Suplemen Vitamin untuk Bantu Mengurangi Stres

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 27 April 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Stres bisa membuat kondisi kesehatan Anda menurun. Jika sudah seperti ini, konsultasi ke psikolog sangat direkomendasikan. Tetapi, Anda juga bisa menggunakan asupan suplemen untuk mengatasi stres. Bagaimana cara kerjanya?

Cara kerja vitamin pada suplemen untuk mengatasi stres

Stres adalah reaksi fisik dan mental alami terhadap apa pun bahaya atau ancaman yang Anda alami. Contohnya bertengkar dengan pasangan atau ditinggal orang yang dicintai.

Stres yang tidak bisa dihadapi dengan baik, bisa membahayakan kesehatan. Pasalnya, stres dapat membuat suasana hati memburuk, susah tidur, dan gejala lainnya yang mengganggu.

Dalam jangka panjang, stres akan meningkatkan risiko penyakit, seperti depresi. Nah, untuk mengatasi stres, Anda bisa mencoba minum suplemen yang mengandung vitamin.

Setiap hari, tubuh Anda sangat mudah terpapar oleh radikal bebas, seperti polusi, asap rokok, sinar matahari, dan bahan kimia. Nah, saat stres, pembentukan radikal bebas di dalam tubuh akan semakin meningkat. Akibatnya, sel-sel tubuh akan diserang dan mengalami kerusakan.

Suplemen vitamin mengandung antioksidan yang bisa membantu tubuh untuk melawan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel.

Studi pada Nutrition Journal menemukan orang yang mudah stres dan berubah suasana hatinya diketahui kurang asupan vitamin B. Pemberian suplemen vitamin B pada orang tersebut, hasilnya menunjukkan adanya peningkatan suasana hati sehingga kadar stres jadi berkurang.

Daftar suplemen vitamin untuk mengatasi stres

mengatasi radang

Berdasarkan studi, konsumsi vitamin B memberikan efek positif pada orang yang mengalami stres. Anda bisa memilih vitamin ini sebagai suplemen untuk mengatasi stres.

Anda bisa juga memilih suplemen lain yang kandungan antioksidannya tinggi, seperti suplemen vitamin A dan vitamin E. Kemudian, bisa juga dengan vitamin C yang dapat membantu mengatasi stres dengan menurunkan kadar hormon kortisol (hormon stres) dan menurunkan tekanan darah di saat Anda merasa cemas dan gelisah.

Suplemen vitamin untuk mengatasi stres hanya pelengkap

Dokter memeriksa gejala hepatitis B

Sebelum minum suplemen untuk mengatasi stres, Anda wajib konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Pasalnya, suplemen bervitamin hanya berfungsi sebagai pelengkap saja untuk membantu mengelola stres. Jadi, Anda tidak bisa hanya mengandalkan suplemen saja untuk meredakan stres.

Anda tetap harus mengutamakan penerapan gaya hidup yang lebih sehat, seperti cukup tidur, olahraga, dan meningkatkan asupan makanan bernutrisi, seperti sayur, buah, kacang-kacang, dan gandum. Anda juga perlu belajar melatih pernapasan dan mengendalikan pikiran agar tetap positif saat stres terjadi.

Dokter akan membantu mempertimbangkan, apakah Anda perlu mendapatkan vitamin tambahan dari suplemen atau tidak.

Perlu Anda ketahui bahwa suplemen bervitamin untuk mengatasi stres tidak sembarangan karena bisa menimbulkan efek samping jika dikonsumsi berlebihan. Alih-alih meredakan stres, suplemen malah menimbulkan masalah kesehatan lainnya pada Anda.

Sama seperti obat atau makanan, suplemen juga mengandung zat tertentu yang menimbulkan alergi pada beberapa orang. Jadi, beri tahu dokter jika Anda memiliki alergi atau masalah kesehatan lainnya saat konsultasi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Sumber Stres Utama dalam Pernikahan

Tanpa Anda sadari, pernikahan mungkin menjadi penyebab Anda stres dan tertekan. Ayo cari tahu berbagai sumber stres dalam pernikahan dan cegah dampaknya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 19 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Pro dan Kontra Mengonsumsi Obat Antidepresan

Antidepresan bisa membantu penderita depresi agar pulih, tapi ada efek samping yang perlu diwaspadai. Pahami pro dan kontra antidepresan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 18 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Cara Membedakan Stres, Depresi, dan Gangguan Kecemasan

Setiap orang pernah mengalami stres. Tapi tidak semua orang mengalami depresi atau gangguan kecemasan. Lalu, apa bedanya stres dan depresi serta kecemasan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Psikologi 9 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Stres Berkepanjangan Ternyata Bisa Mengubah Bentuk dan Fungsi Otak

Stres adalah hal yang wajar. Namun, stres yang dibiarkan berlarut-larut bisa mengubah bentuk dan fungsi otak. Ini sederet cara mencegahnya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 7 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat herbal dan alami untuk kanker prostat

Pedoman Memilih Suplemen dan Obat Herbal yang Aman Dikonsumsi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Apa yang Terjadi Pada Bayi Jika Ibu Stres Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
multivitamin gummy dewasa

Multivitamin Gummy untuk Dewasa, Benarkah Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit
mual karena gugup

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit