laki-laki juga mungkin mengalami berbagai masalah kulit, seperti kulit kering, kulit berminyak, penuaan kulit, kulit sensitif, kulit kusam, dan jerawat.

Tak hanya lebih tebal, kulit pria juga nyatanya memproduksi minyak lebih banyak ketimbang kulit wanita. Kondisi ini yang membuat kulit pria lebih mudah keriput sebelum waktunya.

Maka itu, sebenarnya para pria juga harus rutin pakai body lotion demi menjaga kesehatan kulitnya. Bukan hanya melembapkan, body lotion untuk pria juga berfungsi untuk melembutkan dan mencegah penuaan dini.

Beberapa produk body lotion juga memiliki kandungan lain seperti zat yang dapat melembutkan keratin, yaitu zat yang dapat menyatukan lapisan sel kulit terluar. Sel-sel kulit mati akan rontok dan kulit akan menyimpan lebih banyak air. Dengan begitu, kulit pria akan menjadi semakin halus dan lembut.

Tips memilih body lotion untuk pria

Sebelum memilih body lotion untuk pria, perhatikan beberapa hal berikut:

1. Pahami kondisi kulit

mengatasi kulit kering bersisik

Mengetahui kondisi kulit sama dengan memahami kebutuhan akan jenis body lotion, sehingga Anda bisa menghindari pemilihan produk yang tidak sesuai.

Kondisi kulit yang berbeda-beda membuat jenis body lotion yang cocok untuk pria satu dan lainnya pun berbeda. Kenali kondisi kulit Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba sebuah produk.

Apakah kulit Anda sering terkena sinar matahari sehingga terlihat kusam? Atau kulit Anda cenderung memproduksi minyak berlebih? Dengan memahami kondisi kulit, Anda akan lebih mudah memilih mana produk yang sekiranya akan Anda butuhkan dan mana yang tidak.

2. Perhatikan bahan dari setiap produk

mengatasi kutu air

Saat memilih, perhatikan dengan baik kandungan dari setiap produk body lotion untuk pria.

Kulit kering

Pilihlah produk yang memiliki hydrator atau zat yang dapat meningkatkan kandungan air di dalam kulit. Dengan kandungan air yang mencukupi, kulit akan terhindar dari dehidrasi dan tanda-tanda penuaan. Gliserin, shea butter, dan ceramide dikenal sebagai bahan yang harus dimiliki setiap produk body lotion.

Kulit berminyak

Pilihlah produk body lotion untuk pria yang dapat memperlambat produksi minyak pada kulit. Bahkan ada beberapa produk yang dapat membuat kulit Anda menjadi terlihat matte atau halus tanpa minyak.

Kulit yang sering kena sinar matahari

Pilihlah produk yang memiliki kandungan SPF dan antioksidan yang dapat memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari. Kandungan vitamin C dan E pada produk juga penting untuk membantu kulit melawan radikal bebas yang dapat mempercepat penuaan kulit.

Kulit belang

Pilih produk body lotion yang mengandung alga merah atau alga cokelat untuk menyeimbangkan warna kulit yang belang.  

3. Pilih produk dengan bahan alami

mengobati jerawat punggung

Produk body lotion untuk pria yang memiliki kandungan bahan alami, cenderung lebih baik untuk kulit dibandingkan produk yang tidak memilikinya. Harga produk dengan bahan alami memang cenderung lebih mahal, namun memiliki dampak yang lebih baik untuk kesehatan kulit Anda.

Biasanya, bahan alami yang terdapat pada produk digunakan untuk bau wangi dari produk body lotion. Produk dengan wewangian dari bahan alami lebih baik untuk kulit sensitif karena bahan wewangian tambahan lain biasanya memicu iritasi pada kulit sensitif.

4. Mencoba produk terlebih dahulu

Merek yang berbeda tidak akan memiliki kandungan bahan yang persis sama. Sehingga, meski digunakan untuk mengatasi kondisi kulit yang sama, produk yang berasal dari merek berbeda, memiliki kandungan bahan yang berbeda pula.

Anda tidak akan tahu merek body lotion untuk pria yang cocok untuk kulit Anda jika tidak mencoba. Jangan trauma mencoba berbagai merek sebelum menemukan yang paling cocok dan paling memberikan efek terbaik untuk kulit Anda.

5. Jangan takut menggunakan produk untuk wanita

Sering kali, pria enggan menggunakan produk body lotion untuk wanita. Padahal, yang terpenting adalah bahan dari tiap produknya. Selama fungsi dari body lotion sesuai dengan kebutuhan kulit, menggunakan produk untuk wanita tidak akan berpengaruh buruk pada kulit Anda.

Pasalnya, produk body lotion untuk wanita memiliki kandungan yang sama dengan produk body lotion untuk pria. Hanya pasarnya saja yang dibedakan, sehingga sering membuat pria ragu untuk menggunakan produk perawatan kulit untuk wanita.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kulit Sudah Keriput, Masih Perlukah Pakai Skincare di Usia Senja?

Meski kulit lansia umumnya sudah keriput, bukan berarti tidak perlu merawat kulit. Rejime perawatan kulit untuk lansia tidak serumit milik anak muda, kok!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

5 Kandungan Penting yang Sebaiknya Ada dalam Masker Wajah Pria

Masker bisa sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah pria. Lalu, kandungan apa saja yang perlu ada di dalamnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu

5 Tanda yang Muncul di Kulit Jika Anda Tidak Cocok Dengan Produk Skincare Baru

Kulit Anda dapat menunjukkan tanda-tanda khusus saat skin care yang selama ini dipakai ternyata tidak cocok. Jangan abaikan tanda yang muncul!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

7 Penyebab Kulit Penis Kering (Mana yang Anda Alami?)

Kulit penis yang kering bisa bikin ilfeel dan membuat seks jadi tidak nyaman. Oleh sebab itu, yuk cari tahu penyebabnya untuk tahu solusi tepatnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Direkomendasikan untuk Anda

Manfaat Coenzyme Q10 (CoQ10) Dalam Produk Kecantikan

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 05/03/2020
pria pakai pelembap wanita

Bolehkah Pria Pakai Pelembap Wanita?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 23/01/2020
bahaya silikon

Adakah Bahaya yang Muncul Saat Pakai Skin Care dengan Kandungan Silikon?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 22/11/2019
Eksfoliasi wjah sebagai erawatan kulit pria

Seberapa Sering Pria Membutuhkan Eksfoliasi Kulit Wajah?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 21/11/2019