Mana yang Kandungan Gulanya Lebih Banyak: Buah Segar Atau Buah Kering?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 01/05/2018 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Kebanyakan orang lebih memilih untuk ngemil buah kering daripada versi buah segarnya karena lebih praktis. Hampir semua buah bisa dikeringkan, mulai dari pisang, nanas, kurma, anggur (kismis atau sultana), prem (prune), hingga kulit jeruk (sukade). Namun ketika membandingkan buah kering dengan buah segar, mana yang lebih banyak mengandung gula? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Bagaimana buah kering dibuat?

Ada dua cara utama untuk membuat buah kering, yaitu dijemur di bawah sinar matahari dalam waktu lama atau dikeringkan dalam sebuah alat khusus.

Selama buah dikeringkan, hampir seluruh kandungan airnya akan menguap hilang. Proses pengeringan inilah yang membuat tampilan buah menjadi lebih kecil, ringan, dan berkeriput.

Mana yang kandungan gulanya lebih banyak: buah kering atau buah segar?

Buah segar adalah sumber makanan yang tinggi gula. Buah kering pun masih mengandung gula. Ini karena proses pengeringan buah tidak akan begitu banyak mengurangi kandungan gulanya. Yang dihilangkan adalah air alias sari buahnya saja.

Maka ketika dibandingkan, kadar gula dalam satu potong buah segar dan satu potong versi keringnya tidak begitu berbeda jauh. Misalnya, 30 buah anggur mengandung 12 gram gula dan 48 kalori. Dengan jumlah yang sama, 30 buah kismis mengandung 10 gram gula dan 47 kalori. Tidak begitu jauh bedanya, kan?

Namun, beda ketika kita membandingkan per volume alias berat massanya. Kandungan gula dalam buah kering akan lebih tinggi daripada buah segar, karena jumlah satuan dalam volume buah kering lebih banyak daripada buah segar. Contohnya begini: 100 gram buah kismis bisa mengandung 250 butir anggur kering, sementara 100 gram anggur segar terdiri dari 30-40 buah saja. Itu sebabnya 100 gram kismis bisa mengandung hingga 60 gram gula dan 300 kalori, sementara 100 gram buah anggur segar hanya mengandung 16 gram gula dan 65 kalori.

Terlebih, beberapa buah rasanya bisa menjadi sangat asam dan hampir tidak mungkin untuk dimakan ketika sudah dikeringkan. Makanya banyak juga buah kering yang ditambah gula atau sirup selama proses pembuatan agar lebih layak dikonsumsi. Penambahan gula atau sirup ini bisa semakin meningkatkan kandungan gula dalam buah kering.

Makanya, ngemil buah kering pun tidak boleh berlebihan

Proses pengeringan buah akan menciutkan ukuran aslinya hingga ke ukuran mini karena kandungan airnya telah hilang. Itu sebabnya kadang makan buah kering bisa bikin lupa diri. Anda bisa tidak menyadari Anda sudah kebanyakan ngemil karena keasyikan mengunyah buah kering yang seakan tidak ada habisnya.

Beda dengan apa yang mungkin Anda rasakan ketika ngemil anggur segar. Anda bisa memperkirakan seberapa banyak yang sebaiknya Anda makan karena bentuknya yang bulat dan besar-besar jelas terpampang nyata. Selain itu, kandungan air dalam buah segar juga membantu Anda merasa cepat kenyang.

Ya. Meski sama-sama memiliki berat 1oo gram, jumlah satuan antara buah kering dan buah segar sangat berbeda jauh. Anda bisa menemukan sekitar 30-40 buah anggur dalam takaran 100 gram, sementara 100 gram kismis bisa terdiri dari 250 buah anggur kering.

Ingat bahwa buah kering masih mengandung gula dan kalori. Semakin banyak Anda makan buah kering, maka asupan kalori dan gula juga ikut naik. Jika sudah berlebihan, ngemil buah kering tetap bisa berisiko meningkatkan berat badan dan meningkatkan gula darah meski notabene masih termasuk buah yang sehat.

Pastikan juga untuk selalu membaca label informasi nilai gizi manisan buah yang Anda beli untuk tahu seberapa banyak gulanya

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pilihan Buah untuk Penderita Osteoporosis Agar Tulang Tetap Ternutrisi

Buah-buahan membantu memasok tubuh dengan nutrisi untuk menjaga kekuatan tulang. Lantas, buah apa yang paling baik untuk penderita osteoporosis?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Mengulik Fakta Tentang Manfaat Susu UHT Bagi Kesehatan

Susu UHT adalah salah satu susu yang banyak disukai karena menawarkan beragam rasa menggugah selera. Simak ulasan lengkap tentang susu UHT berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Fakta Unik 24/02/2019 . 5 menit baca

7 Langkah Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat Agar Panjang Umur

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk hidup lebih bahagia dan panjang umur adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Yuk, cari tahu caranya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Tips Sehat 31/01/2019 . 6 menit baca

5 Masalah Kesehatan Akibat Konsumsi Gula Berlebih (Selain Diabetes)

Tak hanya diabetes, ada berbagai penyakit yang diakibatkan oleh konsumsi gula berlebih. Berikut berbagai penyakit akibat gula yang peru Anda waspadai.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Diabetes, Health Centers 09/12/2018 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

frozen yogurt vs es krim sehat mana

Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/06/2020 . 5 menit baca
resep sorbet

Dua Resep Sorbet, Camilan Segar Sehat yang Mudah Dibuat

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . 5 menit baca
asinan manisan makanan sehat

Apakah Manisan dan Asinan Termasuk Makanan Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 04/01/2020 . 4 menit baca
anak makan buah

Walaupun Sehat, Seberapa Banyak Anak Boleh Makan Buah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 11/12/2019 . 4 menit baca