Cari 3 Kandungan Suplemen Ini untuk Cegah Osteoporosis

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Tulang yang sehat membuat seseorang tidak rentan terhadap kondisi osteoporosis sehingga memiliki kualitas hidup yang baik. Yuk, kenali osteoporosis serta kandungan yang bermanfaat dalam suplemen untuk cegah pengeroposan tulang sejak dini .

Apa itu osteoporosis?

Osteoporosis alias pengeroposan tulang adalah kondisi yang membuat tulang menjadi lemah dan rentan mengalami patah tulang walau hanya disebabkan oleh tekanan ringan, seperti saat seseorang membungkuk untuk mengambil barang di lantai.

Pengeroposan tulang umumnya tak menunjukkan gejala apa pun. Namun, berdasarkan Mayo Clinic, tulang yang semakin lemah karena osteoporosis dapat menyebabkan:

  • Nyeri punggung karena tulang belakang sulit menopang tubuh
  • Penurunan tinggi badan karena penyusutan tulang
  • Postur tubuh memburuk, seperti bertambah bungkuk
  • Patah tulang mudah terjadi

Sejumlah penyebab lain osteoporosis meliputi penuaan alami, menopause, jarang olahraga, merokok, mengonsumsi minuman alkohol berlebihan, dan perkembangan massa tulang yang tidak optimal di usia pertumbuhan.

Mengingat osteoporosis tergolong kondisi yang berisiko membahayakan kesehatan dan keselamatan Anda, penting sekali untuk mencegah kondisi ini sedini mungkin.

Kandungan yang baik di suplemen untuk cegah osteoporosis

manfaat konsumsi kalsium

Risiko osteoporosis dapat diminimalisasi dengan dua cara penting, yakni rutin olahraga dan makan makanan bergizi. Rutin olahraga membuat tulang kuat sementara pola makan yang baik membantu mencegah berat badan tidak di bawah standar indeks massa tubuh yang dianjurkan.

Selain pola makan, suplemen juga dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi untuk cegah osteoporosis. Berikut adalah nutrisi yang dianjurkan, jika kebetulan Anda sedang memilih suplemen untuk bantu cegah pengeroposan tulang sejak dini.

Kalsium

Tulang adalah jaringan hidup yang selalu memperbaharui diri. Sayangnya tubuh tidak dapat memproduksi kalsium. Padahal, kalsium merupakan mineral yang penting bagi tulang. Jika kebutuhan kalsium tidak terpenuhi, lebih banyak massa tulang yang hilang daripada diperbaharui setiap harinya.

Kalsium juga memiliki peran lain untuk kesehatan secara keseluruhan. Mineral ini diklaim membantu aktivasi sel-sel di sistem kekebalan tubuh.

Maka dari itu, sebaiknya suplemen cegah osteoporosis pilihan Anda mengandung kalsium. Alasannya karena kalsium merupakan penyusun utama tulang. Tidak hanya itu, pastikan kalsium di dalam suplemen pilihan merupakan kalsium organik karena lebih mudah diserap tubuh.

Vitamin C jenis ester-C

Anda mungkin bertanya apa hubungan vitamin C dengan osteoporosis. Menurut kajian berjudul Osteoporosis, Vitamin C Intake, and Physical Activity in Korean Adults Aged 50 Years and Over, tekanan dari radikal bebas (stres oksidatif) juga berperan dalam pengeroposan tulang. Oleh sebab itu, selain baik untuk daya tahan tubuh, vitamin C juga memainkan peranan penting dalam mencegah osteoporosis karena mampu melawan efek negatif dari pergerakan radikal bebas.

Akan tetapi, ada hal yang harus dicatat ketika memilih suplemen untuk cegah osteoporosis yang mengandung vitamin C. Vitamin C dalam suplemen bisa terbagi menjadi beberapa jenis, seperti vitamin C jenis ester-C dan jenis asam askorbat. Anda sebaiknya memilih yang jenis ester-C karena lebih ramah untuk lambung manusia setelah diuji secara klinis.

Vitamin D

Sama dengan kalsium, vitamin D juga berperan penting dalam membantu tulang memperbaharui diri sekaligus menjaganya tetap sehat sehingga terhindar dari pengeroposan tulang. Secara khusus, peran vitamin D di dalam tubuh yang terkait dengan osteoporosis antara lain:

  • Membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan yang sudah berada di usus
  • Menunjang penyusunan jaringan tulang berjalan tepat
  • Mendukung fungsi otot agar tak mudah jatuh

Maka dari itu, jangan sampai melewatkan vitamin ini ketika memilih suplemen untuk cegah osteoporosis. Kebaikan vitamin D juga bermanfaat untuk daya tahan tubuh dalam melawan infeksi.

Singkat kata, suplemen dapat menjadi pilihan memenuhi kebutuhan nutrisi dalam mencegah osteoporosis. Tak lupa untuk memastikan suplemen pilihan Anda mengandung kalsium organik, vitamin D, dan vitamin C jenis ester-C. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi suplemen apa pun.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    5 Jenis Makanan Penguat Tulang untuk Penderita Osteoporosis

    Selain obat dari dokter, penderita osteoporosis juga sebaiknya makan makanan sehat. Makanan memberi tambahan nutrisi untuk mengobati tulang yang keropos.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Osteoporosis, Kesehatan Muskuloskeletal 23 September 2020 . Waktu baca 7 menit

    Senam Osteoporosis dan Jenis Olahraga Lain yang Dianjurkan Ahli

    Olahraga sangat dianjurkan untuk penderita osteoporosis agar tetap bugar. Senam osteporosis dan beberapa jenis olahraga lain dapat menjadi pilihan.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Osteoporosis, Kesehatan Muskuloskeletal 23 September 2020 . Waktu baca 7 menit

    6 Pilihan Obat Osteoporosis untuk Mencegah Tulang Makin Keropos

    Obat osteoporosis wajib dikonsumsi ketika Anda mengidap pengoroposan tulang. Ada banyak jenis obat yang biasanya diresepkan dalam pengobatan osteoporosis.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Osteoporosis, Kesehatan Muskuloskeletal 23 September 2020 . Waktu baca 7 menit

    Mengenali Berbagai Penyebab dan Berbagai Faktor Risiko dari Osteoporosis

    Pengeroposan tulang bukanlah penyakit orang tua. Bahkan orang muda bisa mengalaminya. Apa sebenarnya penyebab osteoporosis?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Osteoporosis, Kesehatan Muskuloskeletal 23 September 2020 . Waktu baca 6 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    sistem gerak pada manusia

    Sistem Gerak Pada Manusia dan Gangguannya

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 25 Oktober 2020 . Waktu baca 13 menit
    perlukah lansia minum susu

    Apakah Lansia Masih Perlu Minum Susu? Berapa Banyak yang Dibutuhkan?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
    Konten Bersponsor
    mencegah osteoporsis usia lanjut

    Kenali Faktor Risiko Sejak Dini untuk Cegah Osteoporosis di Usia Lanjut

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Maria Amanda
    Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit
    komplikasi osteoporosis

    Berbagai Komplikasi Osteoporosis yang Perlu Diwaspadai

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 6 menit